Home Tips Rahasia Toko Online Ramah Pelanggan

Rahasia Toko Online Ramah Pelanggan

by Lara Nifa

Sengitnya persaingan di toko online pada era sekarang ini membuat para pengusaha dipaksa memutar otak supaya bisnisnya tetap bisa ramai pelanggan. Berbagai cara dilakukan supaya bisnis dapat berjalan serta bekembang seiring berjalannya waktu.

Kemajuan teknologi yang begitu pesat membuat pengelolaan di bidang bisnis menjadi semakin mudah, muncul berbagai jenis software seperti CRM dan POS memberi kemudahan bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan toko online secara tepat.

Akan tetapi membuat online shop bisa selalu ramai dan diburu para pengunjung, hanya mengandalkan software atau sistem pada aplikasi online tentu tidak cukup. Terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan supaya bisnis online selalu ramai pelanggan serta omset terus bertambah, walau sekarang ini keadaan ekonomi bergerak sedikit lamban. Nah, berikut beberapa tips yang perlu Anda ketahui.

Tips Toko Online Ramai Pelanggan

1.       Memahami Target Pasar di Toko Online

Ketika akan membuka bisnis online, penting rasanya bagi para pelaku untuk mencari tahu terlebih dahulu target pasar yang dituju. Dimana Anda harus memahami siapa orang yang paling tepat untuk membeli barang atau produk dari toko online milik Anda. Misalnya Anda menawarkan pakaian dalam pria, maka bila menargetkan wanita dengan usia 10 sampai 25 tahun merupakan sebuah kesalahan besar.

Buatlah analisis sederhana mengenai target pasar untuk produk Anda. Kemudian menentukan target utamanya, sampai ceruk pasar lain yang sekiranya memiliki peluang untuk membeli produk online Anda. Seperti contoh, Anda dapat saja menjual pakaian dalam pria ke wanita yang telah menikah. Kemungkinan besar pakaian dalam ini untuk suaminya sebagai bentuk hadiah atau sejenisnya.

2.       Meningkatkan Reputasi Toko Online Melalui Ulasan

Di zaman yang sudah serba digital saat ini, konsumen sering melakukan survey sebelum mereka memilih dan membeli suatu produk. Review atau ulasan pelanggan merupakan hal paling sering dilihat oleh para calon konsumen. Bila ulasan negatifnya lebih banyak dibandingkan oleh ulasan positif, besar kemungkinan konsumen selanjutnya akan pergi ke toko lain.

Untuk tips satu ini, Anda bisa coba mengingatkan para pelanggan yang telah membeli produk di toko online untuk nantinya meninggalkan ulasan atau review di kolom komen khusus fitur ulasan yang tersedia di toko online milik Anda. Akan tetapi bila pelanggan Anda masih ada yang memberikan review negatif, tentu Anda tidak boleh putus asa. Justru dengan begitu, Anda harus mencari tahu pada bagian mana konsumen tidak puas oleh layanan Anda serta perbaiki semua kekurangan yang ada.

3.       Memberikan Kemudahan Pada Proses Pembayaran

Sistem pembayaran yang berbelit dan rumit hanya akan memicu rasa kesal para pelanggan ketika berbelanja online. Pelanggan tentu menginginkan kecepatan saat melakukan proses pembayaran. Bila sistem pembayaran yang Anda sediakan memiliki kemudahan, kecepatan dan keamanan. Hal ini bisa sangat memuaskan para pelanggan nantinya ketika ingin menyelesaikan transaksi pembelian.

Tidak lupa untuk memastikan Anda telah memakai sistem yang dapat dengan diakses oleh pelanggan. Mulai dari pengiriman barang, akses informasi, foto, harga sampai pilihan metode pembayaran yang juga perlu dipastikan dapat dilihat oleh para calon konsumen.

Semakin mudah dan gampangnya sistem yang dipakai, maka akan semakin senang juga konsumen yang singgah ke toko online milik Anda untuk melihat-lihat dan belanja.

4.       Memberikan Rasa Nyaman dan Aman untuk Para Pelanggan

Akan ada masanya konsumen tidak percaya oleh produk yang telah Anda tawarkan sebab ia pernah merasa kecewa ketika memakai produk itu sebelumnya. Bila Anda menemukan contoh konsumen seperti ini, tidak boleh langsung menyerah begitu saja serta membiarkan mereka pergi mencari toko lain. Tanyakan dahulu soal apa pengalaman tidak menyenangkan yang sudah dialami olehnya.

Apabila pelanggan tersebut mengatakan dari sisi pelayanan dari pihak penjual sebelumnya membuat dia tidak nyaman, cobalah untuk menyakinkan bahwa kondisi serupa tidak akan dialaminya lagi bila bertransaksi di toko milik Anda. Layanilah konsumen tersebut sebaik mungkin, serta respon setiap chat yang berbau pertanyaan mengenai produk Anda dengan cepat.

Akan tetapi bila ia mengatakan bahwa kekecewa berasal dari produk tersebut, yakinkan kembali bahwa kesalahan yang pernah terjadi tidak akan muncul lagi pada produk keluaran terbaru serta Anda siap memberi garansi dengan uang kembali bila pada akhirnya pelanggan kecewa oleh produk yang ditawarkan.

Agar menjangkau lebih banyak konsumen, Pada toko online banyak yang menyediakan berbagai macam promosi sebagai bentuk strategi pemasaran bagi produk dan perkembangan toko online mereka. Misalnya memberikan diskon potong harga, atau beli dua gratis satu, sampai memberikan free ongkir. Nah, pilihlah yang mana sekira jenis promosi paling cocok digunakan pada toko online milik Anda.

Teknik promosi yang dianggap paling ampuh saat ini yakni dengan menggunakan jasa para influencer. Dengan menggunakan jasa influencer, produk milik Anda bisa lebih cepat dikenal secara luas oleh orang yang hanya membutuhkan waktu yang singkat.

Related Posts