Home Featured Rekomendasi Buku yang Membantu Kamu Untuk Memahami Pentingnya Uang 

Rekomendasi Buku yang Membantu Kamu Untuk Memahami Pentingnya Uang 

by Lara Nifa

 

Banyak orang di sekitar kita yang belum memahami bagaimana mengatur uang. Finansial yang tidak stabil membuat perekonomian kita goyah. Pengelolaan uang harus diatur dengan baik agar dapat menyusun masa depan lebih baik. 

Perilaku hidup boros salah satu sikap yang menunjukkan kamu tidak mengerti bagaimana pentingnya uang. Hal ini berkaitan dengan bagaimana kamu dapat mendefinisikan sesuatu yang sifatnya hanya keinginan atau kebutuhan. 

Memahami bahwa uang itu penting artinya juga akan mengajarkanmu tentang bijak dalam mengelola uang. Dapat menyisihkan pendapatan untuk kebutuhan dana darurat. Suatu kelak tidak ada yang tahu apa yang akan menimpa kita. Uang tidak datang begitu saja, ada tenaga dan pikiran yang harus dibayar. Lalu bagaimana kita memanfaatkan uang tersebut adalah langkah yang menentukan bagaimana kita memahami pentingnya uang. 

Kesulitan memahami hal itu dapat dipelajari dari berbagai sumber, seperti akun-akun di media sosial yang memberikan informasi mengenai literasi keuangan, sinar youtube, atau streaming audio di Spotify. Tidak hanya itu, untuk memahami pentingnya uang kamu juga bisa membaca buku-buku dengan tema keuangan. Biasanya buku memiliki tingkat referensi yang lebih baik. Buku dengan tema-tema semacam itu memakai cara reset agar pembaca mendapat ilmu yang berkualitas. 

Ada beberapa rekomendasi buku dari kamu yang dapat membersamaimu belajar tentang pentingnya uang. 

50 Financial Wisdom oleh Eko P. Pratomo

Eko P. Pratomo adalah seorang praktisi investasi dan keuangan. Ia telah menulis beberapa buku, salah satunya 50 Financial Wisdom. Buku ini dibagi dalam beberapa seri. Seperti judulnya, buku ini memuat lima puluh tulisan yang pernah berlayar di rubrik Financial Wisdom di Harian Kontan. Buku ini cocok untuk kamu yang ingin belajar soal keuangan, baik keuangan secara personal maupun keluarga. Seri 2, artikel lebih mengarah pada tips keuangan praktis. Buku yang dapat dibaca oleh kalangan cinta finansial yang membahas apa keuntungan dan kelemahan dari investasi jangka panjang, menabung dari uang receh, atau tips lainnya yang dapat mencerahkan pikiranmu tentang pemanfaatan yang lebih baik. Seri 3 membahas Reksadana dan seri 4 membahas kecerdasan finansial. Seri 5 dikhususkan untuk membahas usaha mikro dan kecil. Seri 6 berisi artikel yang mengulas tentang investasi pasar uang dan pasar modal melalui pendekatan manajemen portofolio. 

Tidak hanya cocok untuk belajar mengerti bahwa uang itu penting, buku ini bahkan memberitahu lebih dari itu. Eko P. Pratomo yang sudah berkecimpung di dunia investasi selama 20 tahun tidak perlu diragukan lagi tentang suguhan bahasan finansial. Buku ini bisa memberi jawaban kepada kamu perihal betapa pentingnya uang dan pengelolaannya dalam hidup. 

Your Money or Your Life oleh Vicki Robin dan Joseph R. Dominguez

Buku yang terbit tahun 1992 masih relevan untuk digunakan saat ini bagi kamu yang ingin belajar dasar kelola keuangan, seperti menabung dan investasi. Buku ini juga memberikan 9 langkah untuk mengubah hubungan kamu dengan uang dan mendapatkan kebebasan dalam hal keuangan. Robin dan Dominguez memberikan alternatif memahami keuangan. Gagasan dari dua penulis ini memberikan perspektif yang berbeda mengenai pemahaman keuangan dengan berdasarkan apa saja yang dibutuhkan. Kamu yang kesulitan membedakan keinginan dan kebutuhan akan dijawab melalui buku ini, Bagaimana menentukan skala prioritas yang akan berdampak pada perencanaan keuanganmu.

Rich Dad Poor Dad oleh Robert Kiyosaki dan Sharon Lechter

Mengantar pemahaman mengenai keuangan, dalam buku ini dimulai dengan perbandingan nasib antara dua orang. Ayah Kiyosaki bercerita tentang keuangan ayahnya yang sederhana alias biasa saja. Perbedaan finansial itu dibandingkan dengan temannya yang kaya.

Buku yang terbit tahun 1997 ini  menunjukkan bahwa pendidikan finansial atau keuangan sangat penting diperkenalkan sejak dini. Pendidikan yang dimaksud adalah bagaimana uang dapat bekerja dari investasi di properti dan bisnis agar mencapai kebebasan finansial.

The Simple Path to Wealth: Your Road Map to Financial Independence and a Rich, Free Life (2016): Jim L. Collins

Kesulitan menggunakan uang dengan baik dijawab dalam buku ini. Collins dalam The Simple Path to Wealth menjelaskan bagaimana kamu memahami uang untuk mencapai kebebasan finansial.

Memahami uang berarti juga berkaitan dengan masalah-masalah yang ada saat berhadapan dengan uang, salah satunya berhutang yang juga dibahas dalam buku ini. Tidak hanya sebagai alat tukar dalam jual beli, uang juga mampu bekerja untuk melipatgandakan diri sendiri. Solusi untuk mencapai hal tersebut dengan investasi.

Financially Fearless oleh Alexa Von Tobel

Sikap yang bersamaan hadir dengan konsep pentingnya uang adalah mengerti bagaimana menempatkan uang pada pos pengeluaran yang sesuai. Melalui buku ini Tobel memberikan cara bagaimana merencanakan anggaran berdasarkan skala prioritas. Buku ini tidak hanya soal membuat pos anggaran saja, tetapi hal substansial seperti tujuan keuangan itu sendiri.         

 

Related Posts