Home Perencanaan Perkiraan Biaya Renovasi Rumah

Perkiraan Biaya Renovasi Rumah

by Lara Nifa
biaya renovasi rumah

Memiliki hunian yang nyaman merupakan impian semua orang. Dewasa ini, banyak sekali agen property yang menawarkan hunian dengan harga yang mudah dijangkau serta sistem pembayaran yang menyesuaikan kemampuan konsumen. Namun ada beberapa agen property yang hanya menawarkan bentuk rumah sederhana saja atau bisa dikatakan basic. Maka dari itu, banyak orang setelah membeli rumah akan merenovasi rumah tersebut sesuai dengan keinginannya. Seringkali, kita tidak tahu berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk merenovasi rumah impian kita. Berikut adalah gambaran perkiraan biaya renovasi rumah yang bisa anda jadikan bayangan bila anda akan mempercantik hunian anda.

Biaya renovasi rumah

Berbagai upaya untuk menghasilkan rumah yang nyaman adalah salah satunya merenovasi hunian anda. Terdapat berbagai macam renovasi dari kecil hingga besar yang bisa anda terapkan sesuai dengan keuangan anda. Tentu saja anda perlu mengetahui dulu perkiraan yang harus anda keluarkan untuk mempercantik rumah anda agar terasa lebih nyaman sesuai dengan yang anda impikan. Nah, berikut adalah estimasi atau gambaran dari biaya yang anda butuhkan untuk merenovasi rumah anda.

Biaya tenaga kerja

Tentu anda tidak bisa merenovasi rumah dengan tenaga anda seorang diri, kan? anda pastilah memerlukan seorang tenaga kerja atau orang yang biasa sebut tukang. Tukang sendiri dibayar dengan metode harian, borongan jasa serta borongan penuh. Untuk harian, biasanya mereka dibandrol dengan upah antara 100.000 – 150.000 per hari untuk biaya jasa. 

Sedangkan borongan jasa, dihitung berdasarkan luas proyek yang ditangani. Biasanya memakan biaya 1 juta sampai dengan 1,5 juta per meter2. Untuk sistem pembayaran ini, anda biasanya sudah mendapat harga pasti. Bila ada waktu yang lebih anda tidak akan dikenakan biaya tambahan lagi. 

Biaya Jasa dan Material

Biaya ini paling sering disebut sistem borongan penuh. Untuk metode yang ini, anda tidak perlu memusingkan untuk membeli bahan bangunan serta material terlebih dahulu sebab semuanya akan disediakan. Biasaya kisaran harga yang mereka patok cukup mahal, sekitar 2,5 juta sampai 4 juta per meter2. Harga ini tergantung dari jenis material yang digunakan. Semakin bagus materialnya, maka semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan.

Biaya untuk tanah dan bangunan

Bila anda belum memiliki tanah yang cukup untuk merenovasi rumah anda, maka yang harus anda lakukan adalah membeli tanahnya terlebih dahulu. Harga tanah sendiri tidak bisa diprediksikan sebab semua daerah memiliki harga yang berbeda-beda. 

renovasi rumah

Anda harus memastikan dulu harga tanah tersebut sebelum anda membelinya. Setelah itu, barulah anda menghitung material serta jasa yang digunakan. Misalnya anda memiliki keinginan untuk memperluas tanah sebesar 30m2 dengan harga tanah di lokasi anda adalah 2.000.000/m2. Maka biaya yang harus anda keluarkan sebesar 2.000.000 x 30 = 60.000.000.

Biaya lain-lain

Karena rumah merupakan investasi yang bisa dibilang besar, maka anda harus memiliki perencanaan dan biaya yang cukup saat melakukan renovasi. Anda harus memiliki dana lebih daripada yang diperhitungkan di awal. 

Maka dari itu sebaiknya anda menyiapkan biaya lain-lain sebagai cadangan apabila ada biaya-biaya lain di luar perhitungan. Contohnya kenaikan biaya material atau ada bahan yang perlu ditambah karena satu dan lain hal atau saat bentuk yang kurang sesuai dengan apa yang anda inginkan. Untuk hal ini setidaknya anda menyiapkan dana sekitar 10% dari total biaya yang harus anda keluarkan ketika perhitungan awal.

Estimasi biaya renovasi

Setelah mengetahui kisaran harga yang anda butuhkan dari keseluruhan anda merenovasi rumah, anda perlu menghitung total dana yang anda butuhkan. Contohnya anda ingin membangun rumah yang minimalis saja. Ukuran rumah yang akan anda renovasi ditambah dengan perluasan tanah, bila ditotalkan akan menjadi 70m2 dengan sistem pembayaran borongan penuh kualitas standar sebesar 3.000.000/m2. Jadi dana yang perlu anda siapkan adalah sebesar 70 x 3.000.000 = 210.000.000. diambah biaya lain-lain sebesar 10% dari biaya renovasi. Maka anda perlu menyiapkan kira-kira sebesar Rp. 231.000.000.

Rancangan Anggaran Biaya

Penting untuk anda mengetahui harga material yang anda butuhkan, maka dari itu anda perlu membuat rancangan anggaran biaya yang harus anda keluarkan untuk merenovasi rumah anda. Rancangan Anggaran Biaya (RAB) biasanya berbentuk tabel berisi luas rumah, jenis-jenis material, jumlah yang diperlukan berikut dengan harganya. Tak lupa, di dalamnya juga terdapat jumlah tukang yang dibutuhkan serta upahnya agar anda dapat mengetahui seberapa besar biaya anda merenovasi rumah idaman anda.

Bagaimana? apakah anda tertarik untuk merenovasi rumah anda sekarang? Kenyamanan tentu sangat penting untuk sebuah hunian. Maka dari itu bila anda memiliki uang lebih dan dirasa rumah anda dirasa kurang nyaman, anda bisa merenovasinya. Tidak perlu langsung seluruh rumah, anda tentu bisa mencicilnya. Perlu diingat apabila tiap daerah tentu memiliki estimasi biaya renovasi rumah yang berbeda-beda. Semoga membantu.

Related Posts