Home Tabungan Pilihan Tabungan Pendidikan Anak Terbaik dan Cara Bukanya

Pilihan Tabungan Pendidikan Anak Terbaik dan Cara Bukanya

by Lara Nifa
tabungan pendidikan anak

Masa depan anak memang harus direncanakan sedini mungkin, apalagi dalam urusan pendidikan yang memang dikenal sangat mahal. Maka daripada itu, sebagai orang tua harus segera menyiapkan biaya pendidikan anak. Adapun perencanaan yang bisa Anda pilih yaitu tabungan pendidikan anak yang biasanya disediakan oleh bank. 

Pentingnya Tabungan Anak 

Selain merencanakan pendidikan anak, Anda juga akan mengajarkan anak untuk menabung. Hal ini sendiri dapat Anda lakukan dengan mengajak buah hati untuk membuka tabungan khusus untuk anak. Apa itu pengertian tabungan anak? Tabungan anak sendiri memang disediakan untuk membantu anak agar sadar pentingnya menabung. 

Dari pengertian tabungan anak tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, tabungan ini tidak berbeda jauh dengan tabungan konvensional lain. Hanya saja, biasanya tabungan untuk anak ini tidak tersedia fasilitas kartu ATM atau banking. Sehingga anak bisa melakukan penyetoran dengan nominal yang tidak terlalu besar. 

Dengan memahami manfaat serta pengertian tabungan anak, maka Anda sebagai orang tua akan menyadari bahwa mengajari anak semenjak dini untuk selalu bijaksana akan finansial sangatlah penting. Apalagi tabungan untuk anak ini sendiri dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan buah hati di masa depan. 

Manfaat Tabungan Pendidikan Anak

tabungan pendidikan anak terbaik

Adapun manfaat yang bisa Anda dapat ketika memilih menabung untuk pendidikan anak ini. Selain dari keamanan finansial di masa depan, ada keuntungan lain yang bisa diperoleh. Berikut ini adalah manfaatnya: 

  • Rasa disiplin menabung semakin besar 

Dengan adanya tabungan anak ini, maka Anda sebagai orang tua dan anak akan memiliki rasa disiplin menabung. Hal ini sendiri karena bunga ini mempunyai sistem yang mana Anda wajib menyetorkan uang untuk ditabung. 

Apalagi ada juga sistem autodebet yang akan menyetorkan uang secara otomatis dari rekening utama. Besaran untuk setoran tabungan ini sendiri beragam, tergantung dari berapa nominal yang akan Anda pilih serta jangka waktunya.

  • Resiko sangat kecil 

Karena Anda menabung di bank, maka tidak perlu khawatir uang akan hilang. Apalagi penyimpanan tercatat dengan sangat detail serta diawasi badan resmi negara. Selain itu, Anda juga tidak perlu takut lagi uang hilang atau terpakai. Karena kebanyakan system untuk tabungan pendidikan ini tidak bisa diambil sebelum jatuh tempo. Sehingga uang akan selalu aman dan terjaga hingga nanti cukup untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak. 

  • Setoran perbulan rendah 

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengikutsertakan buah hati di tabungan anak adalah dari setoran perbulan yang rendah. Kebanyakan bank akan memberikan setoran awal sebesar 100 ribu dan untuk setoran per bulan minimal nominalnya adalah 100 ribu rupiah. Tentu Anda bisa menambahkan jumlah nominal setoran perbulan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di bank yang Anda gunakan. 

  • Suku bunga tinggi 

Menabung di tabungan berjangka yang ditujukan untuk pendidikan anak sendiri akan memberikan keuntungan sendiri, di mana suku bunga yang diberikan termasuk tinggi. suku bunga tabungan khusus pendidikan anak sendiri bisa mencapai 6% per tahunnya. Tentu saja ini akan menjadi salah satu investasi untuk pendidikan anak yang tepat. 

Pilihan Tabungan Pendidikan Anak dan Cara Membukanya 

Ada pun beberapa pilihan tabungan pendidikan untuk anak, di mana setiap program yang diberikan oleh bank ini memiliki fitur yang berbeda-beda. Berikut ini adalah pilihan tabungan untuk pendidikan anak: 

  • Tabungan Pendidikan CIMB Niaga 

Bank pertama yang bisa Anda pilih untuk menyiapkan pendidikan anak adalah Tabungan Pendidikan CIMB Niaga. Bank yang satu ini memberikan suku bunga yang cukup besar per tahunnya yaitu hampir 5%. Selain itu, terdapat juga asuransi jiwa yang menjamin hingga 160 juta rupiah. 

Untuk setorannya pun dimulai dari 100 ribu rupiah per bulan dan CIMB Niaga tidak menetapkan batas waktu kapan tabungan ini akan jatuh tempo. Untuk membuka tabungan pendidikan di bank ini sendiri sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir pembukaan tabungan, KTP, sudah menjadi nasabah di CIMB Niaga dan berusia di atas 18 tahun. 

  • Britama Rencana BRI 

Bank BRI pun juga memiliki program tabungan berjangka yang bisa dipilih untuk menyiapkan dana pendidikan untuk anak yang bernama Britama Rencana. Tabungan ini sendiri memiliki kelebihan di mana suku bunganya mencapai 3,6% per tahun. Selain itu setoran awalnya hanya 100 ribu dan untuk setoran perbulannya mulai dari 100 ribu rupiah hingga 5 juta rupiah. 

Anda juga dapat memilih jangka waktu yang bisa dipilih dimulai dari setahun hingga dua puluh tahun lamanya. Untuk membukanya sendiri Anda juga hanya perlu menyiapkan identitas diri seperti KTP, mengisi formulir pembukaan tabungan, berusia minimal 17 tahun dan maksimal 64 tahun pada saat tabungan jatuh tempo. Lalu pastikan juga sebelumnya Anda sudah menjadi nasabah di Britama, Britama bisnis ataupun Giro. 

Itulah beberapa penjelasan tentang manfaat dan pilihan tabungan pendidikan anak yang bisa Anda siapkan. Di mana tentu saja nantinya akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk masa depan buah hati. 

Related Posts