Home Investasi Pilihan Instrumen Investasi Untuk Mahasiswa

Pilihan Instrumen Investasi Untuk Mahasiswa

by Lara Nifa
Investasi untuk Mahasiswa

Dengan banyaknya pilihan investasi sekarang ini? Ada tidak sih Investasi untuk Mahasiswa? Apakah mahasiswa bisa dan boleh berinvestasi? Kamu sebagai mahasiswa pasti masih memiliki keterbatasan dalam hal dana. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja masih ada yang mengandalkan orang tua. 

Namun pasti ada juga yang sudah memiliki penghasilan sendiri seperti bekerja paruh waktu. Tapi dari penghasilan itu pasti untuk memenuhi kebutuhan kuliah terlebih dahulu dan tidak akan memikirkan untuk berinvestasi. Apalagi mungkin banyak yang masih mengira bahwa yang berinvestasi itu hanya untuk orang-orang yang sudah mempunyai pendapatan stabil.

Tips Memilih Instrumen Investasi untuk Mahasiswa

Kamu sebagai mahasiswa sebenarnya sudah dapat berinvestasi, lho. Dengan dana kamu yang terbatas, kamu harus mengetahui bagaimana cara memilih instrumen investasi yang cocok dengan kondisi keuanganmu. Berikut ini adalah tips memilih investasi yang tepat:

  1. Keuangan

Cek kemampuan keuangan yang kamu miliki. Karena setiap orang itu memiliki kemampuan keuangan yang berbeda – beda. Maka dari itu instrumen investasi yang cocok untuk setiap orang pasti berbeda. 

  1. Instrumen Investasi

Cari instrumen investasi yang sesuai dengan kemampuan dana yang sudah kamu miliki dan persiapkan. 

  1. Seluk Beluk

Jika kamu sudah memiliki dana dan sudah menemukan investasi yang cocok buat kamu, kamu dapat mulai mempelajari investasi tersebut. Kamu harus membandingkan produk investasi yang kamu pilih sedetail mungkin karena setiap instrumen investasi memiliki tingkat resikonya masing – masing. 

Sebagai mahasiswa, banyak hal yang harus kamu pahami dalam berinvestasi. Dengan memahami investasi, dapat bermanfaat bagi kamu, karena kamu akan memiliki banyak peluang untuk belajar dan menemukan sumber – sumber pembelajaran yang baru.

Pilihan instrumen investasi

Investasi untuk Mahasiswa

Setelah kamu mengikuti tips – tips diatas, berikut adalah beberapa instrumen investasi yang dapat kamu pilih. Yaitu :

  1. Reksadana

Kamu dapat memilih investasi Reksadana. Dimana dalam investasi Reksadana ini uang kamu akan dikelola oleh seorang manajer investasi yang sudah berpengalaman di bidang investasi dan uang kamu akan diputarkan di beberapa produk investasi yang berbeda.

Skema dari investasi Reksadana ini adalah dengan cara manajer investasi mengumpulkan dana dari para calon nasabah dan kemudian dana yang sudah terkumpul tersebut akan diinvestasikan ke sejumlah investasi seperti investasi saham. Dan kamu akan mendapatkan laporan berkala dari manajer investasi.

  1. Emas

Investasi emas juga sangat cocok yang bisa kamu pilih dan coba. Kenapa investasi emas? Karena sifatnya lebih fleksibel dan kamu bisa memilih serta memperoleh beberapa ukuran yang sesuai dengan budget atau dana yang kamu miliki. Emas pun umumnya memiliki harga yang cenderung stabil dan bahkan bisa mengalami peningkatan harga setiap waktunya.

  1. Deposito

Deposito adalah pilihan investasi yang pas bagi kamu yang ingin mencoba dahulu karena deposito umumnya memiliki bunga pendapatan yang stabil. Kamu dapat mencari bank yang menawarkan bunga tinggi, jadi keuntungan yang bisa kamu peroleh juga banyak.

Perlu diingat bahwa bunga yang akan kamu peroleh akan sangat tergantung dari jumlah uang yang kamu investasikan. Semakin banyak uang yang kamu investasikan , maka semakin banyak pula keuntungan yang akan kamu dapat.

  1. P2P Lending (Peer to Peer Lending)

Kamu bisa mencoba program investasi untuk mahasiswa di Peer to Peer (P2P) ini. Karena modal yang diperlukan tidak besar. Kamu bisa mengeluarkan investasi dengan modal minimal ratusan ribu rupiah saja. 

Skemanya adalah nantinya kamu akan berperan sebagai pihak yang meminjamkan modal kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui media sebuah platform P2P Lending. Keuntungan maksimal yang mungkin kamu peroleh sebesar 20% . Skema ini juga tidak memberlakukan jaminan namun tetap aman.

  1. ORI (Obligasi Ritel Indonesia)

Investasi yang satu ini adalah investasi yang cocok untuk mahasiswa karena produk investasinya adalah surat hutang dengan jumlah tertentu dan akan dibayarkan pada periode tertentu oleh negara kepada individu atau dapat dengan dijual secara ritel dan nantinya akan dibeli melalui sebuah platform digital bank – bank besar dan juga perusahaan sekuritas.

Keuntungan yang akan kamu dapat dari ORI (Obligasi Ritel Indonesia) ini adalah dari bunga yang akan diberikan secara rutin dan dari kenaikan harga ORI (Obligasi Ritel Indonesia) yang berasal dari pasar sekunder.

Tipe Investasi yang Harus Dihindari

Selain 5 pilihan investasi diatas, kamu juga perlu teliti dan cermat dalam menghindari investasi yang tidak dapat dipercaya , seperti :

  • Investasi yang menawarkan keuntungan yang sangat tinggi,
  • Investasi yang tidak mempunyai dasar hukum yang jelas. Tidak terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK),
  • Investasi yang tidak jelas produk dan pola bisnisnya.

Demikian beberapa tips dan beberapa jenis Investasi untuk Mahasiswa yang bisa kamu pilih dan pelajari. Semakin dini kamu memulai investasi, keuntungan yang kamu peroleh tentunya akan semakin besar. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kamu.

Related Posts