Home Featured Selain WhatsApp Ini Aplikasi Chat yang Bisa Dukung Bisnis

Selain WhatsApp Ini Aplikasi Chat yang Bisa Dukung Bisnis

by Lara Nifa

Berbisnis sekarang ini sudah pasti harus beralih ke digital. Dimana menggunakan aplikasi chat sangatlah membantu agar bisnis tetap berkembang dan mampu berkomunikasi baik dengan customer. Sekarang ini, kebanyakan pebisnis atau pengusaha menggunakan aplikasi WhatsApp yang memang memberikan banyak fitur menarik. 

Tapi, ternyata ada beberapa aplikasi chat lain yang bisa kamu gunakan untuk bisa menjalankan bisnis secara digital. Hal ini perlu sekali untuk kamu ketahui, apalagi beberapa waktu lalu WhatsApp sempat down. Dimana hal ini bisa memberikan kerugian yang cukup besar kepada usaha. Nah, untuk mencegah kerugian, ada beberapa aplikasi chat yang bisa kamu gunakan sekarang. 

Aplikasi Chat Selain WhatsApp Untuk Bisnis 

Sebagai pebisnis, kamu pasti sangat memahami dengan jelas bahwa komunikasi adalah salah satu hal yang sangat penting sekali. Maka daripada itu dengan menggunakan aplikasi chat, komunikasi dengan customer akan semakin lancar. Sehingga bisa membuat bisnis berkembang lebih jauh lagi. Selain WhatsApp adalah beberapa aplikasi chat lain yang bisa digunakan untuk bisnis, seperti berikut ini: 

Telegram 

Aplikasi chat pertama yang bisa digunakan untuk mendukung bisnis kamu adalah Telegram. Aplikasi chat yang satu ini memiliki banyak fitur menarik yang berbeda dari WhatsApp. Salah satunya adalah bisa membuat grup yang bisa berisi lebih dari ratusan orang. 

Tidak hanya itu saja, Telegram juga memiliki fitur menarik, yaitu self destruct. Dimana fitur ini sendiri digunakan untuk menghapus chat secara permanen setelah beberapa waktu. Kemudian, untuk gambar yang ada di chat pun tidak akan hilang. Meski dari dalam memori sudah dihapus. Sehingga customer bisa dengan mudah mendapatkan gambar yang sama sewaktu–waktu. 

Line 

Aplikasi Line juga termasuk yang dapat mendukung bisnis kamu. Line adalah aplikasi chat yang mempunyai banyak sekali fitur menarik. Apalagi siapapun bisa menjangkau kamu dengan mudah, karena untuk saling chatting tidak perlu bertukar nomor telepon. Cukup dengan menggunakan username, maka antara kamu dan customer bisa terhubung. Sehingga kamu pun bisa menjalankan bisnis dengan lebih baik. 

Sama seperti Telegram, Line juga memiliki fitur untuk membuat grup. Dimana siapapun bisa join dengan mudah. Kamu bisa memberikan informasi terkini yang berkaitan dengan produk yang kamu tawarkan. Sehingga nantinya dengan mudah customer mengetahui lebih jauh akan produk yang telah kamu jual. 

Slack 

Aplikasi Slack juga sangat disarankan untuk digunakan. Aplikasi yang satu ini sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu yang cocok digunakan untuk membagi tugas diantara karyawan. Sehingga kedepannya, pembagian tugas akan lebih mudah dan akhirnya pekerjaan yang berkaitan dengan bisnis bisa diselesaikan dengan cepat. 

Di aplikasi chat inipun kamu juga bisa menikmati berbagai macam fitur yang akan membantu komunikasi antar tim dan divisi dapat lebih efektif. Sehingga bisnis pun bisa berjalan lancar dan berkembang lebih jauh. Apalagi aplikasi ini juga termasuk mudah untuk kamu gunakan sehari–hari. 

WeChat 

Aplikasi selain WhatsApp yang bisa kamu gunakan adalah WeChat. Aplikasi ini sangatlah cocok untuk kamu yang memang tengah membangun bisnis. Apalagi dengan adanya WeChat Pay yang bisa digunakan untuk membayar berbagai macam belanjaan yang terhubung dengan WeChat. 

Maka daripada itu, kamu pun bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan dengan menggunakan aplikasi ini. Tidka hanya itu saja, salah satu fitur yang bisa digunakan adalah mencari teman baru sesuai dengan fitur pencarian lokasi. Sehingga bisnis pun bisa berkembang lebih jauh lagi dan tentu saja bisa mendapatkan customer baru dengan mudah. 

Facebook Messenger 

Rekomendasi aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mendukung bisnis adalah Facebook Messenger. Seperti yang kamu lihat dari namanya bahwa aplikasi ini digunakan untuk chatting di aplikasi Facebook. Dimana platform media sosial ini juga memiliki fitur marketplace. Sehingga cocok digunakan untuk mengembangkan bisnis. 

Maka daripada itu, menggunakan Facebook Messenger sudah pasti kamu akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Terutama kemudahan dalam mendapatkan customer baru dan tetap menjaga customer lama. Apalagi fitur dalam aplikasi ini juga sangat mendukung bisnis serta mudah sekali untuk digunakan. 

Discord 

Pada mulanya, aplikasi yang satu ini sendiri hanya digunakan oleh pecinta game. Tapi, semakin kesini, Discord juga menjadi salah satu aplikasi chat yang sangat cocok untuk mengembangkan bisnis. Tidak hanya bisa digunakan chat, aplikasi ini juga mendukung fitur video call. Sehingga kamu bisa menjalin hubungan dengan customer dengan lebih mudah dan juga efisien. 

Demikianlah beberapa aplikasi chat selain WhatsApp yang bisa digunakan untuk mendukung bisnismu. Dengan menggunakan aplikasi chat di atas, maka kamu bisa membangun komunikasi bersama customer dengan lebih efektif. Sehingga kedepannya pun bisnis bisa berkembang lebih jauh dan sukses. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang membangun bisnis. 

Related Posts