Home Investasi Rekomendasi Saham Jangka Panjang yang Wajib Kamu Miliki

Rekomendasi Saham Jangka Panjang yang Wajib Kamu Miliki

by Lara Nifa

Memiliki saham jangka panjang memang jadi instrumen investasi pilihan saat ini. Masing-masing dari pemilik saham menentukan target jangka panjang, menengah, atau pendek. Agar investasimu tepat, beberapa rekomendasi saham jangka panjang di bawah ini akan membuatmu berpikir memilikinya.

Saham yang bagus untuk jangka panjang dinilai dari fundamentalnya yang baik dengan kapitalisasi pasar besar. Fundamental yang bagus meliputi berbagai sektor. Memilih saham memang perkara yang tidak mudah. Tapi kuncinya perusahaan pilihan bukan saham spekulasi dengan rasio keuangan buruk. Dalam target jangka panjang, investor menikmati pelemahan yang menandakan aksi beli. 

Merangkum dari berbagai sumber, ada tiga ciri saham yang layak ditabung untuk jangka panjang.

Pertimbangan Memilih Saham

Sebaiknya kamu menempatkan saham dalam kondisi yang mapan. Kemapanan ini dapat dilihat dari kinerja dan rutin memberi dividen. Sebagai permulaan, carilah saham yang memiliki produk dikenal luas. Produk-produk ini banyak dibutuhkan orang. Mulai dari diri sendiri untuk mengenali produk tersebut. Prediksinya, saham-saham memiliki prospek yang luar biasa.

Perusahaan yang Jelas

Pertimbangan berikutnya adalah perusahaan yang sudah jelas. Perusahaan yang jelas akan lebih meyakinkan penggiat pada masanya. 

Kapitalisasi

Ciri saham yang layak untuk diinvestasikan adalah kapitalisasi pasar saham. Sebaiknya saham memiliki kapitalisasi pasar yang bernilai lebih dari Rp500 miliar.

Setelah memahami saham yang layak untuk diinvestasikan, berikut rekomendasi saham jangka panjang yang wajib banget untuk kamu.

UNVR 

Kita pasti pernah menggunakan produk dari saham yang bergerak di sektor consumer goods atau barang habis pakai yang akan digunakan oleh konsumen sebagai tujuan akhir. UNVR atau Unilever merupakan consumer goods terbesar di Indonesia dengan fundamental yang tidak tertandingi. Karena hal itu UNVR cocok untuk dipegang dalam jangka waktu panjang. Meskipun sempat mengalami penurunan, hal itu dapat berpotensi menunjukkan keuntungan di masa depan. Nyaris satu abad Unilever berkarya untuk negeri dan sudah bertahan dari berbagai krisis. 

ADRO

Saham yang dapat kamu investasikan untuk masa depan berikutnya dari sektor mining atau pertambangan. ADRO atau PT Adaro Energy merupakan emiten terdepan di sektornya. Prospeknya dinilai bagus karena memiliki rekan kerja yang kuat dengan importir luar negeri. Permintaan nikel yang terus meningkat dengan prospek yang ada saat ini dapat meningkatkan pendapatannya di jangka panjang. 

INDF

Siapa yang tidak pernah menikmati produk dari Indofood. Dari sini kita bisa memahami kenapa Indofood cocok untuk jadi saham jangka panjang yang harus diinvestasikan. Brand yang sudah terkenal secara internasional ini memiliki kekuatan di pasar Indonesia. Kekuatannya ini mendukungnya untuk masa depan walau mengalami penurunan. Dominasi Indofood di produk-produk konsumen Indonesia tidak dapat dipungkiri bernilai besar prospeknya bagi saham INDF.

TINS

TINS atau PT Timah Tbk. bergerak di bidang pertambangan, industri, perdagangan, transportasi dan jasa terkait usaha pertambangan. Perusahaan yang sudah menjejakkan kaki di dunia komersial sejak 1976 ini salah satu saham yang cocok untuk jangka panjang. Sepanjang Januari sampai September 2021, perusahaan berhasil mendapat keuntungan sebesar Rp 649 miliar, sedangkan tahun 2020 mendapatkan Rp 350 miliar.

PTBA

Pertambangan batu bara yang dimiliki oleh negara, yaitu PT Bukit Asam dengan kode PTBA memiliki performa cemerlang di tahun 2021. Laba bersih yang didapat sebanyak Rp 1,77 triliun. Angka ini meningkat 38,04% dibandingkan tahun lalu. Sama seperti saham pada umumnya, kenaikan pendapatan berarti harga saham PTBA juga berdampak dengan naik. 

ANTM

Sektor pertambangan bisa diandalkan untuk investasi jangka panjang. PT Aneka Tambang atau dengan nama emiten Antam tersebut memiliki prospek yang bagus untuk perkembangan saham masa depan. Kuartal pertama 2022 perolehan laba bersih yang didapat oleh ANTM Rp1,46 triliun. Angka ini mengalami peningkatan yang positif, dilihat dari kuartal pertama 2021 yang bernilai Rp 630 miliar.

Peningkatan pendapatan yang dialami ANTM berarti menaikkan laba bersihnya. Prospek komoditas pasar internasional saat ini dapat diandalkan di masa depan. 

AGII

Rekomendasi saham berikutnya datang dari PT Aneka Gas Industri Tbk. Perusahaan gas industri pertama sekaligus yang terbesar di Indonesia ini memiliki empat jenis usaha, yaitu produksi gas industri, penjualan gas industri, penjualan perlengkapan gas industri, dan instalasi perlengkapan gas industri. Perusahaan yang memiliki kode AGII memiliki prospek yang bagus untuk saham jangka panjang. Hal itu dapat dilihat dari meningkatnya kebutuhan oksigen medis ke rumah sakit. 

BBNI

Dunia perbankan diperkirakan akan terus mendapat peningkatan kenaikan ekonomi nasional setelah pandemi. Meningkatnya tren digital banking dan investasi, maka BBNI memiliki prospek jangka panjang yang bagus. Bank Negara Indonesia sudah mengeluarkan produk seperti BNI Mobile Banking dan BNI Sekuritas. Tahun 2020 BNI mencatat laba di angka 5 triliun. Pada tahun berikutnya meningkat hampir dua kali lipat di angka 9,5 triliun. 

Perkembangan saham di atas memiliki prospek yang bagus untuk tahun-tahun berikutnya. Tinggal kamu lagi yang ingin berinvestasi di sektor mana. Baiknya juga kamu menanamkan investasi di berbagai saham agar perkembangan portofoliomu juga ikut membaik. 

Related Posts