Home Perencanaan Perkiraan Biaya Renovasi Rumah Luas Tanah 60

Perkiraan Biaya Renovasi Rumah Luas Tanah 60

by Lara Nifa
renovasi rumah luas tanah 60

Merenovasi rumah mungkin akan sangat diperlukan ketika ingin membuat hunian menjadi lebih nyaman. Tapi untuk merenovas rumah pun harus banyak pertimbangan, salah satunya adalah dari biaya dan juga luas tanahnya. Bagi Anda yang ingin renovasi rumah luas tanah 60, tentu saja harus mengetahui perkiraan biaya yang diperlukan. 

Hal Penting Saat Renovasi Rumah 

Dalam memperkirakan biaya renovasi untuk rumah sendiri, Anda harus bisa memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini. Karena ini akan masuk dalam pertimbangan ketika melakukan perhitungan biaya yang dibutuhkan. Berikut in adalah hal penting yang perlu diperhatikan saat akan merenovasi rumah: 

  • Tenaga kerja 

Ketika Anda akan melakukan renovasi rumah, maka hal pertama yang perlu Anda perhitungkan pertama kali adalah biaya untuk tenaga kerja. Karena tidak mungkin Anda akan membangun sendiri tanpa menggunakan tenaga bantuan, di mana biasanya untuk tenaga kerja ini ada yang minta dibayar per hari dan juga borongan. 

Untuk tenaga harian sendiri biasanya per orang akan dibayar sekitar 100 ribu hingga 150 ribu per hari. Sedangkan untuk tenaga borongan akan dihitung dari luas proyeknya, di mana angka bayarannya adalah sekitar 1 juta rupiah hingga 2,5 juta rupiah untuk per meter. 

Kalau dihitung memang lebih murah borongan, karena apabila terjadi perpanjangan waktu tidak akan ada biaya tambahan. Di mana memang Anda membayarnya per meter bukan per hari. Tapi perlu Anda ketahui bahwa biaya ini belum dengan biaya materialnya. 

  • Jasa dan material

Untuk biaya yang satu ini biasanya sudah menjadi satu, di mana Anda tidak perlu lagi lagi memikirkan biaya tukang ataupun material. Karena biasanya akan diberikan sudah mernjadi satu dan Anda tidak perlu memikirkan biaya lainnya. Biasanya biaya jasa dan material sendiri juga dihitung tergantung dari luas proyek. 

Untuk saat ini sendiri kisaran harga jasa renovasi beserta dengan materialnya adalah sekitar 2,5 juta rupiah hingga 4 juta rupiah per meternya. Harga tersebut juga tergantung dari pemilihan bahan material yang akan digunakan. Semakin tinggi kualitas bahan material yang dipilih, maka sudah jelas harganya akan semakin mahal. Namun, tidak perlu khawatir karena harga yang paling minim juga sudah menggunakan bahan dengan logo SNI. 

  • Dana lain-lain 

Selain menyiapkan dana untuk tukang serta material, maka Anda harus juga menyiapkan dana tambahan. Ini sangatlah penting sekali, karena tidak semua perencanaan pembangunan biayanya 100% akurat walaupun sudah dihitung. 

Hal ini sendiri dikarenakan bisa saja saat proses pembangunan ada masalah ataupun kejadian tidak terduga, semisalnya bahan-bahan material harganya naik dan lain sebagainya. idealnya, dana tambahan tersebut Anda sediakan sekitar 10% dari seluruh dana yang ada. 

Perhitungan Biaya Renovasi Rumah Luas Tanah 60 

renovasi rumah

Setelah mengetahui hal penting apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika ingin merenovasi rumah, maka selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara perhitungan biaya untuk renovasi rumah dengan luas tanah 60, berikut ini penjelasannya: 

Apabila Anda mengambil biaya jasa dan material dengan sistem borongan. Di mana paling murah adalah dengan harga 2,5 juta per meter perseginya, maka perhitungannya menjadi 

60 x Rp. 2.500.000,- = Rp. 150.000.000,- 

Lalu tambahkan dengan dana cadangan 10% dari total pembangunan yaitu Rp. 15.000.000,-. Di mana Anda perlu menyiapkan dana untuk renovasi sekitar Rp. 165.000.000,-. 

Tentu saja perhitungan tersebut masih berupa hitungan kasar. Di mana tentu saja Anda harus membuat Rencana Anggaran Bangunana atau RAB untuk mendapatkan angka yang tepat. 

Tips Memilih Jasa Renovasi 

Setelah Anda melihat estimasi perhitungan dana untuk renovasi, maka selanjutnya Anda harus tahu juga bagaimana cara memilih jasa renovasi yang terpercaya. Hal ini juga sangatlah penting, karena mau bagaimana pun Anda harus menghindari penipuan ataupun jasa renovasi yang meninggikan harga. Berikut ini adalah cara memilih jasa renovasi yang terpercaya: 

  • Rekam Jejak 

Pastikan bahwa jasa yang Anda gunakan memiliki rekam jejak yang baik. Di mana Anda bisa mencari tahu apakah jasa tersebut sudah pernah terkena masalah ataupun ada laporan dari konsumen yang pernah menggunakan jasa mereka. Jika tidak ada, maka Anda bisa percaya menggunakan jasa tersebut. 

  • Lihat portofolio 

Setiap jasa renovasi atau jasa bangun rumah biasanya mempunyai portofolio di mana saja mereka pernah mengerjakan proyek. Jika memang rumah yang pernah di renovasi dekat dengan daerah Anda, maka tidak ada salahnya untuk melihat langsung hasil jadinya. Hal ini akan sangat membantu sekali untuk menilai kinerja dari jasa renovasi tersebut. 

  • Jelas nama dan alamatnya 

Selanjutnya Anda juga harus mengetahui nama dan alamat yang tertera adalah benar. Di mana Anda juga harus melakukan pengecekan apakah nama perusahaan atau nama jasa tersebut sudah terdaftar atupun belum. 

Dengan penjelasan tersebut, maka Anda bisa menemukan jasa renovasi yang terpercaya serta bisa melakukan perhitungan biaya renovasi rumah luas tanah 60. Hal penting saat merenovasi rumah adalah memastikan desain yang dibuat sudah pasti dan jangan begitu saja mengganti desain saat sudah proses pengerjaan.

Related Posts