Home Perencanaan Segudang Manfaat Vaksin Influenza Bagi Tubuh, Berapa Harganya?

Segudang Manfaat Vaksin Influenza Bagi Tubuh, Berapa Harganya?

by Lara Nifa
Segudang Manfaat Vaksin Influenza Bagi Tubuh, Berapa Harganya?

Vaksin adalah salah satu jenis pencegahan terhadap suatu penyakit menular. Salah satu vaksin yang sangat penting untuk diberikan adalah influenza. Flu adalah penyakit yang menular dan menyerang pernapasan. Ketika Anda terserang flu maka akan ada gejala seperti hidung tersumbat, sakit kepala hingga demam. 

Adanya vaksin ini sendiri adalah untuk mencegah supaya gejala dari flu tidak terlalu parah. Penyakit flu sendiri lebih sering menyerang daerah yang beriklim tropis, walaupun ada musimnya tetap saja itu adalah penyakit menular. Meski penyakit yang satu ini sering dikira tidak berbahaya, nyatanya WHO menganggap bahwa adanya vaksin akan memberikan perlindungan lebih tinggi. 

Lalu apa saja manfaat dari vaksin influenza ini? Berapa harganya? Untuk lebih memahami lebih jelas, simak terus artikelnya berikut ini. 

Mengenal Vaksin Influenza 

Sebelum mengetahui harga serta manfaat dari vaksin influenza, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang vaksin yang satu ini. Vaksin influenza sendiri mengandung virus dari sumber penyakit yang telah dilemahkan. Harapan dari disuntikkannya vaksin adalah agar tubuh dapat mengenali virus dan antibodi pun akan terbentuk. 

Setelah antibodi ini terbentuk, maka secara otomatis tubuh akan menjadi kebal terhadap virus tersebut, sehingga gejala pun tidak akan begitu parah. Pembentukan antibodi biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 2 minggu setelah disuntik vaksin. 

Vaksin influenza pun dibagi menjadi dua jenis, yaitu: 

  • Trivalent adalah vaksin yang terbuat dari 2 type virus influenza A dan satu virus influenza B. 
  • Quadrivalent adalah vaksin yang terdiri dari 2 type virus influenza A dan dua virus influenza B. 

Dari hasil penelitian, vaksin Quadrivalent merupakan jenis yang paling ampuh untuk bisa memberikan perlindungan. Hal ini disebabkan pada jenis vaksin tersebut terdapat lebih banyak kandungan virusnya daripada yang trivalent. 

Untuk lamanya perlindungan yang diberikan dari vaksin biasanya akan bertahan mulai dari 6 bulan sampai 1 tahun. Waktu tersebut dipengaruhi oleh seberapa baik antibodi serta perubahan dari virusnya. Apabila virus mengalami mutasi, maka tingkat keampuhan dari vaksin juga akan berkurang karena virus belum dikenal oleh tubuh. 

Maka daripada itu sangat disarankan untuk menyuntikkan vaksin di kala musim pancaroba atau musim hujan agar hasilnya bisa maksimal. 

Manfaat Vaksin Influenza 

Setiap vaksin yang disuntikan ke dalam tubuh sudah pasti akan memberikan manfaat, termasuk vaksin influenza. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah ulasannya: 

  • Terhindar dari penyakit flu 

Walaupun banyak yang tidak begitu peduli dengan vaksin flu karena dianggap penyakit yang mudah sembuh, namun pada faktanya penyebaran virus ini bisa berakibat sangat fatal bila tidak dicegah. Dengan adanya pemberian vaksin ini, maka penyakit flu pun bisa dicegah penyebaran hingga mencapai 60%. 

  • Resiko rawat inap di rumah sakit bisa dikurangi

Manfaat lainnya dari vaksin influenza adalah mengurangi resiko rawat inap di rumah sakit. Flu sendiri mempunyai gejala mulai dari hidung tersumbat, demam dan pusing. Ketiga gejala tersebut bisa saja parah dan membuat si penderita masuk rumah sakit. Tapi, dengan disuntikan vaksin, maka gejala yang dialami bisa berkurang. Bahkan bisa tidak mengganggu penderita. 

  • Menurunkan resiko kematian 

Bagi orang yang mempunyai penyakit kronis, flu bisa mematikan. Terutama para penderita autoimun dan penyakit paru. Flu berpotensi akan mengancam hidup seseorang apabila terjadi komplikasi. Maka daripada itu, dengan adanya vaksin ini akan membantu menurunkan tingkat kematian bagi orang yang beresiko tinggi. 

  • Mengurangi tingkat kematian anak-anak karena flu 

Selain orang yang menderita penyakit kronis, anak-anak juga sangat rentan terhadap penyakit flu. Pada tahun 2017, CDC mencatat bahwa vaksin influenza mampu mengurangi tingkat kematian anak yang menderita penyakit ini. 

  • Menjaga Keluarga 

Manfaat terakhir dari vaksin ini adalah akan membantu Anda tetap menjaga keluarga dari serangan virus flu. Tidak hanya itu saja, lingkungan sekitar Anda pun juga akan terbebas dari flu ini. Sehingga, keselamatan orang-orang yang mempunyai resiko tinggi bisa tetap terjaga. 

Harga Vaksin Influenza 

Untuk harga vaksin influenza sendiri tergantung fasilitas kesehatan yang Anda pilih. Berikut ini adalah perkiraan biayanya: 

  • Vaksin flu di Kimia Farma harganya sekitar 400 ribu hingga 500 ribu rupiah. Harga tersebut sudah dengan tenaga medis yang menyuntik, serta mendapatkan vaksin tambahan untuk meningitis. 
  • Vaksin flu di Puskesmas harganya sekitar 100 ribu hingga 150 ribu rupiah. Bahkan ada beberapa puskesmas yang menetapkan tarif lebih murah dari biasanya. 
  • Sedangkan untuk rumah sakit, vaksin flu akan dikenakan biaya sekitar 300 ribu rupiah. Biasanya harga vaksin flu untuk anak dan dewasa berbeda. Hal ini karena dosis yang diberikan juga berbeda. 

Demikianlah penjelasan tentang manfaat vaksin influenza beserta dengan harganya. Sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan vaksin flu minimal satu tahun sekali. Hal ini agar mencegah penyebaran virus flu yang bisa saja mematikan bagi sebagian orang. 

Related Posts