Home Investasi Pilihan Instrumen Investasi Paling Menguntungkan dengan Risiko Rendah

Pilihan Instrumen Investasi Paling Menguntungkan dengan Risiko Rendah

by Lara Nifa
investasi paling menguntungkan

Berinvestasi memang menjadi salah satu cara untuk mengamankan kebutuhan finansial di masa depan. Banyak sekali instrumen investasi yang dapat dipilih, tapi hanya ada beberapa saja yang mempunyai resiko rendah. Dalam artikel ini sendiri akan disebutkan beberapa pilihan investasi paling menguntungkan dengan resiko rendah. 

Pilihan Investasi Paling Menguntungkan Beresiko Rendah 

Tentu saja dalam berinvestasi yang diincar adalah keuntungan. Namun, pada kenyataannya berinvestasi adalah salah satu kegiatan yang memiliki resiko. Di bawah ini sendiri ada beberapa pilihan investasi dengan untung besar, tapi resikonya cukuplah rendah. Berikut pilihannya: 

  • Reksadana 

Instrumen investasi pertama yang rendah resiko adalah reksadana. Investasi yang satu ini tergolong baru dan sedang populer pada saat ini. Reksadana sendiri bisa didapatkan dengan modal yang sangat minim, di mana investor pun tidak perlu khawatir karena adanya manajer investasi yang akan mengawasi. 

Dalam berinvestasi di reksadana, Anda sendiri tidak perlu lagi memikirkan strategi apa saja yang diperlukan. Di mana Anda hanya tinggal mengawasi pergerakan pasar modal yang ada. Walaupun hasil keuntungan reksadana sendiri tidak terlalu besar seperti investor pada perusahaan besar, namun secara garis besar ada keuntungan yang tentu saja dapat Anda peroleh secara berkala. 

  • Emas 

Salah satu jenis investasi yang sudah dilakukan semenjak lama adalah investasi emas. Untuk investasi yang satu ini termasuk yang masih banyak dilakukan, di mana memang harga emas sendiri terbilang stabil bahkan bisa terus bertambah tinggi. Dengan harga yang tidak pernah turun terlalu jauh, investasi emas tergolong sangat minim resiko. 

Untuk memulai investasi yang satu ini sendiri bisa dengan cara menabung emas atau membeli emas di agen resmi. Anda dapat membeli emas dengan ukuran paling minim hingga paling mahal, di mana jika Anda tidak mempunyai modal yang cukup besar bisa membeli emas dengan ukuran kecil. Di mana ketika harga emas sedang turun bisa Anda beli dan saat harga emas naik, maka Anda bisa menjual agar bisa membeli jumlah emas yang lebih besar. 

  • Deposito 

Investasi selanjutnya yang juga termasuk minim resiko adalah deposito. Jenis investasi yang satu ini sangatlah popular di kalangan masyarakat. Di mana dengan mendepositokan sejumlah dana, Anda dapat mendapatkan keuntungan dari bunga per tahun yang diberikan. Bunganya sendiri cukuplah besar, yaitu hingga 5% per tahunnya. 

Deposito sendiri adalah jenis tabungan, di mana Anda bisa menyimpan sejumlah dana dengan jangka waktu yang berbeda-beda. Perhitungan bunga sendiri bergantung dari dana yang didepositokan serta jangka waktu yang Anda pilih. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak mengambil tabungan ini sebelum waktu jatuh tempo. Di mana jika Anda mengambil sebelum waktu yang ditentukan maka akan biaya pinalti yang harus dibayarkan. 

  • P2P 

Jenis investasi P2P atau Peer to Peer adalah investasi beresiko rendah yang bisa Anda pilih. Saat ini sendiri jenis investasi yang satu ini sangatlah popular dikalangan investor pemula. Sistemnya sendiri sangatlah mudah, Anda disini nantinya akan memberikan pinjaman dana kepada yang membutuhkan sejumlah dana untuk modal. Dalam hal ini sendiri yang membutuhkan biasanya adalah UMKM baru. 

investasi rendah resiko

Nantinya para peminjam ini sendiri akan mengajukan pinjaman lewat platform P2P yang Anda ikuti, di mana keuntungan yang diterima adalah pengembalian dana beserta dengan bunga yang sudah ditentukan. Adapun yang memberikan sistem keuntungan bagi hasil layaknya seorang investor pada sebuah perusahaan. 

Namun, perlu diingat bahwa untuk bisa berinvestasi di P2P adalah menemukan platform yang terpercaya. Selain itu Anda juga harus menanamkan investasi ke UMKM yang memang sekiranya dapat dipercaya serta memiliki reputasi yang sekiranya sudah jelas. 

  • Investasi dollar 

Investasi selanjutnya yang juga memiliki resiko sangat minim adalah investasi dollar. Investasi dalam mata uang asing yang satu ini memang cukup familiar. Untuk berinvestasi dollar sendiri Anda harus bisa memahami kapan waktu untuk membeli ataupun menjualnya. Selain itu, Anda juga harus bisa melakukan analisa yang tepat agar tidak salah langkah. 

Walaupun terbilang tidaklah mudah, tapi investasi ini sangat diminati karena dollar selalu stabil dan tidak terlalu dipengaruhi oleh fluktuasi. Maka dari pada itulah banyak sekali masyarakat yang lebih memilih investasi mata uang dengan dollar karena resiko yang tidak terlalu tinggi dan selalu dapat bisa diawasi dengan mudah. 

Untuk memulai investasi yang satu ini sendiri, Anda bisa melakukannya melalui bank atau money changer yang terpercaya dan juga sudah bersertifikat. Hal ini sendiri dikarenakan banyak sekali uang dollar palsu yang beredar dan ini sangatlah merugikan jika Anda tidak berhati-hati. 

Itulah beberapa jenis investasi paling menguntungkan dengan resiko rendah yang bisa Anda pilih. Di mana pada dasarnya investasi adalah hal yang penuh resiko walaupun persentasenya berbeda-beda. Hal paling penting saat Anda berinvestasi adalah mengetahui cara main atau aturan dari setiap investasi yang Anda pilih.

Related Posts