Home Bisnis dan Usaha Produk Lokal Semakin Berkibar, Ini Cara Untuk Membuat Brand Lokal Sendiri

Produk Lokal Semakin Berkibar, Ini Cara Untuk Membuat Brand Lokal Sendiri

by Lara Nifa

Membangun usaha dari nol bukan pekerjaan yang mudah. Namun, bukan berarti hal ini tak dapat dilakukan. Semuanya dapat dimulai dari menciptakan brand usaha terlebih dahulu. Saat membuat brand sendiri, tentu perlu mempertimbangkan berbagai hal. Tidak hanya itu, kamu pun perlu mengetahui bagaimana cara menciptakan brand yang baik.

Brand bukan sebatas logo atau nama usaha saja. Dimana brand merupakan wujud ekspektasi bagaimana konsumen dapat melihat kamu sebagai pengusaha setiap kali melakukan interaksi oleh pelanggan usaha kamu. Brand merupakan reputasi yang dapat mewakilkan citra bisnis di kedepannya.

Menciptakan brand yang baik bukan hal yang mudah apalagi saat di awal membangun usaha. Untuk memulai menciptakan brand yang bagus bisa disiasati dengan cara menerapkan beberapa langkah berikut ini, antara lain:

1.       Melakukan riset pasar

Di dalam membangun sebuah barang tentu sangat penting melakukan riset pasar. Cermati secara teliti bagaimana situasi dan kondisi pasar. Terlebih dalam urusan memahami kompetitor bisnis. Pahami secara seksama siapa sebetulnya target potensial kamu dan bagaimana ketatnya kompetisi di pasaran. Hal ini sangat penting dilakukan sebelum membuat brand kamu sendiri.

2.       Membuat positioning

Layaknya menjadi seorang pria atau wanita yang tidak bisa dilirik atau disukai oleh seluruh orang, begitu juga dengan brand. Kamu tidak bisa memaksa seluruh orang untuk dapat menyukai brand kamu. Apalagi brand milik kamu masih terbilang baru. Untuk itu, pada situasi ini penting sekali rasanya untuk membuat positioning.

Seperti contoh, kamu membuat sebuah wadah makanan sekaligus menjadi demo menyuarakan pengurangan menggunakan bahan plastik sebagai bentuk kecintaan kita terhadap bumi. Jadi, sambil melakukan promosi produk kamu pun juga bisa sambil berkampanye bahwa dengan membeli produk ini keuntungannya akan langsung disumbang ke penanaman pohon atau peduli lingkungan lainnya.

3.       Mulailah Memilih Nama Bisnis

Dalam pemberian nama usaha, tentu harus mempertimbangkan berbagai hal penting lain. Pastikan namun usaha kamu mencerminkan kepribadian, tindakan serta reputasi yang baik pula. Penting untuk diingat selalu bahwa brand dapat menjadi sebuah komitmen yang besar, khususnya untuk pengusaha baru.

Nama usaha atau bisnis ini nantinya akan berimbas kepada berbagai macam hal. Seperti cara pemasaran, logo bisnis, domain hingga pendaftaran merek produk ke lembaga terkait. Maka buatlah nama usaha yang dapat mewakilkan atau mendeskripsikan secara jelas terkait bisnis yang kamu kembangkan.

4.       Buatlah Slogan Brand

Sesudah kamu berhasil mendapatkan nama bisnis yang paling cocok, maka cara dalam membuat brand lokal sendiri selanjutnya yakni membuat slogan pada brand tersebut. Pastikan slogan ini dapat menjadi aset yang sangat bernilai untuk brand kamu. Dalam pembuatan slogan, tidak harus panjang yang penting singkat dan jelas.

Slogan dapat berupa kalimat atau kata yang singkat tapi sudah cukup mendeskripsikan usaha kedepannya. Slogan pun harus terdengar catchy dan bisa memberi impresi yang betul-betul kuat untuk calon konsumen kamu dimanapun.

5.       Mulailah Pilih Tipografi serta Warna Brand

Apakah kamu sudah membuat tagline atau slogan? Berikutnya mulailah menentukan tipografi serta pewarnaan brand. Kamu juga harus memikirkan tampilan brand. Karena nantinya baik itu pewarnaan atau tipografi akan menjadi identitas untuk brand yang dibangun.

Dalam menentukan pewarnaan atau tipografi ini bukan sekedar untuk mewakilkan brand kamu saja. Namun juga dapat menjadi media berkomunikasi oleh para konsumen atau pelanggan diluar sana. Dalam memilih tipografi dan pewarnaan brand yang tepat, maka kamu dapat mencari inspirasi dari manapun salah satunya internet.

6.       Membuat Logo Brand

Kemudian mulailah untuk kamu membuat logo brand. Kamu harus memikirkan semua hal yang terbaik bagi usaha kamu. Brand sangat penting karena sebagai wajah bisnis kamu saat melakukan pemasaran. Sebuah brand yang menarik pastinya akan sangat mudah mencari perhatian para konsumen dimana saja.

Idealnya kamu harus bisa menciptakan logo brand yang unik, dapat diaplikasikan ke banyak ukuran dan mudah untuk dikenali. Brand pun juga harus dapat diaplikasikan ke media sosial untuk melakukan promosi, seperti Facebook, Tik Tok, Instagram dan lain sebagainya.

7.       Menerapkan Branding ke Semua Produk Bisnis

Cara terakhir untuk dapat membuat brand yaitu menerapkannya ke seluruh jenis produk usaha. Kamu harus memukul rata seluruh produk usaha kamu dalam mengaplikasikan nama brand. Hal ini pastinya dapat membangun nilai dari brand itu sendiri.

Jadi, semua konsumen yang sudah melihat brand ini akan langsung mengingat usaha kamu. Bila sudah begitu usaha kamu akan mendapatkan posisi sendiri di pikiran konsumen. Para konsumen juga tak akan beralih ke produk lainnya jika produk kamulah yang selalu mereka ingat, dan ini sangatlah positif bagi pertumbuhan atau perkembangan bisnis kamu seiring berjalannya waktu.

Related Posts