Home Perencanaan Siapkan Budget Buat Hewan Peliharaan, Ini Daftar Biayanya!

Siapkan Budget Buat Hewan Peliharaan, Ini Daftar Biayanya!

by Lara Nifa
Siapkan Budget Buat Hewan Peliharaan, Ini Daftar Biayanya!

Sebagian dari Anda sudah pasti ada yang pecinta hewan. Tapi, memelihara hewan sendiri tidak hanya persoalan dalam memberi makan saja, Anda juga harus melakukan perawatan yang maksimal. Jenis hewan yang bisa dipelihara pun sangatlah banyak. Namun, anjing dan kucing adalah yang paling banyak dipelihara oleh manusia. 

Bagi Anda yang ingin memelihara hewan, maka harus tahu berapa budget yang perlu disiapkan agar hewan kesayangan tetap dalam keadaan sehat. Untuk bisa mengetahui lebih jauh, simak terus penjelasannya dalam artikel ini. 

Tips Menentukan Budget Biaya Untuk Hewan Peliharaan 

Tapi sebelum mengetahui kisaran biaya yang dibutuhkan, maka ada baiknya Anda mengetahui tips apa saja yang perlu dilakukan sebelum menentukan budgetnya. Berikut ini adalah tipsnya: 

Jenis hewan peliharaan 

Pertama-tama, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis hewan yang akan dipelihara. Apakah ingin memelihara anjing, kucing, ikan, burung, reptil atau lainnya? Karena setiap hewan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda, termasuk dalam urusan makanan. Anda harus tahu lebih dalam tentang hewan yang akan Anda pelihara di rumah. 

Jangan sampai Anda memilih hewan peliharaan hanya karena ikut-ikutan orang lain. Karena hewan adalah makhluk bernyawa ciptaan Tuhan, sehingga harus dirawat dengan baik. Jadi, pastikan bahwa Anda tahun hewan yang akan dipelihara membutuhkan apa saja. 

Jenis makanan

Selanjutnya, Anda harus tahu jenis makanan apa yang akan diberikan. Hal ini sangatlah penting karena makan adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Tentu saja setiap hewan mempunyai jenis makanan yang berbeda. Semisalnya saja kucing yang mempunyai jenis makanan seperti dryfood atau wetfood, begitupun juga anjing. 

Lalu, jika ingin memelihara ikan juga harus melihat apakah ikan memakan serangga atau cukup dengan makanan kering saja. Atau Anda ingin memelihara reptil seperti ular, maka Anda harus tahu jenis makanan apa yang harus diberikan apakah tikus, ayam dan lain sebagainya. Ini sangatlah penting, karena asupan makanan akan membuat hewan tetap sehat. 

Biaya perawatan 

Pada poin ini dimaksud adalah tentang biaya kebutuhan lainnya seperti kandang, mainan, kebutuhan untuk membersihkan hewan hingga dokter. Hal ini perlu masuk dalam perhitungan budget Anda dalam sebulan untuk hewan peliharan. Karena itu termasuk kebutuhan dasar untuk hewan kesayangan. Ketika Anda sudah memahami semua kebutuhan dari si hewan, maka akan mudah sekali menentukan berapa budget yang harus dipenuhi dalam sebulan. 

Dengan mengikuti tips di atas, maka Anda sudah bisa menentukan berapa besaran budget yang harus disiapkan agar hewan terpenuhi semua kebutuhannya. 

Perkiraan Biaya Perawatan Hewan Berdasarkan Jenisnya 

Nah, bagi Anda yang ingin memelihara hewan, berikut ini adalah perkiraan biaya perawatan berdasarkan jenis hewan yang dipelihara: 

Pelihara Anjing 

Untuk anjing, ada satu hal yang harus diperhatikan yaitu ukurannya. Di mana ada 3 kategori ukuran di anjing yaitu kecil, sedang dan besar. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan juga jenis atau ras anjing Maka, perkiraan biayanya perawatan dalam sebulan adalah sebagai berikut: 

  • Dogfood 1 kg sekitar 20 ribu hingga 50 ribu rupiah, kebutuhan dalam sebulan sekitar 5 hingga 20 kg. Maka dalam sebulan untuk anjing kecil diperkirakan membutuhkan 250 ribu dan anjing ras besar sekitar 1 juta rupiah. 
  • Kandang sekitar 200 ribu hingga 1,5 juta rupiah berdasarkan ukuran yang dibutuhkan. 
  • Perawatan mandi yaitu shampo sekitar 20 ribu hingga 150 ribu per botol, biasanya bisa digunakan sekitar 1 hingga 2 bulan tergantung ukuran ras anjing. 
  • Dokter hewan, apabila masih puppy maka hingga umur 6 bulan, Anda harus memberikan vaksin yang biayanya sekitar 150 ribu. Jika sudah dewasa vaksin yang diberikan hanya 1 tahun sekali. 
  • Perawatan kesehatan lain seperti obat cacing sekitar 25 ribu hingga 30 ribu dan diberikan minimal 6 bulan sekali. 

Maka dalam sebulan untuk anjing kecil diperkirakan akan membutuhkan biaya sekitar 700 ribuan rupiah, sedangkan anjing ras besar bisa mencapai 2 hingga 3 jutaan rupiah per bulannya. 

Pelihara Kucing 

Sama seperti anjing, untuk memelihara kucing pun Anda harus memperhatikan dari ukuran dan jenis rasnya. Karena setiap ras kucing mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk perkiraan harganya adalah sebagai berikut: 

  • Catfood 1 kg sekitar 20 ribu hingga 50 ribu rupiah, kebutuhan dalam sebulan sekitar 5kg. Maka dalam sebulan, untuk satu ekor kucing membutuhkan makan sekitar 250 ribu rupiah. 
  • Kandang sekitar 200 ribu hingga 1,5 juta rupiah berdasarkan ukuran yang dibutuhkan. 
  • Perawatan mandi yaitu shampo sekitar 20 ribu hingga 150 ribu per botol, biasanya bisa digunakan sekitar 1 hingga 2 bulan tergantung kebutuhan kucing. 
  • Dokter hewan, apabila masih kitten maka hingga umur 6 bulan, Anda harus memberikan vaksin yang biayanya sekitar 160 ribu hingga 200 ribu. Jika sudah dewasa vaksin yang diberikan hanya 1 tahun sekali. 
  • Perawatan kesehatan lain seperti obat cacing sekitar 25 ribu hingga 30 ribu dan diberikan minimal 6 bulan sekali. 

Maka total biaya dalam sebulan yang harus Anda siapkan adalah sekitar 2 jutaan rupiah. 

Demikianlah penjelasan tentang budget yang harus disiapkan ketika ingin memelihara hewan. Apabila Anda ingin memelihara jenis hewan selain kucing dan anjing, maka pastikan bahwa Anda tahu kebutuhan mereka. 

Related Posts