Home Bisnis dan Usaha Rekomendasi Peluang Bisnis Pertanian dari Tips Sukses Dari Nol

Rekomendasi Peluang Bisnis Pertanian dari Tips Sukses Dari Nol

by Lara Nifa

Ada banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan, salah satunya bidang pertanian. Usaha pertanian termasuk sektor penting yang bisa memenuhi kebutuhan utama masyarakat, yakni kebutuhan akan pangan. Meski keberadaannya sangat dibutuhkan, sayangnya kini semakin ditinggalkan para pelaku usaha. Indonesia bisa disebut sebagai salah satu negara pertanian karena dapat memenuhi pasokan pangan nasionalnya sendiri.

Jika Anda memulai bisnis pertanian yang menjanjikan, artinya tak hanya membangun keuntungan pribadi saja tapi juga memberikan kontribusi positif bagi negara. Belum punya gambaran sama sekali tentang bisnis ini? Yuk simak pembahasan berikut yuk.

Peluang Usaha Pertanian, Minim Modal Hasil Maksimal

Peluang usaha pertanian dirasa punya potensi besar, apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini. Sebab pelakunya tidak membutuhkan lahan luas dan modal untuk mengerjakannya pun terjangkau. Pertanian sering dianggap sebagai pekerjaan mencangkul, menanam padi, harus berpanas-panasan, bau dan kotor, padahal saat ini sudah banyak inovasi yang terjadi di bidang tersebut. Beberapa contoh populer di kota-kota besar ada terrarium, hortikultura, hidroponik yang menggunakan metode pertanian modern tanpa lahan luas.

Selain minim modal, produk pertanian juga termasuk kebutuhan pokok yang dibutuhkan manusia sehari-harinya. Itulah mengapa peluang bisnis ini terlihat menggiurkan. Sayangnya sebagian besar masyarakat kita menganggap sektor pertanian tidak mampu menghasilkan pendapatan besar seperti pekerja kantor perusahaan multinasional. Kenyataannya justru sebaliknya, bahkan menurut Badan Pusat Statistik (BPS), diketahui bahwa ada sekitar 23% generasi muda tertarik untuk terjun ke bidang ini. Sementara sisanya lebih suka bekerja sebagai pekerja kantoran.

Rekomendasi Peluang Usaha Pertanian

Anda dapat mencoba beberapa opsi peluang usaha pertanian serta teknik yang digunakan. Berikut diantaranya:

1. Jual Sayur Buah Organik

Bercocok tanam sayur dan buah organik menjadi peluang usaha pertanian pertama yang kami rekomendasikan karena masuk kategori usaha modal kecil saja. Anda tidak perlu pupuk buatan obat hama, atau perlengkapan pertanian khusus lainnya. Kelebihan sayur dan buah organik adalah bebas dari pestisida, sehingga harga jualnya jauh lebih mahal dari buah dan sayur konvensional.

Walau harganya selalu lebih tinggi, permintaan masyarakat semakin banyak. Apalagi orang-orang yang sadar untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan target konsumen. Sayur dan buah organik pun bisa ditawarkan ke supermarket atau pasar tradisional.

2. Jual Bibit Tanaman Berkualitas

Menjual bibit tanaman secara online menjadi peluang usaha pertanian selanjutnya. Banyak petani melakukan cara ini karena lebih mudah menjangkau pasar. Untuk jenis bibit tanaman yang dijual bisa semangka, wortel, tomat, bayam, kangkung dan lain sebagainya. Bibit tersebut dikemas secara unik satu set dengan alat bertani, tersedia dalam berbagai ukuran dan berat yang dijual untuk menarik minat pemula.

Anda bisa menawarkan produk bibit berkualitas pada pemilik usaha perkebunan dan pertanian untuk skala lebih besar. Jika berhasil menjalin kerjasama maka dapat mendatangkan keuntungan jangka panjang. Berencana menjual bibit tanaman ke seluruh Indonesia? Sanda harus memanfaatkan internet sebagai media pemasaran, contohnya sosial media, website, atau marketplace yang membantu menjangkau pasar lebih luas. Tertarik mencoba?

3. Jual Tanaman Hidroponik

Saat ini sayuran hasil tanaman hidroponik cukup tinggi peminatnya sehingga menjadi salah satu peluang usaha bidang pertanian yang berprospek. Usaha pertanian ini cocok untuk pelaku usaha dengan lahan terbatas, terutama di kota-kota besar yang sulit menemukan media tanam. Tanaman hidroponik menggunakan media air, sehingga lebih higienis, tidak menggunakan pestisida karena tidak mudah terserang hama.

Belum banyak orang yang dapat bercocok tanam dengan metode ini, padahal sebenarnya cukup mudah dilakukan. Anda dapat memanfaatkan toples plastik, gelas, atau botol bekas sebagai media tanamnya. Atau temukan paket usaha hidroponik lengkap di toko online berikut dengan panduan penggunaannya.

4. Jual Tanaman Rempah

Budidaya tanaman rempah mungkin masih sedikit diminati. Namun kalau Anda tahu, pangsa pasar peluang usaha ini begitu besar. Tanaman seperti jeruk purut, kencur, lengkuas, dan jahe memiliki permintaan yang stabil di pasar internasional, bahkan terus meningkat. Minat pasar yang tinggi tentu mempermudah proses penjualan dan pemasaran. Risiko menjual tanaman rempah pun lebih kecil dari budidaya buah dan sayur organik. Keuntungannya juga tak kalah menggiurkan.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Pertanian

Memulai usaha pertanian memang bukan hal yang mudah. Terutama bagi mereka yang minim pengetahuan akan bidang tersebut. Supaya tidak gagal, coba gunakan tips berikut ini:

  •       Kenali dan pelajari bidang pertanian yang sesuai.
  •       Menyiapkan modal dan lahan pertanian.
  •       Menganalisa pasar serta kompetitor bisnis.
  •       Menjaga kualitas dan kuantitas produk pertanian.
  •       Memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran dan penjualan.

Nah, itulah ulasan mengenai peluang bisnis pertanian yang menjanjikan. Siapkan modal dan susun strategi sebaik mungkin agar hasil usaha maksimal.

Related Posts