Home Perencanaan Perkiraan Biaya Kuliah Undip Untuk S1, S2 dan S3

Perkiraan Biaya Kuliah Undip Untuk S1, S2 dan S3

by Lara Nifa
biaya kuliah UNDIP

Menempuh pendidikan yang lebih tinggi hingga ke jenjang kuliah memang menjadi tujuan hidup bagi banyak orang. Apalagi jika bisa berkuliah di univeritas negeri yang sudah dikenal dan menghasilkan lulusan terbaik. Salah satu kampus ternama di Indonesia yang diincar banyak orang adalah UNDIP atau Universitas Diponegoro yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. Di mana jika ingin berkuliah di kampus bergengsi ini, Anda harus tahu biaya kuliah UNDIP untuk S1, S1 serta S3. 

Tentang UNDIP 

Universitas Dipongero berdiri pada tahun 1957, di mana pada saat itu UNDIP masih menyandang status universitas swasta. Lalu pada tahun 1961, UNDIP akhirnya menjadi salah satu universitas negeri yang semakin tahun semakin tinggi kualitasnya. Banyak sekali pilihan fakultas beserta jurusannya yang memang disediakan untuk para calon mahasiswa yang ingin masuk universitas yang satu ini. 

Pertama kali yang perlu diperhatikan ketika akan mendaftar di UNDIP adalah dengan berapa besaran biaya kuliahnya. Di mana besaran biaya yang perlu dibayarkan bergantung pada fakultas serta jurusan apa yang diambi, lalu program studi mana yang juga akan dijalankan. Perlu diketahui bahwa UNDIP mempunyai program studi dari Diploma III hingga S3. 

Biaya Kuliah di UNDIP untuk S1 

Program studi di UNDIP yang paling diminati adalah S1, di mana ada pilihan jalur program studi S1 yang bisa Anda pilih. Berikut ini sendiri adalah perkiraan biaya kuliah di UNDIP untuk program S1: 

  • S1 Jalur SNMPTN dan SBMPTN 

Program studi S1 yang ada di UNDIP adalah jalur SNMPTN dan SBMPTN. Di mana kedua jalur ini sendiri adalah seleksi jalur nasional yang sudah jelas akan sangat ketat sekali proses pemilihannya. Jalur SNMPTN sendiri adalah jalur tanpa test tertulis, di mana UNDIP akan melakukan seleksi dengan melihat nilai rapot dan juga prestasi lain dari calon mahasiswa. 

Sedangkan untuk SBMPTN adalah jalur yang menggunakan seleksi tertulis. Tentu saja seleksi ini sendiri akan dilakukan secara nasional, di mana persaingannya terkenal sangat tinggi. Namun, kedua metode penyeleksian tersebut paling diminati. Hal ini sendiri karena biaya kuliahnya yang terbilang lebih murah dibandingkan jalur lainnya. 

biaya kuliah

UNDIP sendiri sudah menggunakan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal, di mana UKT ini sendiri memiliki kelas dari UKT 1 hingga UKT 7. Pemilihan kelas biaya UKT ini sendiri diusulkan oleh calon mahasiswa pada saat registrasi ketika sudah diterima. Nantinya calon mahasiswa akan memilih besaran UKT yang disesuaikan oleh pendapatan orang tua. 

Besaran biaya UKT untuk program studi S1 dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN ini sendiri berbeda-beda, tergantung dari fakultas serta jurusan apa yang dipilih. Untuk UKT 1 dan UKT 2 semuanya fakultas sama, yaitu Rp. 500.000,- serta Rp. 1.000.000,-. Sedangkan untuk UKT 3 hingga 7 sendiri beragam, dimulai dari Rp. 2.000.000,- hingga Rp. 7.500.000,-. 

  • S1 Jalur Mandiri 

Selain jalur nasional, UNDIP juga membuka S1 jalur mandiri. Jalur yang satu ini adalah jalur seleksi dari pihak UNDIP sendiri. Apabila Anda lolos S1 jalur mandiri maka biaya yang perlu dikeluarkan adalah UKT serta SPI atau Sumbangan Pengembangan Institusi. 

Untuk UKT S1 jalur mandiri di UNDIP kisaran adalah sekitar Rp. 4.750.000,- hingga Rp. 19.000.000,-. Sedangkan untuk SPI, terdapat dua golongan yaitu golongan 1 dan golongan 2. Di mana calon mahasiswa dapat memilih golongan mana yang dirasa mampu untuk dibayarkan. Nominal SPI sendiri berbeda-beda untuk setiap jurusan yang dipilih. 

SPI golongan 1 yang perlu dibayarkan adalah sekitar Rp. 6.000.000,- hingga Rp. 100.000.000,-. Sedangkan untuk SPI golongan 2 kisaran yang perlu dibayarkan adalah sekitar Rp. 10.000.000,- hingga Rp. 150.000.000,-. 

  • S1 International 

UNDIP pun juga mempunyai program studi S1 International, di mana nantinya mahasiswa dapat memiliki kesempatan untuk bisa berkuliah di luar negeri. Hanya saja untuk jalur yang satu ini sementara hanya ada di jurusan ekonomi dan manajemen. Di mana biaya SPP yang perlu dibayarkan setiap semesternya adalah sekitar Rp. 20.000.000,-. Agar bisa diterima di jalur ini sendiri, calon mahasiswa harus melakukan test Ujian Mandiri yang diadakan oleh UNDIP. 

  • Biaya Kuliah di UNDIP S2 dan S3 

Universitas Diponegoro juga membuka program studi S2 atau magister dan S3 atau doctoral. Di mana untuk sistem UKT tidak berlaku untuk kedua program studi tersebut. Sehingga calon mahasiswa akan melakukan pembayaran SPP per semester serta Sumbangan Biaya Pengelolaan untuk pascasarjana dan juga prodi. 

Besaran biaya SPP yang harus dibayarkan paling minim adalah sekitar Rp. 10.000.000.-. Sedangkan untuk Sumbangan Biaya Pengelolaannya dapat Anda lihat langsung di website resmi Universitas Diponegoro. Bagi Anda yang ingin mengambil program studi baik untuk S2 dan S3 harus lulus jalur test mandiri dari UNDIP. 

Itulah perkiraan besar biaya kuliah UNDIP untuk S1, S2 dan S3. Di mana memang S1 jalur nasional adalah yang paling banyak diminati. Hanya saja bagi Anda yang ingin mengambil program studi dengan jalur tersebut harus belajar dengan sungguh-sungguh karena persaingannya sangatlah ketat.

Related Posts