Home Bisnis dan Usaha Sejarah Perkembangan Apple Inc dari Berdiri Hingga Sekarang

Sejarah Perkembangan Apple Inc dari Berdiri Hingga Sekarang

by Lara Nifa

 

Hallo teman-teman siapa yang gemar menggunakan produk apple? Anda tahubtidak sejarah berdiri dan berkembanganya Apple Inc? kali ini kita akan membahas mengenai sejarah berdirinya dan berkembangannya Apple Inc yang berdiri hingga saat ini. Pasti diantara kalian banyak yang menggunakan produk dari perusahaan Apple, apalagi saat ini produk Apple menjadi Trend di era sekarang sehingga produk Apple menjadi bergengsi setelah meluncurkan beberapa produk yang semakin tahunnya semakin canggih. Tapi seperti apa sih awal mula berdirinya perusahaan Apple dan produk apa sih yang pertama kali dibuat oleh perusahaan Apple ini. Berikut adalah sejarah berdirinya perusahaan Apple :  

Perusahaan Apple adalah Sebuah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang berkantor pusat di Cupertino California. Apple dianggap sebagai salah satu perusahaan teknologi big four bersama Amazon Google dan Microsoft. Apple computer in corporation didirikan pada tanggal 1 April 1976 oleh mahasiswa putus sekolah yaitu oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak. Perusahaan ini berkantor di garasi milik Job, keduanya memiliki visi untuk mengubah cara orang memandang computer Jobs dan Wozniak ingin membuat komputer dengan ukuran kecil yang mudah digunakan dan di tempatkan di rumah atau di kantor. Apple one merupakan penemuan komputer pertama yang dibuat dari awal oleh Wozniak. 

Computer tersebut terbentuk seperti mesin Tik tanpa adanya monitor, keyboard ataupun casing. Apple one tergolong sebagai produk komputer yang tidak sempurna tetapi era tersebut kebanyakan komputer yang tidak memiliki monitor untuk menampilkan visual. Sementara itu, Jobs yang menangani bagian bisnis berusaha untuk meyakinkan para calon investor bahwa kebutuhan akan komputer personal akan melonjak tinggi di masa depan, setelah berusaha mendapatkan investor, akhirnya Jobs berhasil menarik  investor. 

Pada tahun 1977 Wozniak membangun computer berikutnya sebagai produk kedua dari perusahaan Apple yaitu Apple two. Penemuan computer inilah yang berhasil mengguncang dunia dengan visual yang berwarna untuk pertama kalinya. Revolusi ini juga yang meningkatkan perusahaan Apple meningkat penjualannya dari 7,8 USD pada tahun 1978 menjadi 117 juta Dolar pada tahun 1980. 

Selama beberapa tahun perusahaan Apple memproduksi komputer-komputer baru yang memiliki layar atau monitor dengan grafis berwarna. Setelah mengalami pasang surut perusahaan di tahun 2001 Apple membuka toko rental pertamanya di Virginia dan California pada 23 oktober di tahun yang sama Apple mulai merilis pemutar audio digital pertama yang dinamai airport, produk ini pertama kali di jual pada tanggal 10 November 2001 dan telah terjual lebih dari 100 juta unit pada waktu 6 (enam) tahun, lalu di tahun 2003 Itunes store Apple di perkenalkan, layanan ini memperkenalkan dan menawarkan download music online seharga 0,99 Dolar pada setiap music yang di download dan terhubung dengan iPod iTunes Store dengan cepat menjadi pemimpin pasar dalam layanan music online. Dengan lebih dari 5 juta download pada 19 juni 2008. 

Dua tahun kemudian ITunes Store menjadi pengejar music terbesar di dunia. Dalam acara miss world Expo pada 9 januari 2007 Jobs dalam pidatonya mengungkapkan sekaligus mengumumkan pergantian nama yang awalnya Apple computer menjadi Apple Corporation. Karna, perusahaan telah mengubah arah bisnis komputer menjadi barang elektronik.

Pada kesempatan yang sama ia mengumumkan peluncuran Iphone pertama dan Apple Tv. Selama 30 jam pertama iPhone telah terjual sebanyak 270.000 unit dan mendapatkan kesuksesan besar dengan iPhone. Pada bulan juli 2018 Apple meluncurkan App Store untuk menjual aplikasi pihak ketiga untuk Iphone dan Ipod Touch. Dalam kurun waktu sebulan Appstore telah menjual 60 juta aplikasi dan memiliki pendapatan harian 1 juta USD. Belum lagi pendapatan dari hasil penjualan headset dengan kabel berwarna putih yang menjadi ciri khas Apple pada saat itu

Pada tanggal 24 Agustus 2011 Jobs mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO Apple dan digantikan oleh Timco. Pengunduran diri Jobs ia ingin agar ia lebih fokus pada kesehatannya, namun pada 2011 Hip Jobs dikabarkan meninggal dunia, namun hasil kerja kerasnya dalam membangun Apple menjadi warisan terbesarnya yang dapat dinikmati oleh orang-orang di seluruh dunia. Apple sampai saat ini masih menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dan tentunya akan berkembang lagi di masa depan. 

Nah seperti itulah sejarah dan lika-liku perusahaan Apple, banyak sekali ya yang menggunakan produk dari perusahaan Apple di seluruh dunia ini, namun sepertinya sedikit yang mengetahui sejarah berdirinya dan seperti apa produk pertama yang diluncurkan oleh perusahaan Apple ini. Semoga setelah kamu membaca artikel ini kamu jadi tahu ya sejarah dan berkembanganya perusahaan Apple ini. 

 

Related Posts