Home Perencanaan Pilihan Produk Asuransi Bumiputera yang Perlu Diketahui

Pilihan Produk Asuransi Bumiputera yang Perlu Diketahui

by Greg Pascal
asuransi Bumiputera

Salah satu perusahaan asuransi yang bernaung dibawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah asuransi Bumiputera, yang menawarkan produk dan layanan inovatif mulai dari asuransi jiwa hingga asuransi pendidikan.

Asuransi jiwa Bumiputera menjadi salah satu produk yang menawarkan pilihan polis yang bisa dipertimbangkan. Lantas pilihan produk asuransi apa saja yang ada di Bumiputera?

Produk Asuransi Bumiputera

Sebelum melakukan pembelian asuransi, ketahui terlebih dahulu pilihan polis asuransi jiwa yang ditawarkan oleh Bumiputera yang terbagi dalam beberapa kategori beserta manfaatnya, diantaranya sebagai berikut:

Asuransi Jiwa Perorangan

Produk asuransi jiwa perorangan terbagi atas beberapa pilihan yang bisa dipilih oleh nasabah sesuai dengan kebutuhannya, adapun produk asuransi ini sebagai berikut:

1. Mitra Beasiswa

Produk asuransi ini dirancang untuk menunjang pendidikan anak agar bisa melanjutkan pendidikan selanjutnya, ketika orang tua mengalami risiko meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap.

Manfaatnya:

  • Dana Kelangsungan Belajar (DKB) dibayarkan secara bertahap berdasarkan tingkat usia anak
  • Dana beasiswa anak, akan dibayarkan saat periode asuransi berakhir
  • Santunan meninggal dunia 100 persen dari dana pertanggungan
  • Bebas premi dan pengembalian simpanan premi apabila tertanggung meninggal dunia bagi polis

2. Mitra Cerdas

Produk asuransi ini menyediakan biaya pendidikan yang berhubungan dengan investasi. Maka dana dirancang sebagai biaya pendidikan akan meningkat seiring dengan hasil investasi.

Manfaatnya:

  • Dana Kelangsungan Belajar (DKB) dibayarkan bertahap berdasarkan usia anak
  • Memperoleh jaminan hasil investasi sebanyak 4,5% per tahun dari akumulasi premi tabungan
  • Santunan kematian 100% dari uang pertanggungan
  • Bebas premi untuk tertanggung meninggal dunia

3. Mitra Proteksi Mandiri

Untuk anda yang punya profesi sebagai nelayan, petani atau pekerjaan lainnya, produk ini memberikan manfaat yang dapat memproteksi risiko.

Manfaatnya:

  • Pemegang polis pada saat habis kontrak akan menerima nilai tunai, apabila tertanggung masih hidup hingga akhir masa asuransi
  • Apabila tertanggung meninggal dunia pada masa asuransi, maka ahli waris yang akan menerima santunan sebesar dana pertanggungan yang meningkat saat meninggal

Asuransi Jiwa Kelompok

Produk asuransi jiwa yang bisa dipilih oleh nasabah selanjutnya adalah asuransi jiwa kelompok, apa itu? Berikut pilihan asuransi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

1. Asuransi Kredit

Asuransi ini memungkinkan memberikan perlindungan bagi mereka yang memiliki hutang kepada lembaga keuangan. 

Manfaat pertanggungannya seperti perlindungan bagi mereka yang berhutang kepada lembaga keuangan berupa pemberian jaminan atau santunan sebesar pinjaman, apabila peserta asuransi meninggal dalam periode asuransi

2. Asuransi Ekawaktu

Asuransi Ekawaktu memberikan perlindungan bagi karyawan terhadap risiko kematian yang terjadi pada periode tertentu

Manfaat pertanggungannya seperti bentuk perlindungan murni terhadap risiko kematian, berlaku untuk periode tertentu, dan perlindungan terhadap kemungkinan kerugian yang terjadi karena kematian karyawan.

asuransi Bumiputera

Baca Artikel Selanjutnya :

3. Asuransi Kecelakaan

Produk asuransi ini memberikan perlindungan bagi nasabah kumpulan atau pegawai perusahaan yang mengalami kecelakaan dalam jangka waktu satu tahun

Manfaat pertanggungannya seperti bentu santunan terhadap risiko kecelakaan pada periode asuransi

4. Asuransi Idaman

Produk asuransi idaman memberikan perlindungan bagi pegawai perusahaan dalam jangka waktu tertentu hingga maksimal 30 tahun, berupa santunan meninggal dunia.

Manfaat pertanggungan berupa bentuk santunan dan uang tunai apabila peserta meninggal pada periode asuransi.

Asuransi DPLK

Produk asuransi DPLK merupakan asuransi yang diperuntukan bagi nasabah yang akan memasuki masa pensiun. Manfaat yang bisa dirasakan berupa 100 kali kontribusi bulanan dari DPLK apabila anggota meninggal dunia.

Kemudian pertanggungannya berupa manfaat 300 kali kontribusi bulanan dari DPLK, apabila anggota meninggal dunia karena kecelakaan.

Cara Klaim Asuransi Bumiputera

Nasabah yang akan mengajukan klaim maka harus mengisi formulir klaim yang dibutuhkan, tentunya dengan menyertakan dokumen pendukung, kemudian dokumen tersebut dikirim ke kantor cabang.

Apabila pemegang polis meninggal dunia, maka ahli waris atau keluarga segera informasikan ke pihak Bumiputera, agar klaim asuransi bisa dialihkan kepengurusannya.

Adapun persyaratan pengajuan klaim meninggal dunia: 

  1. Menyiapkan polis asli atau fotokopi
  2. Tanda bukti pembayaran premi terakhir
  3. Surat keterangan kematian dari RT/RW, yang telah dilegalisir oleh camat atau lurah
  4. Pengajuan klaim atas kematian
  5. Surat keterangan kesehatan dari dokter bila pemegang polis meninggal karena penyakit
  6. Fotokopi kartu keluarga
  7. Surat kuasa dari ahli waris
  8. Surat keputusan mengenai perwalian dari pengadilan negeri jika ahli waris belum memenuhi persyaratan

Yang Perlu Diketahui

Pada saat artikel ini dibuat, berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber. Bumiputera sedang mengalami masalah terutama dalam kondisi keuangannya, yang tidak memiliki kemampuan membayar klaim nasabah segera.

Bumiputera memang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hanya saja saat ini sedang terjerat masalah yang untuk sementara tidak direkomendasikan untuk membeli produk asuransinya, karena cukup berisiko. Semoga permasalahan tersebut bisa selesai dan kembali hadir dengan strategi baru.

Terdapat berbagai macam produk asuransi Bumiputera yang sebenarnya bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan perlindungan dari berbagai risiko, mulai dari asuransi jiwa hingga asuransi pendidikan yang memberikan manfaat bagi pesertanya.

Related Posts