Home Perencanaan Rincian Biaya Kuliah di Trisakti dari Pertama Masuk hingga Lulus

Rincian Biaya Kuliah di Trisakti dari Pertama Masuk hingga Lulus

by Lara Nifa
Rincian Biaya Kuliah di Trisakti dari Pertama Masuk hingga Lulus

Siapa sih yang tak kenal dengan istilah Kampus Pahlawan Reformasi? Sebutan tersebut cukup populer untuk Universitas Trisakti. Mungkin diantara Anda, ada yang ingin melanjutkan kuliah di Trisakti. Namun, masih memikirkan biaya yang harus disiapkan.

Soal rincian biaya kuliah di Trisakti, Anda tidak perlu khawatir karena informasi berikut ini akan disajikan rincian biaya kuliah di Kampus Pahlawan Reformasi. Namun, sebelum mengetahui rincian biayanya, sebaiknya Anda kenali lebih dekat tentang kampus Trisakti berikut ini.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Kampus Trisakti

Tentunya, sebelum kuliah di kampus Trisakti, Anda perlu mengetahui sejarah, fakultas dan jurusan, fasilitas di kampus ini sampai dengan program studi yang tersedia. Adapun informasi tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.

Awal Berdirinya Kampus Trisakti

Pada awalnya, kampus Trisakti diberi nama Universitas Baperki pada tahun 1958. Tersebut karena universitas ini didirikan oleh organisasi Baperki. Kemudian, di tahun 1962, kampus ini berubah nama lagi menjadi Universitas Res Publica (URECA). 

Seiring berjalannya waktu dengan adanya banyak perubahan, pada tanggal 29 November 1965, kampus ini resmi dibuka dengan nama Universitas Trisakti. Perlu diketahui, Trisakti merupakan perguruan tinggi swasta satu-satunya yang didirikan oleh pemerintah pada saat itu. Bukan rahasia lagi, hingga saat ini kampus ini cukup populer di masyarakat Indonesia.

Fakultas dan Jurusan yang Ada di Kampus Trisakti

Pada awal berdirinya, tepatnya tahun 1965, Trisakti hanya memiliki 5 fakultas. Seiring perkembangannya, kampus ini terus mengembangkan jumlah fakultas dan jurusan. Hingga saat ini daftar nama fakultas dan jurusan di Trisakti adalah sebagai berikut.

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki 4 jurusan, antara lain: ilmu ekonomi, akuntansi, manajemen dan ekonomi pembangunan.
  2. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan memiliki 2 jurusan, yaitu: teknik sipil dan arsitektur.
  3. Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan, ada 3 jurusan, antara lain: perencanaan wilayah dan kota, arsitektur serta teknik lingkungan.
  4. Fakultas Seni Rupa dan Desain, ada 5 jurusan, antara lain: desain, fotografi, desain interior, desain produk dan desain komunikasi visual.
  5. Fakultas Hukum dengan jurusan ilmu hukum.
  6. Fakultas Kedokteran dengan jurusan pendidikan dokter.
  7. Fakultas Kedokteran Gigi dengan jurusan pendidikan dokter gigi.
  8. Fakultas Teknologi ada 5 jurusan, antara lain: teknik mesin, teknik elektro, teknik industri, teknik informatika dan sistem informasi.
  9. Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi ada 3 jurusan, antara lain: teknik pertambangan, teknik geologi dan teknik perminyakan.

Program Studi dan Fasilitas yang Tersedia di Trisakti

Sebagai salah satu universitas swasta unggulan di Indonesia, Trisakti selalu memberikan layanan terbaik dalam hal fasilitas dan program studi. Adapun program studi dan fasilitas yang tersedia di Trisakti adalah sebagai berikut.

  • Program Studi di Trisakti

Selain 9 fakultas, terdapat program studi untuk masing-masing jenjang pendidikan. Adapun rinciannya sebagai berikut.

