Home Karir Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

by Lara Nifa
Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan yang banyak diincar oleh banyak orang adalah Kesehatan Masyarakat. Hal ini disebabkan karena peluang kerja dari lulusan program studi tersebut cukup beragam dan menarik.

Pada program studi kesehatan masyarakat Anda akan mempelajari serta diperkenalkan dengan hal-hal, seperti pendidikan kesehatan, wabah penyakit, standar keselamatan dan lain sebagainya. Anda juga akan diberikan ilmu seputar faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kesejahteraan serta kesehatan masyarakat. 

Menurut WorldWideLearn, jurusan kesehatan masyarakat juga berfungsi sebagai media promosi pada hal kebiasaan dan perilaku kesehatan bagi keluarga, individu dan komunitas. Hal menariknya, selain mempelajari tentang ilmu kesehatan, Anda juga akan mempelajari mengenai ilmu sosial. Sebab nantinya Anda akan berhadapan dan berhubungan langsung dengan masyarakat luas.

Jadi, apabila Anda memang seseorang dengan rasa peduli antar sesama dan memiliki minat pada isu kesehatan serta ingin memberikan edukasi pada masyarakat. Jurusan ini adalah pilihan yang cocok dengan Anda.

Deskripsi dari jurusan kesehatan masyarakat

Kesehatan Masyarakat adalah bidang ilmu dimana Anda akan mempelajari tentang pengobatan dan pencegahan penyakit yang terjadi pada individu. Selain itu bidang ini juga memiliki tujuan untuk mempromosikan serta menjaga kesehatan sosial demi mendalami segala hal yang berhubungan dengan manusia, lingkungan, kesehatan pada suatu kawasan, metode untuk pencegahan penyakit, serta kesehatan lingkungan kerja.

Kemampuan serta pengetahuan yang biasanya akan dimiliki oleh mahasiswa lulusan jurusan Kesehatan Masyarakat.

  1. Kemampuan komunikasi
  2. Kemampuan manajerial
  3. Kemampuan untuk melakukan analisis
  4. Kemampuan dalam meneliti
  5. Kemampuan bekerja cepat
  6. Kemampuan bekerja sama dalam tim
  7. Memiliki jiwa pemimpin

Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat

Bila Anda memutuskan atau masih merasa ragu untuk mengambil jurusan Kesehatan Masyarakat. Mungkin setelah membaca beberapa keuntungan berikut, dapat membantu Anda mengambil keputusan :

  1. Kompetensi bagi lulusan Kesehatan Masyarakat ini memberikan jawaban bagi pengguna ahli pada bidang tersebut dalam hal pengurusan tentang perancangan, epidemiologi serta kesehatan dan keselamatan kerja.
  2. Sebagai seseorang yang ahli pada bidang Kesehatan Masyarakat, Anda akan selalu ada di barisan terdepan dalam hal mengedukasi masyarakat.
  3. Sarjana lulusan Kesehatan Masyarakat selalu dicari oleh pemerintah untuk mengatasi masalah kesehatan pada lingkungan yang semakin pelik di banyak wilayah.
  4. Lulusan dari Kesehatan Masyarakat banyak dibutuhkan oleh berbagai sektor, misalnya manufaktur, gas dan minyak serta pada berbagai divisi di perusahaan-perusahaan baik milik pemerintah maupun swasta.
  5. Kesempatan atau peluang untuk dapat melanjutkan ke jenjang pascasarjana di universitas ternama amat terbuka lebar.

Peluang Kerja Bagi Lulusan Kesehatan Masyarakat

Peluang kerja bagi lulusan dari Kesehatan Masyarakat tidak cuma di Puskesmas saja. Banyak industri serta organisasi swasta yang membutuhkan keahlian dari tamatan kesehatan masyarakat. Contohnya pada bidang QHSE (Quality, Health, Safety and Environment) yang merupakan perusahaan minyak dan gas.

Jenjang karir bagi lulusan Kesehatan Masyarakat tentunya sangat bervariasi dan cukup menjanjikan, walau semua itu tetap akan dipertimbangkan sesuai dengan lokasi, posisi, kemampuan dan juga pengalaman yang Anda miliki. 

Berikut di bawah ini adalah peluang karir bagi lulusan Kesehatan Masyarakat :

  • Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan 

Berperan dalam menjaga kualitas produk, memastikan agar produk yang akan dikirimkan ke pelanggan harus dalam keadaan baik dan sesuai dengan standar kesehatan.

  • Chocolatier 

Merupakan pengrajin atau seseorang yang bergelut pada bidang kuliner serta berkaitan dengan cokelat. Anda harus mengetahui segala hal tentang cara pengolahan coklat dan juga tekniknya.

  • Pekerja Sosial (Social Worker) 

Memiliki tugas untuk membantu individu, kelompok serta masyarakat agar dapat mengakses sumber daya yang ada disekitarnya.

  • Ahli Gizi (Nutritionist) 

Bertugas membuka konseling mengenai gizi baik di puskesmas, posyandu maupun klinik. Utamanya adalah merencanakan sebuah kegiatan yang berkaitan dengan gizi.

  • Penyuluh Kesehatan Masyarakat

Memiliki tugas serta tanggungjawab dalam mengedukasi masyarakat tentang kesehatan baik untuk individu, keluarga, kelompok dan juga masyarakat di dalam suatu wilayah.

  • Staf Ahli Informasi Medis (Rekam Medis)

Memiliki peran dan tanggung jawab dalam hal mengelola data yang berbasis rekam medis sampai dapat diselesaikan secara cepat agar bisa diberikan pasien.

  • Dosen

Memiliki tugas untuk melaksanakan Tri Dharma, yakni pengajaran dan pendidikan, pengembangan dan penelitian, juga pengabdian pada masyarakat.

Kesehatan Masyarakat adalah salah satu program studi yang paling diminati oleh para calon mahasiswa selain Pendidikan Kedokteran. Anda akan ditempa dalam kurun waktu 8 semester atau 4 tahun lamanya hingga meraih gelar sebagai Sarjana Kesehatan Masyarakat.

Mata kuliah yang diajarkan juga menarik, yakni :

  1. Ilmu Kependudukan
  2. Sosio Antro Kesehatan
  3. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  4. Higiene Lingkungan Kerja
  5. Pemberdayaan Masyarakat
  6. Kebijakan Kesehatan
  7. Renval Kesehatan
  8. Penentuan Status Gizi

Anda akan dibekali oleh basic skill atau Manager, Innovator, Researcher, Apprentice, Communitarian, Leader and Educator (MIRACLE) dengan berbekalkan hal tersebut Anda akan mampu dan siap menjadi seorang ahli pada bidang Kesehatan Masyarakat.

Related Posts