Home Bisnis dan Usaha Rekomendasi Bisnis Online dan Cara Memulainya

Rekomendasi Bisnis Online dan Cara Memulainya

by Lara Nifa

Belajar berbisnis secara online saat ini tentunya menjadi semakin mudah. Terlebih memang usaha online memang memiliki banyak peminat. Bahkan banyak sekali pedagang online yang awalnya hanya offline, kini beralih ke online karena dianggap lebih efektif dan efisien.

Anda pasti banyak mendengar tentang begitu banyaknya pengusaha online yang dapat memperoleh keuntungan hingga jutaan bahkan puluhan juta rupiah hanya melalui dan menjalankan bisnis online. Berita-berita tersebut bukanlah kabar burung semata.

Namun, pastinya untuk mendapatkan hasil yang sedemikian besar pada bisnis online tidaklah mudah dan memiliki caranya sendiri untuk menjadi sukses. Nah, silahkan simak poin-poin dibawah ini bila Anda memang tertarik memulai bisnis online dari nol.

Cara Memulai Usaha Online Dari Nol

Nah, supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan dari usaha online, tentu harus memperhatikan step by stepnya. Karena setiap langkah yang Anda ambil, akan sangat mempengaruhi bisnis yang Anda jalankan, apakah akan sukses atau tidak bisa bertahan.

Pahami produk yang dijual

Jika tidak memahami tentang produk yang akan dijual, tentunya akan sulit bagi Anda mempromosikan produk tersebut ke pelanggan. Karenanya sangatlah penting bagi pemilik bisnis online untuk mengenali produknya sebaik mungkin, bahkan bila perlu sedetail mungkin.

Pahami pula selera pasar (target konsumen), apa saja yang sedang disukai, bagaimana modelnya dan hal lainnya. Sehingga Anda memiliki persiapan yang baik dan brand tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Lakukan survei pesaing

Anda juga harus mengetahui siapa saja pesaing Anda. Karenanya lakukanlah survei untuk mengetahuinya, dengan melakukan riset ini akan membantu Anda untuk menjadi selangkah lebih maju dari mereka dalam banyak hal.

Contohnya sederhananya seperti :

  • Konsumen suka dengan respon yang cepat.
  • Konsumen menyukai jika memiliki banyak pilihan produk.
  • Perhatikan kemasan pengiriman sebaik mungkin, bila perlu gunakan bubble wrap yang agak tebal supaya barang aman sampai di tujuan.
  • Dan masih banyak lagi.

Carilah supplier yang bisa dipercaya

Anda harus pintar dalam mencari supplier, tidak ada salahnya juga untuk mengambil barang langsung dari pengrajinnya. Karena sudah pasti harga yang didapatkan akan lebih ekonomis, sehingga Anda bisa menjual dengan harga lebih ramah kantong.

Pastikan juga bila Anda tidak hanya memiliki satu supplier saja, ini bertujuan agar ketika supplier A kehabisan stok, masih ada B yang bisa memenuhi permintaan konsumen.

Membuat media sosial atau website

Anda juga harus memiliki website, blog serta sosial media bila ingin berjualan online. Pilihlah sosmed dengan pengguna terbanyak, dengan tujuan supaya lebih mudah mendapatkan konsumen. Selain itu, buatlah akun e-commerce agar memudahkan pelanggan dalam bertransaksi.

Rekomendasi Bisnis Online

Bila Anda sudah membaca dan memahami tips memulai usaha online di atas, selanjutnya adalah memikirkan tentang bisnis apa yang akan dijalankan. Jika belum memiliki ide, Anda bisa menyimak beberapa ide di bawah ini, yaitu :

Dropshipper atau reseller

Ini adalah bisnis yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin berjualan online, mereka mengambil barang dari orang lain dan menjualnya kembali sesuai dengan ketentuan dari supplier atau mematok harga sendiri.

Biasanya selisih yang diberikan adalah 10 ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung dengan barang yang dijual. Bahkan bisa juga, jika berhasil menjual dengan target, Anda akan mendapatkan komisi antara 15% – 20% per barang.

Jasa titip

Ini merupakan bisnis yang menguntungkan, bagaimana tidak? Anda hanya perlu menawarkan jasa kepada orang-orang yang tidak mempunyai waktu untuk mencari barang yang mereka butuhkan. Jadi, mengapa Anda tidak mencoba menawarkan jasa kepada mereka.

Selain bisa mendapatkan uang, tentunya dapat sekalian refreshing di mall atau lokasi-lokasi tempat produk yang diinginkan ada. Anda bisa memasang tarif mulai dari 20 ribu hingga 30 ribu per barang di luar harga pokok dan ongkos kirim atau tergantung dengan jenis produk yang diinginkan.

Admin sosial media

Sekarang ini hampir tidak ada orang yang dapat hidup tanpa sosial media. Karenanya, banyak perusahaan yang menggunakan dan mengandalkan sosmed untuk melakukan promosi. Nah, karena itulah mereka membutuhkan jasa seorang admin, dimana tugas utama dari seorang admin adalah mengoperasikan sosial media serta mempunyai tanggung jawab yang besar.

Untuk pendapatan dari seorang admin sosial media ini cukup bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Namun, rata-rata adalah sekitar 500 ribu hingga 2 juta rupiah.

Guru les

Anda mempunyai bakat untuk mengajar dan merupakan mahasiswa atau lulusan dari jurusan pendidikan? Mengapa tidak mencoba untuk menjadi seorang guru les privat, Anda bisa menjalankan bisnis ini secara online.

Dengan menjadi seorang guru les, Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan media audio, video, live dengan zoom, instagram atau aplikasi pendukung lainnya yang memang mendukung kegiatan belajar mengajar.

Untuk bayaran dari seorang guru les, pastinya tidak perlu diragukan. Karena rata-rata penghasilan seorang guru les privat adalah sekitar 2 juta hingga 4 juta rupiah dalam sebulan. Namun, besaran dari penghasilan tersebut bergantung dengan jumlah murid, jadi pastikan bila kuota selalu terpenuhi.

Related Posts