Home Perencanaan Perkiraan Jasa Renovasi Rumah Bandung Harian dan Borongan

Perkiraan Jasa Renovasi Rumah Bandung Harian dan Borongan

by Lara Nifa
jasa renovasi rumah Bandung

Bagi Anda yang ingin merenovasi rumah demi mendapatkan rumah impian dan juga lebih nyaman, tentu saja harus memikirkan perkiraan dana yang dibutuhkan. Ketika memutuskan untuk merenovasi rumah, maka sudah jelas harus bisa memperkirakan besaran biaya yang diperlukan, desainnya bagaimana dan lain sebagainya. Lalu, berapakah perkiraan jasa renovasi rumah Bandung dengan sistem harian ataupun borongan? Berikut ini pembahasannya. 

Beda Jasa Renovasi Rumah Bandung Harian dan Borongan 

Sebelum masuk dalam perkiraan biaya jasa yang akan digunakan, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengenal apa perbedaan antara jasa harian dan borongan. Secara mendasar keduanya adalah sama, hanya saja terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Berikut ini adalah penjelasannya: 

  • Sistem pembayaran 

Beda pertama dari jasa borongan dan harian adalah dari sistem pembayarannya. Untuk jasa harian biasanya akan menggunakan perhitungan upah harian, semisalnya dalam satu hari satu orang dibayar sekitar 100 ribu hingga pekerjaan selesai. Sedangkan untuk jasa borongan, sistem pembayaran berdasarkan luas dari proyek yang dikerjakan, semisalnya adalah 750 ribu untuk per meternya. 

  • Pembelian material 

Untuk jasa renovasi harian ini sendiri biasanya tidak termasuk bahan material yang diperlukan. Sehingga Anda harus membeli sendiri bahan-bahanya dan mengharuskan Anda mempunyai perhitungan anggaran material yang terperinci. Sedangan untuk jasa borongan biasanya menawarkan paketan termasuk dalam pembelian materialnya. 

  • Kualitas 

Perbedaan lainnya adalah dari segi kualitas pengerjaan yang dilakukan oleh jasa harian dan borongan. Untuk jasa renovasi harian sendiri biasanya akan memberikan pengerjaan yang lebih rapi dan juga teratur. Hanya saja, Anda harus selalu mengawai pekerjaan yang diberikan. Mengapa demikian? Karena sistem pembayaran yang didapatkan per hari, maka banyak jasa renovasi harian yang berbuat nakal dengan memperlambat pekerjaan. 

Sedangkan untuk jasa renovasi borongan sendiri biasanya akan bekerja dengan cepat. Di mana terkadang jika tidak dicek akan terjadi kecacatan ataupun pengerjaan yang kurang rapi. Tapi, tentu saja Anda lebih nyaman karena tidak perlu setiap hari melakukan pengecekan. Hal paling penting dari menggunakan jasa borongan adalah menyiapkan dana lebih, karena sudah pasti jasa ini akan mengambil keuntungan sekian persen dari material yang dipilih. 

jasa renovasi rumah Bandung

Perbedaan dari jasa borongan dan juga jasa harian tersebut memang memberikan banyak pertimbangan bagi Anda yang memang ingin merenovasi rumah di daerah sekitaran Bandung. Mungkin Anda bisa memilih setelah melihat perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan dari masing jasa yang akan digunakan. 

Perkiraan Biaya Jasa Renovasi Rumah Bandung 

Perkiraan yang akan diberikan dalam artikel ini adalah perhitungan kasar yang sekiranya dapat menjadi patokan ketika Anda akan melakukan renovasi rumah. Di mana ada perbedaan yang bisa Anda lihat dari biaya jasa yang borongan dan juga harian. Berikut ini ulasannya: 

  • Jasa Harian 

Untuk perkiraan jasa harian sendiri bisa dihitung dari pekerja yang turut bekerja di proyek renovasi rumah Anda. Pada saat ini sendiri upah jasa harian untuk renovasi rumah sekitar 100 ribu hingga 150 ribu rupiah. Itu hanya pekerjanya saja, di mana jika Anda menggunakan mandor tentu bayarannya akan bertambah sekitar 170 ribu hingga 200 ribu per hari. 

Semisalnya perencanaan merenovasi rumah adalah 30 hari dengan menggunakan jasa 10 pekerja dan 1 mandor, maka perhitungannya adalah sebagai berikut: 

10 pekerja x Rp. 100.000,- = Rp. 1.000.000,- per hari 

1 mandor x Rp. 175.000,- = Rp. 175.000,- per hari 

Maka total biaya perhari yang dikeluarkan adalah Rp. 1.175.000.000,-

Sehingga dalam sebulan Anda membutuhkan biaya Rp. 32.250.000,-. 

Biaya tersebut tentu belum dengan biaya material ataupun biaya apabila pekerjaan melebihi dari waktu yang ditentukan. 

  • Jasa borongan 

Sedangkan untuk jasa borongan yang dihitung dari berapa luas project yang dikerjakan sendiri memiliki hitungan yang berbeda. Di mana kisaran harga bergantung dari bahan material yang akan digunakam. Kisaran biaya renovasi rumah di Bandung dengan jasa borongan ini adalah sekitar 2,5 juta rupiah per meter persegi hingga 4 juta rupiah per meter persegi. 

Apabila Anda ingin mendapatkan bahan material yang premium, maka perkiraannya adalah 4 juta rupiah untuk per meter perseginya. Namun, memilih biaya yang minim juga tidak ada salahnya karena bahan material yang digunakan sudah standar SNI. 

Apabila Anda ingin merenovasi rumah dengan luas tanah 60 meter persegi dengan menggunakan jasa 2,5 juta rupiah, maka perhitungannya adalah berikut ini: 

60 meter persegi x Rp. 2.500.000,- = Rp. 150.000.000,-. 

Biaya tersebut sudah termasuk dengan bahan material serta jasa tukangnya. Namun, perhitungan tersebut belum dengan dana darurat serta dana lain seperti makan ataupun lainnya. 

Itulah perkiraan biaya jasa renovasi rumah Bandung baik itu harian dan juga borongan. Perkiraan biaya tersebut masih hitungan kasar, di mana Anda juga perlu memiliki RAB atau rancangan anggaran bangunan yang perlu dipersiapkan agar seluruhnya terperinci.

Related Posts