Home Bisnis dan Usaha Rekomendasi Ide Jualan Makanan Laku Setiap Hari

Rekomendasi Ide Jualan Makanan Laku Setiap Hari

by Lara Nifa

Apakah Anda berencana untuk menjalankan bisnis kuliner? Hal yang paling menjadi pikiran biasanya adalah mengenai produk yang nantinya akan dijual? Tentunya apabila Anda ingin mengembangkan menu untuk jualan makanan agar bisa laku tiap harinya.

Maka dengan begitu kemungkinan jualan Anda akan memperoleh banyak keuntungan besar. Supaya tidak salah dalam memilih ide bisnis, silahkan simak beberapa rekomendasi ide usaha berikut ini! Mungkin nantinya ada usaha kuliner kekinian yang dapat Anda coba.

Aneka ragam gorengan

Rekomendasi untuk ide jualan kuliner yang mungkin bisa laku setiap hari, yaitu aneka gorengan. Dimana makanan yang satu ini memang merupakan menu favorit oleh banyak orang. Makanan ini dimasak dengan cara menggoreng dan menggunakan minyak yang banyak.

Makanan yang satu ini memang menu yang sudah pasti disantap oleh mayoritas penyuka kuliner, apalagi bila masuk musim hujan. Keuntungan dari kuliner ini juga terbilang besar karena untuk modal awalnya relatif kecil. Apabila Anda termasuk orang yang tekun, maka tidak mungkin akan gagal.

Bubur ayam

Makanan yang menjadi favorit sebagai menu sarapan banyak orang. Mau diaduk atau pun tidak, bubur ayam selalu enak disantap dan harganya yang relatif murah. Rata-rata bubur ayam ini dijual sekitaran Rp 10.000, bila Anda tertarik untuk berjualan menu ini berarti harus bersiap untuk menerima keuntungan yang besar.

Bahan-bahannya sendiri juga terbilang mudah ditemukan di pasar tradisional, untuk peralatan dan kebutuhan lain selain bahan baku rinciannya adalah sebagai berikut :

  • Gerobak atau etalase Rp 3.500.000
  • Satu set meja serta kursi Rp 500.000
  • Tenda Rp 250.000
  • Tabung gas dan kompor Rp 300.000
  • Set panci besar Rp 200.000
  • Set alat makan dan toples Rp 100.000
  • Peralatan lain-lain Rp 150.000

Total jumlah dari modal yang harus Anda miliki adalah sebesar Rp 5.000.000, ingat ya ini hanya perkiraan. Jadi, kemungkinan harganya bisa lebih murah atau lebih mahal.

Bakso

Anda pasti memiliki tukang bakso langganan yang hampir setiap hari Anda laris dagangannya. Nah, mengapa Anda tidak membuka saja bisnis kuliner yang satu ini dan jadikan hal tersebut untuk membuat rekening Anda gendut.

Namun, Anda harus memastikan bila semua komponen dari bakso yang Anda jual memiliki rasa yang enak. Mulai dari baksonya, kuah, mie dan lainnya. Kemudian jangan lupa, berikan pelanggan Anda pelayanan yang baik agar mereka selalu kembali.

Mie ayam

Selain bakso, jajanan favorit banyak orang lainnya adalah mie ayam. Menu yang satu ini juga memiliki banyak variasi, ada mie ayam original seperti pada umumnya, ada juga yang di goreng dan masih banyak lagi.

Untuk bahan utama dari mie ayam ini, Anda bisa membeli mienya atau memilih membuatnya sendiri agar memiliki cita rasa berbeda dan tidak ada yang menyamainya. Anda dapat menjualnya melalui online serta memberikan layanan antar untuk jarak tertentu dan berpartner dengan aplikasi ojek online.

Nasi bungkus

Selanjutnya ada nasi bungkus. Untuk varian dari menunya juga bisa Anda ganti-ganti setiap harinya, jadi tidak harus dengan menu yang sama. Misalnya, hari senin menu nasi bungkusnya adalah nasi uduk, lalu nasi kuning, bisa juga nasi putih dengan aneka lauk, nasi pecel dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana caranya memberi tahu para konsumen mengenai menu-menu tersebut? Pertama, bisa melalui pesan di story WA tapi ini tentunya hanya bisa dilihat oleh mereka yang sudah menyimpan kontak Anda. Kedua, dengan menuliskan pada board dan digantung pada depan toko Anda. 

Ragam menu sarapan

Selanjutnya adalah ragam menu sarapan, sebenarnya banyak yang menjual jenis ini. Namun, tidak ada salahnya mencoba bukan? Anda bisa menjual menu-menu yang variatif, misalnya seperti pecel sayur, aneka bubur, soto, nasi kuning dan lain sebagainya.

Namun, memang jenis bisnis kuliner ini mengharuskan Anda untuk bangun lebih cepat guna mempersiapkan banyak makanan tersebut. Tetapi, tentu Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena dengan membuka usaha ragam menu sarapan, akan sangat membantu orang-orang yang selalu beraktivitas sejak pagi dan tidak sempat memasak. 

Warung kopi

Untuk modal pembukaan warung kopi, sebenarnya terbilang cukup besar. Apalagi bila Anda ingin menyewa lokasi, tentunya ini yang akan membuat Anda harus mengeluarkan uang lumayan banyak.

Walau modalnya terbilang besar, namun keuntungan yang Anda dapatkan tidaklah mengecewakan. Hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama adalah peralatan serta kualitas dari kopi yang nantinya akan Anda jual.

Nah, itulah tadi 7 ide jualan makanan yang bisa laku setiap harinya. Untuk promosinya sendiri Anda bisa bekerja sama atau berpartner dengan ojek online. Agar semakin lancar tentunya Anda harus memiliki perencanaan serta pembukuan yang rapi, hal tersebut bertujuan supaya Anda bisa melihat arus keuangan dari bisnis tersebut.

Related Posts