Home Investasi Rekomendasi Saham Murah dan Bagus Untuk Investasi

Rekomendasi Saham Murah dan Bagus Untuk Investasi

by Lara Nifa
Rekomendasi Saham Murah dan Bagus Untuk Investasi

Saham adalah surat atau dokumen yang memiliki nilai mata uang dan biasanya memiliki bagian dari kepemilikan korporasi atau perusahaan, dengan kata lain ketika perorangan membeli saham, maka orang tersebut secara otomatis sudah menjadi salah satu pemilik perusahaan yang menjual surat saham tersebut.
Jika seseorang membeli surat saham maka akan mendapatkan hak dan aset dengan besaran berapa banyak saham yang dibeli orang tersebut. biasanya bukti kepemilikan saham berupa sebuah lembaran surat atau kertas yang isinya adalah pernyataan kepemilikan nilai saham kepada seseorang yang sudah dikeluarkan oleh korporasi atau perusahaan yang membuatnya.

Adapun beberapa jenis surat saham berdasarkan klaim dan hak penagihannya, diuraikan dibawah ini ya.

Jenis-Jenis Saham Yang Cocok untuk Investasi

  • Saham Common Stock

    Saham common stock adalah salah satu saham yang bisa didapatkan atau diklaim dari keuntungan dan kerugian ketika didapatkan pemilik saham oleh perusahaan, ketika likuiditas dilakukan oleh perusahaan maka para pemilik surat saham akan mempunyai prioritas yang terakhir dalam pembagian keuntungan dari penjualan aset perusahaan itu sendiri.

    Dalam porsi saham common stock, biasanya pemilik surat saham mempunyai kewajiban yang terbatas, adapun ketika perusahaan yang dimiliki sahamnya terjadi kebangkrutan maka semua kerugian yang diterima oleh perusahaan hanya akan ditanggung senilai harga saham yang dimiliki pemegang saham itu sendiri. 
  • Saham Preferred Stock

    jenis surat saham selanjutnya adalah preferred stock yaitu surat saham yang ketika pembagian keuntungannya lebih stabil atau tetap, lalu ketika perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut mengalami kerugian maka pemegang saham akan menjadi prioritas dalam hal pembagian aset korporasi atau perusahaan.

    Dengan kata lain saham preferred stock hampir sama dengan Obligasi yaitu pembagian keuntungan yang sama nilainya, lalu dividen masih tetap berlaku selama perusahaan tersebut aktif dan yang paling menggiurkan pemilik saham bisa melakukan jual-beli saham yang dimiliki di bursa efek. 
  • Saham Cyclical stock

    jenis surat saham selanjutnya adalah cyclical stock yaitu jenis saham yang sangat sensitif terhadap tren ekonomi, sedangkan perputaran ekonomi sekarang ini masih belum ada kepastian dikarenakan pasca pandemi covid-19, jenis saham ini tidak cocok dibeli untuk beberapa waktu kedepan. 
  • Saham Growth Stock

    jenis saham ini adalah saham yang paling banyak dicari oleh investor, bagaimana tidak, saham jenis ini perkembangannya sangat stabil dan jika ada penurunan tidak akan bertahan dibawah. Kurun waktu per jam, per hari jenis saham ini sangat bisa meningkat atau menurun beberapa kali.

Saham Murah dan Bagus Untuk Investasi Masa Depan

Saham murah dan bagus memang sangat menggiurkan, apalagi jika Anda adalah investor baru atau pemula yang ingin mencoba mencari saham murah tapi bukan saham abal abal ya, berikut ini uraian saham yang mungkin bisa Anda minati karena harganya sangat terjangkau dan mayoritas adalah perusahaan milik negara dan terdaftar di OJK (Otoritas jasa keuangan).

  • Saham Bank MNC Internasional Tbk.
    Harga saham Bank Mnc adalah per saham nominalnya Rp 218 jadi 1 lot yang ditawarkan menjadi Rp 21.800.
  • PT Waskita Karya Persero Tbk.
    Harga saham salah satu Badan usaha milik negara (BUMN) ini mencapai per sahamnya Rp 825, jadi 1 lot yang ditawarkan menjadi Rp 82.500.
  • PT Bank Bukopin
    harga saham yang ditawarkan oleh Bank Bukopin senilai Rp 426 per sahamnya, jadi 1 lot yang ditawarkan mencapai Rp 42.600.
  • PT Lippo Karawaci Tbk.
    Harga saham Lippo karawaci adalah Rp 143 per sahamnya, jadi 1 lot yang ditawarkan nominalnya sebesar Rp 14.300
  • PT Astra Graphia Tbk.
    Harga saham yang ditawarkan oleh PT Astra graphia nilainya sebesar Rp 785 per sahamnya, jadi 1 lot yang tawarkan menjadi Rp 78.500.
  • PT Bank Mandiri Persero
    Harga saham yang ditawarkan Bank Mandiri nilainya sebesar Rp 123,3 per sahamnya, jadi 1 lot yang ditawarkan menjadi Rp 12.330.

Itulah beberapa saham yang mungkin bisa Anda beli dengan harga murah dan perusahaan yang bonafit, harga tersebut berpatokan dari bursa efek di kuartal terakhir 2021.

Jika Anda sudah mendapatkan surat saham dari perusahaan bagus dengan harga murah atau di logikanya saja mungkin banyak orang tidak percaya, yakinlah habiskan uang Anda untuk membeli semua lot yang memungkinkan di perusahaan tersebut, karena itu menjadi investasi Anda jangka panjang. Hal ini akan memberikan keuntungan yang luar biasa, karena pada perusahaan yang bagus akan menjadi mesin pencetak uang untuk Anda.

Nah, apakah Anda tergiur untuk investasi surat saham? mulailah dari sekarang karena pada awal tahun seperti ini banyak sekali perusahaan yang bonafit melepaskan surat sahamnya dan kapan lagi dengan budget kecil bisa memiliki salah satu pemegang saham perusahaan terbesar di Indonesia!

Related Posts