Home Perencanaan Produk Asuransi yang penting dimiliki

Produk Asuransi yang penting dimiliki

by Lara Nifa

Setiap orang pasti akan mengalami kejadian yang tidak terduga sebelumnya seperti kecelakaan, sakit, kehilangan pekerjaan hingga kematian. Mempersiapkan segala sesuatu hal yang kemungkinan bisa terjadi di masa depan, sangatlah penting. Salah satu caranya yaitu dengan mencari perlindungan untuk meminimalisir resiko dan dampak yang mungkin terjadi. Disinilah peran sebuah asuransi.

Apakah asuransi itu ?

Asuransi adalah perjanjian antara kedua belah pihak, di mana salah satunya wajib membayar sejumlah iuran atau premi kepada pihak lainnya. Singkatnya, kamu sebagai nasabah asuransi memiliki kewajiban membayar iuran dan perusahaan asuransi memiliki kewajiban memberikan jaminan perlindungan secara finansial.

Terdapat banyak sekali pilihan asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Namun dari banyaknya pilihan tersebut, sebaiknya kamu dahulukan produk asuransi yang paling penting untuk dimiliki. 

Mari simak beberapa produk asuransi yang bisa didahulukan dan paling banyak memberikan manfaat untuk kamu.

  • Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang bertujuan untuk menanggung hidup seseorang atau keluarga akibat kerugian finansial yang dialami maupun hilangnya pendapatan karena kematian anggota keluarga (tertanggung/pemilik polis asuransi). Asuransi jiwa sendiri terdiri dari 4 jenis yaitu :

  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup
  • Asuransi Jiwa Berjangka (adanya jangka waktu tertentu dalam perjanjian)
  • Asuransi Jiwa Dwiguna
  • Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jiwa bisa menanggung biaya pemakaman, tunjangan hari tua, hingga biaya hidup keluarga pemilik polis asuransi. Dengan memiliki asuransi ini kamu bisa memberikan perlindungan untuk keluarga jika sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan terjadi kepada kamu.

  • Asuransi Kesehatan 

Berada dalam kondisi sakit merupakan hal yang dihindari semua orang. Dampak kerugian yang ditimbulkan ketika kamu sakit pun sangat banyak salah satunya dari segi finansial. Perawatan ketika kamu sakit mungkin membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Namun, kondisi ini termasuk yang tidak bisa kamu prediksi dan sering datang tiba-tiba sehingga penting untuk kamu memiliki persiapan yaitu dengan asuransi kesehatan.

 

Asuransi kesehatan berguna untuk menghindari beberapa resiko misalkan biaya simpanan kamu tidak cukup atau bahkan tidak ada sama sekali untuk menanggung biaya perawatan selama sakit. Kamu tidak bisa memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan, berapa lama perawatannya dan apa saja tindakan yang harus dijalani.

 

Banyak kasus yang dapat ditanggung oleh asuransi kesehatan antara lain seperti melahirkan, kemoterapi, tindakan operasi dan masih banyak lagi. Kamu bisa mendapatkan asuransi kesehatan secara mandiri atau jika kamu pekerja maka asuransi ini didapatkan dari perusahaan tempat kamu bekerja.

  • Asuransi Kendaraan

Tidak hanya manusia yang perlu asuransi tapi kendaraan yang digunakan pun juga butuh proteksi. Asuransi kendaraan memiliki tujuan untuk memberikan jaminan atas kerugian maupun kerusakan yang dialami oleh kendaraan yang kamu miliki. Ada dua jenis tanggungan asuransi kendaraan bermotor yakni :

  • Comprehensive (All Risk)

Jenis asuransi ini menanggung semua resiko yang mungkin terjadi pada kendaraan akibat kerusakan dengan skala ringan hingga berat.

  • Total Loss Only (TLO)

Jaminan risiko yang diberikan atas tindak pencurian atau terjadinya kerusakan. Jaminan akan diberikan dengan ketentuan apabila biaya perbaikan bisa mencapai 75 persen atau lebih dari harga kendaraan sebelum terjadi kerugian.

Namun, tidak semua kerugian atau kerusakan bisa ditanggung asuransi ini, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pengemudi tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM)
  2. Melanggar rambu lalu lintas 
  3. Pengemudi berada di bawah pengaruh alkohol atau obat terlarang
  4. Kerusakan yang disengaja 

  • Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan yang termasuk dalam produk asuransi jiwa ini bisa dikatakan merupakan tabungan masa depan bagi pendidikan anak. Apabila kamu sudah memiliki anak, baiknya mulai rencanakan untuk menyiapkan biaya pendidikan anak dengan asuransi ini.

 

Terdapat tiga jenis asuransi pendidikan yang bisa disesuaikan  dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu. Masing-masingnya memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri. Simak penjelasan di bawah ini.

  • Asuransi Pendidikan Dwiguna (Endowment)

Asuransi ini memiliki dua manfaat yaitu memberikan perlindungan jiwa dengan tambahan manfaat tabungan. Apabila tertanggung (orang tua) meninggal atau mengalami cacat fisik pada saat masa polis masih berlaku, pihak penanggung (perusahaan asuransi) akan memberikan jaminan biaya pendidikan.

  • Asuransi Pendidikan Unit Link 

Selain untuk perlindungan jiwa, asuransi jenis ini juga memberikan perlindungan investasi. Pihak asuransi akan menginvestasikan sebagian premi yang sudah dibayarkan oleh pemegang polis. Dan apabila masa polis sudah berakhir, hasil investasi tersebut akan tetap bisa kamu dapatkan.

  • Asuransi Pendidikan Syariah

Asuransi ini memberikan jaminan pendidikan yang disepakati melalui Akad Tabarru’ (Perjanjian Hibah) yang mempunyai tujuan tolong menolong. Dan sesuai dengan syariat islam, asuransi pendidikan syariah ini termasuk halal dan jauh dari riba.

Related Posts