Home Bisnis dan Usaha Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Bisnis

Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Bisnis

by Lara Nifa

Mengembangkan bisnis merupakan bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan, akan banyak faktor yang mempengaruhi terhambatnya pengembangan bisnis tersebut,mulai dari sisi kemampuan sumber daya manusia, finansial atau modal dalam bisnis. modal bisnis juga tidak bisa dipisahkan dalam mengembangkan bisnis dalam jangka waktu yang lama. apalagi jika bisnis tersebut memiliki kemampuan finansial yang terbatas, namun jika memiliki finansial atau modal bisnis yang tidak terbatas tentunya ide, inovasi yang dimiliki dapat dikembangkan secara maksimal tanpa adanya hambatan modal.

Modal bisnis merupakan sejumlah aset bisa berupa uang maupun barang yang dipergunakan untuk melakukan aktivitas pekerjaan atau bisnis, modal ini sangat berperan penting bagi perorangan maupun perusahaan yang ingin bisnisnya tetap berkembang. Dengan adanya modal maka bisnis yang sedang berjalan tidak lagi terhambat dalam produksi maupun pemasarannya, modal bisnis biasanya bisa berupa aset berjalan, uang, dan juga pinjaman atau hutang. 

Modal menjadi pondasi paling utama ketika ingin mengembangkan suatu bisnis supaya tetap berjalan sesuai visi dan misi perusahaan. Modal yang utama dalam mengembangkan bisnis misalnya Anda memiliki bisnis kuliner atau restoran pastinya membutuhkan tukang masak atau chef, peralatan dapur dan makan, lalu pastinya lokasi bangunan yang strategis dan juga karyawan yang membantu untuk melayani pelanggan. Dari contoh tersebut bisa disimpulkan bahwasanya aset utama dalam pengembangan bisnis tidak hanya uang saja namun juga ada banyak instrumen pendukung lainnya sehingga operasional dalam bisnis akan berjalan dengan semestinya.

Jenis Pinjaman Modal Bisnis

  1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA merupakan salah satu pinjaman yang difasilitasi oleh pihak penyelenggara keuangan atau perbankan yang tidak membebankan kepada pebisnis berupa jaminan atau aset. KTA ini sedang populer dikalangan pebisnis, karena bunga yang dibebankan kepada pebisnis kurang dari satu persen saja, selain itu pebisnis dapat mengajukan modal hingga Rp 300 juta tergantung kebijakan Bank yang dituju. Biasanya syarat dari KTA ini memerlukan dokumen KTP, NPWP, SIUP dan Rekening koran.

  • Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR merupakan salah satu pinjaman yang diberikan pemerintah untuk mendukung masyarakat yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan cara aman dan juga bunga yang rendah, biasanya KUR ini menyasar kepada pebisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). KUR ini bekerja sama dengan beberapa Bank milik pemerintah seperti BRI, BNI dan BTN. untuk mendapatkan modal bisnis yang cukup besar maka pebisnis harus memiliki kelengkapan dokumen seperti SIUP, TDP dan membuat proposal bisnis ketika mengajukan modal pinjaman. 

  • Pinjaman Ventura

Pinjaman modal ventura merupakan salah satu bentuk investasi dimana Bank yang memberikan pinjaman berupa uang dengan perjanjian bagi hasil dalam periode yang sudah disepakati antara pemilik bisnis dan Perbankan. akan tetapi pinjaman modal Ventura ini memiliki resiko yang tinggi untuk pebisnis karena masih dalam pengembangan bagaimana syarat dan ketentuan yang sesuai perundang undangan yang ada di Indonesia.

Pinjaman Modal Pengembangan Bisnis

Mengembangkan bisnis pastinya memerlukan modal sebagai pondasi utama, modal ini tentunya akan membuat pebisnis mudah untuk memulai bisnisnya dengan perorangan maupun bersama rekan kerja dalam satu manajemen atau yang biasa disebut perusahaan, akan tetapi jika memang mengharuskan mencari modal untuk pengembangan bisnis maka ikuti beberapa cara atau tips dibawah ini ya,

  • Pinjaman Online (Pinjol)

Berkembangnya teknologi informasi juga membuat pelaku usaha yang memiliki perputaran bisnisnya dalam kapasitas kecil lebih memilih untuk melakukan pinjaman online untuk pengembangan bisnisnya, hal ini dikarenakan Pinjol memberikan kemudahan dalam syarat pinjamannya, hanya dengan foto selfie dan KTP saja, Anda bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 50 juta.

  • Pinjaman Bank

Pinjaman modal melalui Bank merupakan cara yang banyak dilakukan oleh pelaku usaha, dengan memberikan sebuah jaminan yang bisa digunakan untuk mencairkan uang kebutuhan pengembangan bisnis, namun selain aset jaminan ada pula syarat lainnya seperti dokumen sah sebagai pelaku usaha dan juga pihak bank akan melakukan survey apakah pelaku usaha tersebut layak atau tidak menerima pinjaman.

  • P2P Lending

Cara mendapatkan modal pengembangan bisnis yang paling efektif yang banyak dilakukan oleh anak milenial yang sedang membangun startup sebagai jenis bisnis yang dibangun ini dapat dilakukan tanpa harus sibuk mencarinya, karena P2P Lending ini biasanya muncul pada saat ada event atau workshop tentang kewirausahaan maupun dari website yang memang digunakan untuk mencari perusahaan atau startup yang sedang membutuhkan modal usaha.

  • Aset Perusahaan atau Pribadi

Langkah terakhir untuk mendapatkan pinjaman namun terlalu lama prosesnya maka Anda bisa dengan menjual barang berharga atau aset perusahaan dan pribadi untuk sementara mengembangkan bisnis tersebut.

Nah itu dia penjelasan pinjaman modal untuk pengembangan bisnis yang mungkin bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin, namun pengembangan dengan pinjaman harus dibarengi visi dan misi dari perusahaan yang Anda bangun.

Related Posts