Home Tips Sederet Manfaat Buah Pir yang Penting untuk Kesehatan

Sederet Manfaat Buah Pir yang Penting untuk Kesehatan

by Lara Nifa

Suka makan buah pir? Sudah tahu khasiatnya belum? Ternyata buah berkulit hijau yang rasanya manis dan renyah ini memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan, lho. Bisa dijadikan camilan sehat dan mengenyangkan, apalagi bagi Anda yang sedang berdiet. Sebenarnya sih sudah sejak dulu masyarakat kita menganggap buah ini sebagai salah satu asupan makanan dengan gizi seimbang, karena kandunganya beragam dan sangat melimpah.

Kandungan Buah Pir

Kalau biasanya orang-orang hanya tahu kandungan gizi dalam buah apel saja, maka kali ini kita akan mengupas berbagai kandungan yang ada dalam buah pir. Berikut daftarnya:

  •       Natrium (1,8 mg)
  •       Kalium (206 mg)
  •       Magnesium (12,5 mg)
  •       Vitamin B9 atau folat (12,5 mkg)
  •       Fosfor (21,4 mg)
  •       Zat besi (0,3 mg)
  •       Kalsium (16 mg)
  •       Vitamin B6 atau piridoksin (0,05 mg)
  •       Vitamin B5 atau asam pantotenat (0,09 mg)
  •       Vitamin B3 atau niasin (0,29 mg)
  •       Vitamin B2 atau riboflavin (0,05 mg )
  •       Vitamin B1 atau tiamin (0,021 mg)
  •       Serat (5,5 gr)
  •       Karbohidrat (27 gr)
  •       Lemak (0,2 gr)
  •       Protein (0,6 gr)
  •       Energi (101 kkal)

Selain zat gizi diatas, dalam buah pir juga terdapat senyawa tumbuhan dan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dapat membantu menangkal radikal bebas, sedangkan niacin dan folat sangat penting dalam memproduksi energi dan mempertahankan fungsi sel-sel tubuh. Semua bermanfaat penting bagi kesehatan, bisa kita peroleh hanya dari buah yang rendah kalori, kolesterol dan lemak ini.  

Segudang Manfaat Buah Pir yang Harus Diketahui

Semua jenis pir baik untuk kesehatan, baik itu yang pir Korea, pir kuning, pir hijau, pir madu dan lain sebagainya. Kalau dikonsumsi secara rutin, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat berikut.

Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Dirangkum dari berbagai sumber terpercaya, kalau kita mengonsumsi pir kuning maka bisa mencegah penyakit kanker. Ini karena kandungan serat yang tinggi dalam buah tersebut dapat mengikat dan menghilangkan sel karsinogenik, sehingga kanker usus besar dapat dicegah. Bahkan kalau kita mengkonsumsi satu buah pir setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit kanker payudara pada wanita menopause sampai 34 persen. Asam sinamat dan kandungan antosianin yang dimilikinya memang sudah terbukti mampu melawan sel kanker. Hal ini sudah ditunjukkan oleh berbagai penelitian. Selain kanker payudara dan usus besar, beberapa jenis penyakit ganas seperti kanker perut, paru-paru, dan kandung kemih. Buah pir bahkan diklaim mampu melindungi wanita dari kanker ovarium karena kaya akan senyawa flavonoid. Meskipun punya khasiat mengurangi risiko penyakit kanker, buah ini masih belum bisa menggantikan terapi dan obat-obatan kanker.

Anti Inflamasi atau Peradangan

Peradangan merupakan respon imun normal, tapi kalau terjadi dalam jangka waktu panjang hingga sudah kronis, maka bisa membahayakan kesehatan seseorang. Sangat mungkin untuk menderita penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Tidak perlu khawatir karena penyakit tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi buah pir. Antioksidan flavonoid yang terkandung di dalamnya dapat membantu melawan perdagangan dan menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Kemungkinan efek tersebut diperoleh dari sifat antioksidan dan anti inflamasi, lalu kandungan mineral dan vitamin C, K, serta tembaganya yang bersumber dari buah pir mampu memerangi peradangan.  

Meningkatkan Kesehatan Usus

Buah pir hijau dan kuning diyakini bisa meningkatkan kesehatan usus karena mampu memadatkaan dan melembutkan feses. Buah ini merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang berperan penting selama sistem pencernaan bekerja. Serat tersebut membantu meredakan sembelit. Anda dapat memperoleh khasiat secara maksimal kalau mengkonsumsi buah pir bersama dengan kulitnya.

Mencegah Tulang Keropos (Osteoporosis)

Salah satu penyakit yang umum terjadi di usia lanjut, namun tak sedikit kasus yang penderitanya masih muda. Sebagai upaya pencegahan dini, Anda dianjurkan mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang disarankan setiap hari serta menjaga pH tubuh tetap seimbang. Senyawa tersebut dapat diperoleh dari buah pir.

Mengurangi Risiko Diabetes

Buah pir kaya akan serat dengan indeks gliserin rendah, sehingga membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Lalu apa manfaatnya? Tentu saja mencegah Anda terkena penyakit diabetes. Menurut sebuah studi, seseorang yang mengonsumsi >5 porsi buah pir merah yang kaya antosianin selama satu minggu akan terhindar dari risiko diabetes tipe 2 dengan total penurunan 23 persen. Buah pir juga membantu memperlambat pencernaan, sehingga memberikan tubuh kita waktu lebih banyak untuk menyerap dan memecah karbohidrat.

Teman Diet yang Ampuh

Bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan, dapat menjadikan buah pir sebagai camilan sehat. Buah ini tidak mengandung banyak kolesterol, kalori dan lemak, tapi punya banyak serat dan air yang membantu melancarkan pencernaan. Anda bisa mencapai berat badan ideal yang diinginkan sejak lama.

Itulah sederet manfaat buah pir yang penting untuk kesehatan. Semoga informasinya bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

Related Posts