Home Administrasi Persyaratan dan Cara Membuat e-Visa India

Persyaratan dan Cara Membuat e-Visa India

by Greg Pascal
e-Visa India

Anda ingin berwisata ke India? Sekarang sudah lebih mudah karena sudah ada visa elektronik atau e-Visa ke India. Berikut adalah persyaratan dan cara atau langkah-langkah membuat e-Visa India untuk Anda.

Saat berkunjung ke negara orang, pastinya setiap orang membutuhkan visa, termasuk kalau ingin ke India. Untuk warga negara Indonesia (WNI), visa India harus dibuat terlebih dahulu atau disebut visa pre arrival sebelum sampai ke negara tersebut.

Pada pertengahan tahun 2018, diumumkan bebas biaya visa bagi turis Indonesia yang ingin berkunjung ke India oleh Perdana Menteri, India N. Modi. India sangat menarik untuk dikunjungi dan diminati orang-orang Indonesia untuk dikunjungi. Ditambah lagi dengan banyaknya tiket promo ke India.

Dengan ini, turis Indonesia yang ingin traveling ke India masih perlu visa, hanya saja sudah gratis atau tidak dipungut biaya. Tidak hanya untuk Indonesia, India juga memberikan bebas biaya visa kepada beberapa negara lain, seperti Tonga dan Papua Nugini.

Syarat Pembuatan Visa India

Prosesnya pun sekarang lebih mudah dengan visa elektronik atau e-Visa India secara online. Untuk itu, ada beberapa persyaratan untuk membuat visa dan e-Visa India yang harus dilakukan terlebih dahulu. Berikut adalah syarat membuat visa India secara online yang harus dilengkapi sesuai situs www.indianvisaonline.gov.in.

  1. Syarat utamanya adalah masa berlaku paspor sebelum waktu kadaluarsa minimal enam bulan. Wisatawan juga harus sudah punya tiket pesawat kembali dari India. Harus juga mempunyai uang dalam jumlah yang cukup selama berada di India.
  2. Minimal empat hari sebelum kedatangan atau lebih lama dari itu melakukan pelampiran visa online. Dan juga tanggal kedatangan tidak lebih dari 120 (seratus dua puluh) hari sebelum melampirkan visa online.Misalnya kedatangan ke India mulai dari 5 September – 2 Januari, maka melampirkannya tanggal 1 September
  3. Untuk kebutuhan visa turis dibutuhkan pindai (scan) halaman depan paspor yang berisi foto dan data diri. Untuk keperluan bisnis, medis, konferensi atau di luar kunjungan turis, akan ada tambahan dokumen lain.
  4. Siapkan pas foto berwarna dengan latar belakang putih berukuran 4×6 sebanyak tiga lembar dengan lapisan tidak mengkilat (matte) untuk di-upload pada keperluan formulir aplikasi. Size data foto harus di bawah 1 MB.
  5. Khusus untuk turis e-Visa India berlaku 60 hari sejak kedatangan. Kedatangan ulang diperbolehkan asal masih dalam jangka waktu kunjungan. Perlu diingat juga bahwa e-Visa India hanya berlaku di 30 bandara kedatangan dan lima pelabuhan di India.
  6. Fotocopy rekening koran atau buku tabungan berisis bukti keuangan selama 3 bulan terakhir.
  7. Lampirkan fotocopy surat ganti nama apabila nama yang tertera di paspor berbeda.
  8. Lampirkan fotocopy akte nikah apabila istri atau suami ikut bepergian.
  9. Lampirkan fotocopy kartu keluarga
  10. Jika anak juga ikut bepergian dan masih sekolah, maka lampirkan fotocopy kartu pelajar, akte kelahiran, print out reservasi tiket, tiket hotel, dan formulir yang telah diisi dan ditandatangani pemohon (formulir ditandatangani kedua orang tua untuk anak yang belum mempunyai KTP).
  11. Berhati-hatilah dengan situs palsu pendaftaran e-visa yang meminta biaya. Jangan lupa, biaya e-visa India untuk turis Indonesia tidak dipungut biaya alias gratis!

e-Visa India

Baca Artikel Selanjutnya :

Langkah-langkah Pembuatan E-Visa India

Setelah mengetahui syarat membuat e-Visa India, berikut adalah langkah-langkah atau cara membuat e-Visa India.

  1. Masuk ke situs resmi www.indianvisaonline.gov.in, pilih e-Visa application (aplikasi e-visa). Ada beberapa pilihan tipe paspor seperti ordinary passport, official passport, service passport, diplomatic passport, dan special passport. Kalau masih berstatus warga biasa maka pilih ordinary passport. Untuk port of arrival, ada 30 bandara kedatangan dan lima pelabuhan yang menerima kunjungan dengan e-Visa.
  2. Isi form e-visa berikutnya sesuai data diri pribadi dan paspor. Jangan lupa catat Temporary Application ID untuk bisa melanjutkan form kalau belum terisi lengkap.
  3. Akan ada pertanyaan mengenai tempat wisata atau daerah yang akan dikunjungi selama berada di India dan nomor kontak rekan atau tempat menginap saat berwisata di India. Akan diminta juga mengisi data alamat, nama orang tua, dan data pekerjaan. 
  4. Kemudian akan diminta upload foto dan halaman bagian depan paspor. Perlu diingat bahwa persyaratannya maksimal ukuran foto adalah 300kb untuk di-upload.
  5. Periksa kembali kelengkapan formulir, apakah sudah tidak ada yang salah.
  6. Ketika sudah selesai mengisi formulir, tinggal menunggu kabar e-Visa yang diajukan lolos atau tidak lolos. Jika lolos, dalam waktu 3 x 24 jam, dokumen e-visa akan dikirim via email.

Perlu diingat bahwa semua e-visa India harus dilampirkan sebelum keberangkatan (visa pre arrival) baik visa online maupun yang dibuat di Kedutaan Besar/Konsulat Jenderal India di Indonesia. Jadi itulah syarat dan cara untuk membuat e-Visa India bagi WNI. Semoga bermanfaat!

Related Posts