Home Karir Persiapan Untuk Kamu yang Ingin Jadi Content Creator

Persiapan Untuk Kamu yang Ingin Jadi Content Creator

by Lara Nifa

Kamu sering melihat video seseorang di Youtube atau foto  dan clip menarik di feed Instagram atau Tiktok? Yes, mereka adalah seorang content creator. Saat ini, profesi sebagai seorang content creator sedang booming.

 

Kamu pun bisa menjadi seorang content creator. Karena profesi content creator tidak mengenal batasan usia dan jenis kelamin, Siapapun bisa menjadi seorang content creator.

 

Mengenal Content Creator

Sebenarnya siapa sih seorang content creator itu? Apa saja yang menjadi job desk seorang content creator? Lantas apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang content creator? Yuk disimak terus.

 

Content creator adalah sebutan buat seseorang yang pekerjaannya membuat konten untuk diposting di media sosial dengan tujuan untuk membangun citra sebuah brand atau pun citra seorang tokoh publik. Konten yang dibuat oleh para content creator ini kemudian dibagikan di berbagai media sosial yang ada.

 

Seorang content creator biasanya memiliki target audiensnya masing-masing sesuai dengan konten yang dibuat oleh content creator. Kontennya pun beragam jenisnya, mulai dari hiburan atau entertainment, olahraga, edukasi, motivasi hingga kecantikan. Dibutuhkan kreativitas untuk membuat konten yang unik dan dapat diterima oleh para audiens.

Di dunia marketing, kita pernah mendengar istilah konten adalah raja. Konten yang unik dan menarik adalah salah satu kunci untuk membuat suatu brand dikenal dan diterima di masyarakat. 

Langkah menjadi seorang content creator

Buat kamu yang tertarik untuk menjadi seorang content creator, berikut beberapa langkah yang bisa kamu persiapkan  untuk menjadi seorang content creator yang sukses.

1. Mengenali Audiens

Sebelum kamu mulai membuat konten, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset target audiens. Kamu perlu memikirkan siapa yang akan nanti melihat konten kamu. Dengan demikian kamu dapat membuat konten yang sesuai dan bisa diterima oleh para audiens kamu nantinya.

2. Memilih Platform Media Sosial

Setelah menentukan siapa audiens kamu dan konten seperti apa yang kamu rasa cocok untuk mereka, Langkah selanjutnya kamu perlu memilih platform media sosial apa yang akan kamu pakai untuk membagikan konten kamu dan efektif untuk menjangkau audiens kamu.

Ada berbagai jenis media sosial yang bisa kamu pilih. Setiap media sosial mempunyai karakteristiknya masing-masing. Pilihlah platform media sosial yang paling cocok untuk konten kamu. 

Beberapa platform media sosial yang bisa kamu gunakan seperti youtube, Tiktok, Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Kamu bisa membuat konten dalam bentuk tulisan, foto maupun video.

3. Mulai Dari Passion Kamu

Ada berbagai macam konten yang bisa kamu temukan di platform media sosial. Jadi, pastikan kamu tau konten apa yang akan kamu buat. Beberapa jenis konten yang banyak di media sosial seperti gaming, finansial, kecantikan, olahraga dan lain sebagainya.

Kamu yang bingung menentukan konten kamu, kamu bisa mulai membuat konten sederhana dari passion atau hobi kamu. Jika kamu menyukai kuliner dan memasak, kamu bisa membuat konten tentang proses membuat sebuah masakan, atau sejarah masakan tersebut. Bisa juga kamu mereview tempat makanan di berbagai tempat karena kamu hobi kuliner.

4. Konsisten Dan Selalu Aktif

Sebagai seorang content creator, kamu dituntut untuk selalu aktif di media sosial. Bangunlah jaringan pertemanan kamu dengan content creator lainnya. Konsistenlah dalam memposting konten kamu dan aktiflah berinteraksi dengan audiens kamu agar nama kamu semakin dikenal.

Cobalah untuk berkolaborasi dengan content creator lain untuk memperluas wawasan kamu dan mencari sumber inspirasi dan ide baru. Kamu juga bisa belajar dari content creator lain bagaimana cara mereka membuat konten mereka dan juga bagaimana meningkatkan engagement di media sosial.

5. Selalu Up To Date

Menjadi seorang content creator, kamu juga dituntut untuk selalu update dengan tren yang sedang ada. Terlebih jika tren yang berlangsung berhubungan dengan konten kamu. 

Rajinlah mencari berita terbaru terkait dengan bidang konten yang kamu buat. Dengan begitu konten kamu tidak akan usang dan ketinggalan serta akan selalu update sehingga disukai oleh para audiens.

6. Catat Setiap Ide

Ide bisa datang kapan saja, ketika kamu beraktivitas atau ketika kamu menyaksikan suatu hal dalam keseharian kamu kadang ide muncul begitu saja. Kadang kamu juga perlu meluangkan waktu kamu sejenak untuk memikirkan ide konten kamu.

Bawalah catatan kecil kemanapun kamu pergi atau kamu bisa menggunakan smartphone kamu untuk mencatat setiap ide yang datang. Apapun idenya walaupun terdengar konyol sekalipun, tetaplah kamu catat dan simpan untuk kamu olah nantinya menjadi sebuah konten yang menarik.

Demikianlah beberapa persiapan untuk kamu yang ingin menjadi seorang content creator. Dibutuhkan ketekunan dan kerja keras untuk menjadi seorang content creator handal. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Related Posts