Home Perencanaan Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia, Wajib Punya!

Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia, Wajib Punya!

by Greg Pascal
Perusahaan Asuransi

Tidak sedikit yang berpikir bahwa membeli premi asuransi adalah salah satu bentuk investasi. Ya, banyak keuntungan yang diberikan oleh asuransi dengan memberikan perlindungan finansial. Bila Anda berniat untuk membeli preminya, berikut ini ada daftar perusahaan asuransi terbaik.

Perusahaan asuransi ini disebut sebagai terbaik dari berbagai faktor. Mulai dari kepuasan nasabahnya atau juga pemilik premi asuransinya, pelayanan yang diberikan serta juga berbagai produk asuransi yang ditawarkan.

Keuntungan Memiliki Asuransi

  1. Memiliki perlindungan finansial sehingga tidak mengalami kerugian finansial yang lebih besar
  2. Dapat mempertahan kan kesejahteraan hidup apabila terjadi kemalangan menimpa
  3. Sebagai investasi masa depan, seperti asuransi pensiun dan beberapa produk lainnya

Mengapa Memilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Kita wajib berhati-hati dalam memilih perusahaan asuransi. Pasalnya tidak sedikit perusahaan asuransi abal-abal yang tidak bertanggung jawab. Pemilik asuransi akan mengalami kerugian mulai dari kehilangan dana investasinya serta tidak mendapatkan perlindungan sama sekali.

Oleh karena itulah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih perusahaan asuransi dimana Anda bisa menginvestasikan dana dengan aman. Berikut yang perlu Anda perhatikan:

1. Terdaftar di OJK

Yang harus Anda perhatikan pertama dalam menyeleksi perusahaan asuransi adalah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kita bisa melakukan survey sederhana dengan menggunakan mesin pencari di internet untuk memastikan hal tersebut.

2. Periksa Rekam Jejak Perusahaan

Memanfaatkan internet untuk mengecek kualitas perusahaan asuransi sangatlah membantu. Kita bisa melacak apakah perusahaan asuransi tersebut adalah perusahaan asuransi yang sedang bermasalah atau tidak. Apakah ada kasus atau tidak, hingga cidera janji atau tidak.

3. RBC Tinggi

Selanjutnya, kita bisa memeriksa tingkat kesehatan perusahaan asuransi dengan memperhatikan Risk Based Capital (RBC). Syarat minimal RBC atau rasio solvabilitas untuk perusahaan asuransi adalah sebesar 120%. Bila RBC berada di bawah 120% maka dikhawatirkan perusahaan tidak sehat.

4. Jaringan Luas

Perusahaan asuransi yang baik akan memiliki jaringan yang luas. Jaringan tersebut mulai dari hal operasional (kantor cabang) hingga kemitraan dengan berbagai rekanan. Adanya jaringan tersebut akan memudahkan kita untuk melaporkan apabila terjadi masalah.

perusahaan asuransi

Baca Arrtikel Selanjutnya :

Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia

1. AIA Financial

AIA Financial merupakan anak perusahaan dari AIA Group yang juga merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia. AIA Financial merupakan perusahaan asuransi jiwa yang sudah terdaftar dan serta diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

2. Allianz

Allianz (Allianz Life; NYSE: AZ) adalah perusahaan jasa keuangan multinasional yang berbasis di di Munich, Jerman. Pada 2013, Allianz masuk dalam perusahaan terbesar ke-25 dunia menurut majalah Forbes. Allianz yang pertama kali berdiri tahun 1890 ini sudah terdaftar di OJK.

3. AXA Mandiri

AXA Mandiri Financial Services atau yang juga dikenal dengan AXA Mandiri merupakan salah satu perusahaan Asuransi Jiwa terbaik yang sudah berdiri sejak tahun 1991. Perusahaan asuransi yang berkantor pusat di Jakarta ini juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

4. Prudential

Prudential Life Assurance merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 1995 di bawah naungan Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. Memiliki pengalaman lebih dari 168 tahun di industri asuransi jiwa, Prudential Indonesia sangat direkomendasikan.

5. Cigna

Cigna Indonesia adalah salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Didirikan pada tahun 1990, Cigna Indonesia merupakan anak dari Cigna Corporation, salah satu perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di AS.

6. FWD Life

FWD Life adalah perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group. Tidak hanya produk asuransi, perusahaan ini juga menawarkan produk investasi, asuransi, dan asuransi, dan asuransi, dan asuransi kesehatan. FWD Group memiliki jaringan di berbagai negara.

7. Manulife Indonesia

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia adalah bagian dari Manulife Financial Corporation yang merupakan grup penyedia layanan keuangan asal Kanada. Manulife Indonesia menawarkan berbagai layanan keuangan termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, dan lainnya.

8. Generali Indonesia

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia merupakan bagian dari Generali Group yang didirikan pada tahun 1831, di Trieste, Italia. Generali Group sendiri merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Eropa sehingga selain terkemuka namun juga sudah dipercaya sebagai penyedia asuransi.

9. Sequis Life

PT Asuransi Jiwa Sequis Life berdiri di tahun 1984 dengan nama PT Universal Life Indonesia di bawah naungan Gunung Sewu. Kemudian namanya berubah menjadi Sewu New York Life di tahun 1992. Di tahun 2003 seluruh saham NYL diakuisisi berganti nama menjadi Sequis Life.

Itulah beberapa daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan untuk perlindungan dan juga investasi Anda di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Posts