Perkiraan Biaya Lamaran dan Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan

Menikah adalah tujuan hidup dari hampir seluruh manusia. Di mana untuk bisa mencapai hari bahagia tersebut, tentu saja butuh perjalanan panjang yang tidak mudah. Selain

Lara Nifa

[addtoany]

ilustrasi biaya lamaran

Menikah adalah tujuan hidup dari hampir seluruh manusia. Di mana untuk bisa mencapai hari bahagia tersebut, tentu saja butuh perjalanan panjang yang tidak mudah. Selain ketetapan hati juga harus mengerti beberapa tahapan acara yang perlu untuk dijalankan, salah satunya adalah proses lamaran. Apabila Anda memang sudah siap untuk menikah, maka harus tahu dulu biaya lamaran serta persiapan apa saja yang perlu untuk Anda lakukan. 

Persiapan Lamaran 

Ketika ingin mengadakan acara lamaran, maka ada beberapa persiapan yang perlu sekali untuk Anda siapkan. Karena acara lamaran ini sendiri tentu akan didatangi oleh sanak keluarga lainnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan ketika ingin mengadakan acara lamaran: 

  • Makanan

Dalam acara apapun sudah pasti hidangan harus disediakan. Di mana tentu ini adalah hal pertama yang perlu Anda persiapkan. Sebagai yang akan mengadakan acara lamaran, maka harus menyediakan hidangan yang sekiranya cukup untuk keluarga dan juga tamu yang telah diundang. Untuk Anda yang memang hanya mengadakan acara lamaran yang tidak terlalu besar, tidak masalah jika ingin memasak sendiri. 

Tapi jika yang diundang di acara lamaran cukup banyak, tidak ada salahnya menggunakan jasa catering. Jumlah makanan sendiri sebisa mungkin lebih dari tamu undangan, karena tidak mungkin menyediakan makanan dengan jumlah terbatas ataupun kurang. Ada baiknya memesan hidangan beragam untuk jumlah yang sudah diperhitungkan dengan matang. 

  • Hantaran 

Dalam acara lamaran, sudah jelas akan ada hantaran yang perlu dibawa. Di mana hantaran ini juga harus dipersiapkan dengan baik. Hantaran ini sudah pasti berbeda dengan seserahan, karena hantaran tujuannya adalah untuk mendekatkan dua keluarga dari calon pengantin masing-masing. Jenis hantaran pun beragam, di mulai dari barang hingga makanan. 

  • Cincin 

Pada saat lamaran sendiri, Anda juga harus menyiapkan cincin yang nantinya akan menjadi simbol pengikat kalau kedua mempelai sudah serius. Tentu saja cincin ini berbeda dengan cincin pernikahan. Di mana untuk cincin lamaran sendiri biasanya diberikan agar bisa menunjukan bahwa calon pengantin sudah siap untuk menuju ke jenjang pernikahan. 

Anda tidak perlu membeli cincin yang terlalu mahal jika memang budget yang dimiliki tidak terlalu besar. Karena yang terpenting dari cincin lamaran ini adalah maknanya. Jika memang ingin membeli cincin yang mahal, bicarakan terlebih dulu dengan pihak keluarga calon pasangan agar tidak terjadi perbedaan pendapat. 

  • Seragam 

Perkembangan zaman pada saat ini sendiri, menggunakan seragam pada saat acara lamaran sangatlah dipikirkan. Terlebih lagi jika Anda ingin memberikan kesan pasangan yang terlihat romantis, sudah pasti mempersiapkan seragam adalah salah satu hal yang penting. Seragam ini sendiri bisa dipilih dengan membeli batik couple ataupun membuat sendiri. 

Anda pun juga harus berkomunikasi dengan pihak keluarga, apakah perlu keluarga menggunakan seragam yang sama. Jika memang kedua keluarga setuju, mungkin untuk mengakali adalah dengan membeli pakaian jadi seperti batik dengan motif yang sama untuk satu keluarga. Di mana ini akan memberikan kesan kompak dari kedua calon mempelai yang akan mengadakan acara lamaran. 

  • Dokumentasi 

Acara lamaran tentu saja harus diabadikan baik itu berupa video ataupun foto. Karena acara ini adalah salah satu proses penting sebelum akhirnya menuju pelaminan dan hanya diadakan sekali saja, maka sudah jelas membutuhkan jasa dokumentasi. Anda bisa menggunakan jasa profesional untuk mendokumentasikan acara lamaran baik itu dengan video ataupun foto. 

biaya lamaran dan cincin

Namun, jika memang ingin menghemat budget, tidak ada salahnya menggunakan alat seperti smartphone. Karena ponsel sekarang sudah dilengkapi dengan fitur canggih dan hasil foto juga akan sangat bagus, maka tidak ada salahnya meminta tolong sahabat atau saudara untuk mendokumentasikan seluruh prosesi lamaran. 

  • Dekorasi 

Acara lamaran pun juga harus mempersiapkan urusan dekorasi. Di mana dekorasi sendiri akan membuat tempat lamaran menjadi lebih indah dan tentu saja untuk memberikan kesan mendalam. Apabila Anda mengadakan acara lamaran di rumah, maka tidak ada salahnya menyiasati ruangan dengan dekorasi kreasi sederhana seperti bunga dan juga beberapa ornament lainnya. 

  • Transportasi 

Hal terakhir yang perlu dipersiapkan berikutnya adalah dari transportasi. Karena sudah dalam acara lamaran sendiri harus mendatangi pihak mempelai wanita, maka sudah jelas transportasi untuk seluruh keluarga harus dipikirkan. Anda bisa menyewa mobil untuk memboyong seluruh keluarga ataupun dengan meminjam dari sanak saudara bahkan teman. 

Perkiraan Biaya Lamaran 

Dari persiapan di atas tersebut, maka Anda dapat menentukan perkiraan biaya acara lamaran yang harus dikeluarkan. Perkiraannya adalah sebagai berikut: 

  • Hidangan dengan jasa catering: Rp. 3.000.000 hingga Rp. 5.000.000 
  • Hantaran lamaran : Rp. 500.000 hingga Rp. 3.000.000
  • Cincin : Rp. 1.000.000 hingga Rp. 5.000.000
  • Seragam: Rp. 500.000 hingga Rp. 2.000.000
  • Dekorasi: Rp. 2.000.000 hingga Rp. 3.000.000
  • Dokumentasi: Rp. 1.000.000 hingga Rp. 5.000.000
  • Transportasi: Rp. 500.000 hingga Rp. 3.000.000

Itulah perkiraan biaya lamaran beserta persiapan apa saja yang diperlukan. Perlu diingat jika memang ada budget, tidak perlu mengadakan acara lamaran yang terlalu mewah. Di mana yang terpenting adalah adanya keseriusan antara kedua calon mempelai untuk menjalin bahtera rumah tangga.

Related Post