Home Karir Prospek Kerja Jurusan Administrasi Publik Dengan Gaji Besar

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Publik Dengan Gaji Besar

by Lara Nifa
administrasi publik

Mengambil jurusan kuliah tentu dilakukan atas dasar pertimbangan minat, bakat dan prospek kerja di masa depan. Hal ini sangat penting dan harus dipilih dengan tepat karena berkaitan dengan pengembangan karir di masa depan. Kalau ingin jurusan kuliah dengan prospek kerja luas dan gaji besar, Anda bisa mempertimbangkan jurusan administrasi publik.  

Ternyata jurusan satu ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan swasta, lho. Salah kalau Anda mengira hanya bisa bekerja di instansi pemerintahan saja.  Hal tersebut wajar mengingat lulusan administrasi publik mampu mendalami beberapa studi penting sekaligus, seperti ilmu hukum dan teori organisasi. 

Anda akan memperoleh banyak ilmu dan pengetahuan yang mengasah kemampuan berkomunikasi dan memanajemen sumber daya manusia, keterampilan dalam menyusun anggaran, hingga kemampuan mengambil keputusan terkait keuangan. Seorang lulusan administrasi publik bahkan mampu menjadi public speaker yang handal. Menarik sekali, bukan?

Berikut ini beberapa prospek kerja jurusan administrasi publik yang gajinya besar.

  1.     Manajemen Sumber Daya Manusia

Indonesia termasuk negara yang punya banyak ASN. Bahkan setiap tahunnya selalu dibuka pendaftaran seleksi calon kandidat yang ingin bekerja di instansi pemerintahan. Nah, keahlian para lulusan administrasi publik akan sangat diperlukan selama proses seleksi ASN tersebut. Pihak pemerintah sendiri mencari orang-orang yang ingin bekerja di manajemen sumber daya manusia, khususnya mereka yang mampu menilai kandidat ASN yang berkualitas dan siap kerja.

  1.     Konsultan Pemerintahan

Ingin serius berkarir di instansi pemerintah? Lulusan administrasi publik bisa melamar kerja sebagai konsultan pemerintahan. Pekerjaan satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Orang-orang yang menjalankannya harus siap menghadapi tantangan dari perkembangan teknologi dan zaman, memberikan berbagai solusi dan strategi dari berbagai masalah yang muncul, makanya gajinya sangat besar. Pekerjaan ini cocok untuk orang-orang yang suka tantangan dan ahli dalam bersiasat.

  1.     Pekerja LSM Profesional

Kemampuan lulusan administrasi publik cukup mumpuni dalam ilmu kebijakan publik dan manajemen pemerintahan. Sehingga sangat mungkin untuk menjadi pekerja LSM profesional. Anda yang merupakan lulusan jurusan ini diberi tugas mengawasi berbagai program di lembaga pemerintahan atau organisasi lainnya supaya lebih efisien. Kemampuan yang Anda miliki dibutuhkan untuk berkolaborasi dengan tim PR dalam membangun hubungan baik dengan publik dan menjaga citra perusahaan. Selain itu, Anda juga harus siap mengatur siaran pers hingga penggalangan dana.

  1.     Staf Legislatif

Pilihan karir selanjutnya yang bisa dipertimbangkan oleh lulusan administrasi publik adalah staf legislatif. Kemampuan dan pemahaman dalam bidang kebijakan publik, bahkan yang terkait dengan publik luas akan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Berkarir secara profesional di bidang politik sepertinya menantang, apalagi gajinya besar.

  1.     Peneliti

Para lulusan administrasi publik juga memiliki peluang karir menjadi seorang peneliti di berbagai lembaga riset yang umumnya bekerjasama dengan pemerintah. Biasanya riset dilakukan untuk menangani berbagai isu birokrasi. Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dan pengetahuan yang baik dalam hal analisa bidang ilmu pemerintahan.

  1.     Tenaga Pengajar

Bidang pekerjaan ini selalu membutuhkan kemampuan administrasi publik. Anda tak hanya bisa menargetkan dunia pemerintahan saja ketika lulus nanti, tapi juga kesempatan yang lebih luas menjadi seorang tenaga pengajar yang handal. Di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, masih membutuhkan banyak staff akademik yang ahli dalam administrasi publik. Peluang berkarir di masa depan tentu semakin besar. Berikut beberapa perguruan tinggi yang menyediakan pilihan jurusan ini bagi Anda yang ingin meniti karir sebagai dosen:

  •       Universitas Indonesia
  •       Universitas Padjadjaran
  •       Universitas Brawijaya
  •       Universitas Sebelas Maret
  •       Universitas Negeri Yogyakarta
  •       Universitas Diponegoro
  •       Dan masih banyak lagi
  1.     Jurnalis

Tak hanya jurusan ilmu komunikasi saja yang dapat berkarir sebagai jurnalis, karena lulusan dari administrasi publik juga bisa loh! Selama menempuh pendidikan, para mahasiswa jurusan ini dituntut untuk mampu menganalisis suatu masalah kemudian melaporkannya. Maka tak heran kalau orang-orang yang mendapat gelar sarjana administrasi publik peka terhadap isu-isu terkini yang dihadapi pemerintah. Bekerja sebagai jurnalis memberikan peluang besar bagi Anda yang ingin meniti karir. Maka dari itu asah kemampuan analisa data yang tepat dan akurat mulai dari duduk di bangku perkuliahan.

  1.     Pegawai BUMN

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi sasaran empuk para lulusan administrasi publik karena menawarkan jenjang karir dan gaji yang fantastis. Tak perlu kecewa kalau gagal masuk ke sektor pemerintahan, Anda masih bisa mencari perusahaan-perusahaan milik pemerintah seperti direktorat pajak, lembaga keuangan perbankan dan sebagainya. Pada dasarnya, segala hal yang telah dipelajari selama kuliah akan sangat berguna di dunia kerja nanti.  

Itulah beberapa prospek kerja jurusan administrasi publik dengan gaji besar di Indonesia. Anda tak perlu ragu dalam menentukan jurusan kuliah, kalau tertarik dengan bidang pekerjaan diatas maka bisa memilih administrasi publik. Semoga sukses.  

Related Posts