Home Investasi Reksadana Cocok Untuk Pemula, Ini Cara Memulainya

Reksadana Cocok Untuk Pemula, Ini Cara Memulainya

by Lara Nifa

Buat kamu yang masih muda, aktif  dan produktif terlebih kaum millenial dan Gen-Z, Belajar berinvestasi bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas yang menguntungkan untuk membangun finansial kamu. Oleh sebab itu semestinya, investasi itu dimulai sejak sedari dini.

Di jaman modern sekarang, banyak sekali penawaran produk investasi yang tersedia di pasaran. Beberapa produk investasi seperti saham, obligasi, reksadana, deposito, emas, properti sampai asuransi mudah ditemukan secara online lewat aplikasi investasi. 

Tentang reksadana

Salah satu bentuk investasi yang banyak kamu dengar adalah reksadana. Reksadana sangat populer di kalangan investor masa kini karena memberikan kemudahan dalam berinvestasi. Investasi reksadana sangat cocok untuk kamu yang baru mau memulai investasi.

Reksadana adalah suatu produk investasi yang berupa gabungan dana para investor yang dikelola oleh seorang manajer atau lembaga investasi ke berbagai produk keuangan untuk kemudian menghasilkan keuntungan yang maksimal. 

Kenapa berinvestasi reksadana

Seperti layaknya investasi lainnya, reksadana menawarkan investasi dengan keuntungan yang sangat kompetitif buat kamu sebagai investor. Belajar investasi reksadana bisa menjadi bekal yang sangat  bermanfaat buat kamu secara finansial di usia muda. Berikut beberapa kelebihan berinvestasi di reksadana dibandingkan investasi lainnya.

Mudah dipelajari dan dipahami

Seperti yang sudah dibagikan, belajar investasi di reksadana tidak sesulit yang kamu bayangkan, singkatnya, reksadana adalah investasi anti ribet. Kamu hanya perlu mendaftar pada lembaga yang  menjual produk reksadana kemudian  memilih produk reksadana yang cocok dengan kamu, menyelesaikan proses administrasi dan kamu sudah memiliki produk reksadana kamu.

Produk yang beragam

Secara umum produk reksa dana dapat digolongkan menjadi dua macam, reksadana konvensional dan reksadana syariah. Kamu bebas memilih produk yang kamu suka sesuai dengan gaya investasi kamu. Pelajari dengan rinci detail dan deskripsi setiap produk reksadana yang ditawarkan padamu.

Modal kecil

Berbeda dengan investasi saham, dimana kamu membeli produk saham dengan satuan lot, di reksadana kamu membeli produk tersebut sesuai dengan satuan rupiah yang kamu siapkan untuk investasi. Jadi dengan 100 ribu rupiah pun kamu sudah bisa mulai berinvestasi di  reksadana.

Dikelola oleh ahli

Investasi kamu di reksadana biasanya dikelola oleh seorang manajer investasi. Sebagai pengelola investasi Kamu, manajer investasi haruslah mempunyai pengalaman, pengetahuan dan profesionalitas yang baik. Sebelum menjadi seorang manajer investasi. 

Seseorang harus harus mempunyai sertifikat untuk bisa diakui sebagai seorang manajer investasi dan dipercaya mengelola dana investasi kamu. Manajer investasi juga bertugas secara berkala melaporkan pertumbuhan dan perkembangan investasi kamu agar kamu selalu tahu perkembangan investasi kamu.

Akses investasi online

Di zaman serba digital ini dengan semua kecanggihan teknologi, berinvestasi di reksadana menjadi semakin mudah, karena kamu bisa melakukan semuanya secara daring atau online. 

Kamu bisa mengakses informasi seputar produk reksadana ataupun sekadar mengecek pertumbuhan investasi reksadana kamu hanya lewat smartphone kamu. Walaupun menjanjikan keuntungan seperti investasi lainnya.

Kadang investasi reksadana juga tidak selalu memberikan keuntungan yang maksimal. Resiko pada investasi reksadana biasanya, berkurangnya unit penyertaan  dari nilai reksadana yang kamu miliki saat ini. 

Jadi, perhatikan dengan  baik ketika kamu akan membeli suatu produk reksadana. Bacalah dengan seksama prospektus yang ditawarkan, jangan gegabah langsung memutuskan untuk berinvestasi.

Jenis reksadana buat pemula

Berikut tipe reksadana yang tersedia di pasaran yang bisa kamu miliki sebagai instrumen investasi.

Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang adalah jenis investasi reksadana yang dananya sebagian besar diinvestasikan pada produk instrumen pasar uang yang rendah resiko, misalnya lewat produk deposito dan obligasi.

Reksadana pasar uang adalah investasi reksadana yang paling aman di antara  investasi reksadana lainnya, karena risikonya paling minim. Investasi jenis ini cocok untuk keperluan investasi jangka pendek yang kurang dari setahun.

Reksadana Pemasukan Tetap

Reksadana pendapatan tetap adalah jenis investasi reksadana yang dananya diinvestasikan pada instrumen obligasi atau produk keuangan lainnya yang keuntungannya cukup stabil dan minim resiko dengan jangka waktu 1-3 tahun.

Reksadana Campuran

Reksadana campuran adalah jenis investasi reksadana yang dananya diinvestasikan di berbagai jenis instrumen investasi, seperti obligasi, deposito, dan saham. Lamanya investasi reksadana campuran adalah antara 3-5 tahun. 

Reksadana Saham

Reksadana saham adalah jenis investasi  reksadana yang memiliki keuntungan paling tinggi, karena pasar saham bersifat fluktuatif. Buat kamu yang berani mengambil risiko dalam investasi, investasi ini bisa jadi pilihan kamu.

Reksadana saham cocok untuk investasi jangka panjang, di atas 5 tahun. Sangat cocok buat kamu yang ingin mempersiapkan dana pensiun hari tua maupun biaya pendidikan anak kamu. 

Demikian beberapa jenis investasi reksadana yang cocok untuk kamu yang baru akan memulai investasi. Pilih produk yang dengan kamu, selamat berinvestasi dan sukses!

 

Related Posts