  1. 23 program studi strata 1 (S1) atau sarjana.
  2. 8 program studi pasca sarjana (S2)
  3. 3 program studi doktoral (S3). 
  4. Beberapa pendidikan tinggi program studi diploma tiga (D3).
  5.  Beberapa program diploma empat (D4).
  • Fasilitas yang Tersedia 

Sebagai kampus swasta unggulan, fasilitas yang tersedia di Trisakti dinilai lengkap. Fasilitas yang ada di Trisakti, antara lain sebagai berikut.

  1. Terdapat 326 ruang kuliah.
  2. Memiliki perpustakaan di setiap fakultas.
  3. Tersedia 101 unit laboratorium.
  4. Memiliki 7 studio.

 

Perkiraan Rincian Biaya Kuliah Kampus Trisakti yang Harus Anda Tahu

Pastinya, setiap mahasiswa baru yang lolos seleksi masuk perguruan tinggi wajib membayar biaya kuliah. Adapun perkiraan rincian biaya kuliah di Trisakti sesuai yang dirangkum dari informasi universitas terkait adalah sebagai berikut.

Perkiraan Biaya Sumbangan Pengembangan

Perlu diketahui, besaran biaya pengembangan pendidikan di setiap universitas berbeda-beda. Begitu juga di Trisakti, di mana biaya sumbangan pengembangan terdiri atas 3 peringkat, antara lain: peringkat I, II dan III.

Adapun perkiraan biaya sumbangan pengembangan di Trisakti setiap fakultas adalah mulai dari sekitar Rp. 20.000.000 hingga Rp. 35.000.000.

Perkiraan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP)

Selain biaya pengembangan, ada juga biaya penyelenggaraan pendidikan (BPP) di Trisakti. BPP ini terdiri atas 2 jenis, yaitu biaya pokok semester dan biaya tambahan per sks. Untuk perkiraan biaya pokok, umumnya sekitar Rp9.000.000,00 sampai dengan Rp 25.500.000,00.

Sementara, biaya tambahan per sks sebesar Rp325.000,00 – Rp 375.000,00. Namun, perkiraan biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. 

Perlu diketahui, di Trisakti untuk BPP terkecil dikenakan di Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan tepatnya jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota sebesar Rp 14.500.000,00. Sementara, untuk BPP terbesar dikenakan di Fakultas Kedokteran tepatnya jurusan Pendidikan Kedokteran sebesar Rp 32.325.000,00.

Biaya Praktikum di Trisakti

Sementara, untuk perkiraan biaya praktikum di Trisakti diperkirakan sebagai berikut.

  • Perkiraan biaya praktikum untuk jurusan non kedokteran sebesar Rp3.500.000,00.
  • Perkiraan biaya praktikum untuk jurusan pendidikan kedokteran adalah Rp 50.000.000,00. Sedangkan untuk jurusan kedokteran gigi sebesar Rp 45.000.000,00.

Perkiraan Total Biaya Selama Kuliah di Trisakti dari Masuk hingga Lulus

Perlu diketahui, di Trisakti mahasiswa tidak diwajibkan segera melunasi biaya pengembangan pendidikan. Namun, kampus ini menawarkan 2 paket sistem pembayaran, dengan sistem sebagai berikut.

  • Paket A, mahasiswa boleh langsung melunasi biaya pendidikan sekali bayar.
  • Paket B, mahasiswa diperbolehkan untuk mengangsur biaya pendidikan dengan cara 4 kali bayar.

Adapun perkiraan biaya pendidikan di Trisakti dari pertama masuk hingga lulus adalah sekitar Rp. 143.000.000 hingga mencapai Rp. 600.000.000. 

Itulah, perkiraan rincian biaya kuliah di Trisakti dari pertama kali masuk Semester 1 hingga lulus Semester 8. Jadi, bagi Anda yang berniat kuliah di Trisakti, pastikan siapkan biaya tersebut. Jangan lupa, untuk memilih fakultas dan jurusan yang sesuai dengan minat Anda, supaya Anda semangat dalam belajar. 

Related Posts