Home Tips Pertanyaan Wawancara Kerja yang Sering Keluar dan Cara Menjawabnya

Pertanyaan Wawancara Kerja yang Sering Keluar dan Cara Menjawabnya

by Lara Nifa
lolos interview kerja

Memilih perusahaan untuk masuk biasanya melibatkan proses yang berbagai macam dan tingkat. Pada banyak tingkatan, satu hal yang sangat menentukan, yaitu pertanyaan wawancara kerja. Wawancara kerja adalah salah satu tahapan yang paling menantang dan kompleks dalam pencarian kerja. Karena pada tahap ini evaluator dapat dengan jelas melihat kepribadian dan kinerja seseorang, kemudian menilai apakah orang tersebut cocok untuk masuk dan bekerjasama dengan perusahaan dimana Anda melamar pekerjaan tersebut.

Selama wawancara kerja, Anda sebagai pelamar akan bertemu dengan bagian pengembangan sumber daya manusia atau bagian HRD, atau bahkan bertatap muka langsung dengan pimpinan perusahaan tersebut. Siapa pewawancara yang berhadapan dengan Anda tergantung pada peraturan atau kebutuhan, dan posisi yang Anda ajukan.

Pentingnya Sesi Wawancara Kerja

Wawancara atau interview kerja ini akan sangat penting dan krusial, karena pada tahap ini pihak perusahaan ingin mengetahui berbagai hal tentang diri Anda. Maka dari itu, kami menyarankan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum melakukan tahap tersebut. Bentuk dari persiapan diri terbaik sebelum melakukan tahap wawancara alah dengan cara mengetahui beberapa jenis pertanyaan yang sering ditanyakan pada sesi wawancara kerja dan mempersiapkan jawaban atas berbagai pertanyaan tersebut. 

Terkadang, beberapa pertanyaan wawancara sulit untuk dijawab. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan pertanyaan pada wawancara atau interview kerja, kami akan membahas mengenai beberapa pertanyaan wawancara sering muncul pada sesi wawancara kerja.

4 Pertanyaan Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

tips lolos interview kerja

  • Bisa Ceritakan Mengenai Diri Anda Sendiri?

Saat Anda melihat pewawancara memasuki ruangan, maka Anda akan sedikit  gugup. Ditambah dengan pertanyaan wawancara pertama langsung membawa Anda menjadi seseorang manusia biasa. Informasi rinci tentang riwayat pekerjaan sudah ada CV yang Anda sertakan. Oleh karena itu, Anda dapat berfokus untuk memberi tahu diri sendiri tentang kepribadian atau minat Anda yang terkait dengan pekerjaan pada bidang tertentu.

Pertanyaan wawancara atau interview kerja ini dapat membantu Anda membuat pewawancara / HRD memahami ekspektasi Anda dan bagaimana Anda bekerja. Walaupun kelihatannya sederhana, pertanyaan ini sangat krusial. Kuncinya adalah tidak membaca CV yang sudah Ada. 

Sebaliknya, berikan informasi yang jelas dan menarik dan jelaskan mengapa Anda layak mendapatkan pekerjaan itu. Mulailah dengan dua atau tiga pencapaian atau pengalaman terbaik Anda, dan akhiri dengan pengalaman terbaru yang memberi Anda status, posisi, atau posisi Anda saat ini.

  • Kenapa Perusahaan ini Harus Menerima Anda?

Mungkin pertanyaan ini tampak sangat terus terang, dan sangat lugas. Namun Anda harus tetap yakin dan percaya diri, karena jika Anda ditanyakan mengenai hal ini, sebenarnya ini adalah kesempatan terbaik untuk Anda. Karena inilah saat yang tepat untuk menunjukkan keahlian Anda kepada pewawancara.

Usahakan untuk memberi jawaban pada pewawancara yang menyangkut 3 aspek penting, tidak hanya untuk bekerja layaknya karyawan pada umumnya, tetapi Anda dapat melakukan yang terbaik, Anda dapat dengan mudah menyesuaiakan diri dengan tim dan budaya kerja di perusahaan tersebut, dan dibandingkan dengan kandidat lain, Anda adalah pilihan terbaik.

Namun, jangan lupa bahwa masih banyak orang lain yang mungkin memiliki keunggulan lain dari Anda. Makan Anda harus Mengedepankan ide baru, dan jika diterima dikemudian hari, bawalah ide tersebut ke perusahaan.

  • Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan yang Anda miliki?

pertanyaan ini apa Anda jawab dengan tepat dengan membagikan kekuatan Anda yang sebenarnya, tanpa perlu berlebihan. Anda juga harus tetap relevan dengan memilih kelebihan yang paling relevan dengan posisi  yang Anda cari. Berikan jawaban yang merinci dan jangan yang bersifat umum.

Jawaban atas diri Anda dapat melakukan berbagai hal, untuk sekarang ini sudah tidak lagi memenuhi persyaratan pewawancara. Pertanyaan wawancara kerja ini sering ditanyakan karena pihak perusahaan benar-benar ingin tahu seberapa baik Anda mengetahui potensi yang Anda milik.

Anda dapat mendeskripsikan jawaban atas pertanyaan wawancara ini secara terpisah dari tiga aspek kekuatan dan kelemahan. Beri tahu mengenai hal yang benar-benar bisa Anda kuasai dan cukup berhasil dalam pekerjaan Anda selama ini. Guna mendeskripsikan kekurangan yang Anda miliki, maka Anda dapat memberikan jawaban diplomatis dan memberikan solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut.

  • Berapa Gaji yang Anda inginkan?

Prinsip utama untuk menjawab pertanyaan ini adalah terlebih dahulu mempersiapkan penelitian tentang kisaran gaji untuk posisi yang Anda lamar. Sebaiknya  Anda masukkan nominal gaji dalam bentuk range. Menurut latar belakang pendidikan, pengalaman dan keterampilan Anda, tentukan kisaran yang masuk akal.

Kemudian, pastikan pewawancara tahu bahwa Anda bisa bernegosiasi dengan lebih fleksibel. Misalkan Anda tahu bahwa keterampilan Anda berharga, dan Anda menginginkan pekerjaan itu dan bersedia bernegosiasi. Untuk pertanyaan wawancara ini jawablah sesuai konteks pekerjaan Anda.

 

Related Posts