Home Perencanaan Perkiraan Biaya Kuliah di UI S1 dan S2

Perkiraan Biaya Kuliah di UI S1 dan S2

by Lara Nifa
biaya kuliah di UI S1 dan S2

UI atau Universitas Indonesia adalah termasuk salah satu sekolah tinggi terbaik yang ada di Indonesia. Tingkat persaingan untuk dapat masuk ke universitas ini sendiri sangatlah tinggi, di mana sudah jelas lulusan terbaik yang bisa masuk ke UI. Di UI sendiri ada beberapa program jurusan dan jenjang pendidikan yang dapat dipilih. Di mana Anda mungkin ingin tahu berapa biaya kuliah di UI S1 dan S2.

Jenjang Kuliah Di UI Untuk S1 dan S2 

UI sebagai jajaran universitas terbaik se-Indonesia mempunyai banyak program study yang tidak bisa dibantahkan lagi. Jenjang pendidikan yang ada dimulai dari D3, D4, S1 hingga Magister. Jurusan yang tersedia juga termasuk lengkap, menjadikan UI selalu diincar oleh anak Indonesia. Sebelum masuk ke biaya kuliah UI, ada baiknya mengenal beberapa jenjang sarjana yang ada Di UI. Berikut ini daftarnya: 

  • S1 Reguler 

Jenjang sarjana strata 1 yang pertama adalah S1 Reguler. Jenjang yang satu ini sendiri diperuntukan untuk seluruh lulusan SMA atau sederajat, di mana kelulusan tidak lebih dari 3 tahun pada saat mengikuti tes. Contohnya jika Anda lulus tahun 2020, maka terakhir Anda bisa mengikuti program S1 Reguler ini adalah tahun 2023.

Untuk biaya kuliahnya sendiri pun akan mendapatkan program khusus yang bernama BOP-B. Program ini sendiri adalah pemotongan biaya selama masa perkuliahan. Tentu saja tingkat persaingannya sangat ketat, sehingga Anda perlu untuk belajar lebih giat agar bisa diterima di program ini. 

  • S1 Paralel 

Jenjang selanjutnya adalah S1 Paralel, di mana jenjang ini juga dibuka untuk seluruh masyarakat  yang ingin berkuliah dan sudah lulus SMA atau sederajat lebih dari 3 tahun. Namun, jenjang ini tidak akan memberikan fasilitas pemotongan biaya kuliah UI. Sehingga biaya yang perlu Anda keluarkan sedikit lebih mahal dari yang S1 Reguler. 

  • S1 Ekstensi 

UI juga mempunyai jenjang S1 Ekstensi yang ditujukan bagi lulusan D3 yang ingin melanjutkan kuliah ke strata 1. Biasanya syarat dan ketentuan berlaku dan juga biaya kuliah UI yang diberikan tentu berbeda dari semua jenjang S1 sebelumnya. 

  • S1 International 

Untuk jenjang S1 International mungkin memiliki peminat paling banyak. Di S1 International nantinya Anda bisa berkesempatan berkuliah di luar negeri. Di mana sistemnya sendiri 2 tahun kuliah di UI dan 2 tahun berikutnya akan kuliah di universitas luar negeri yang telah bekerja sama dengan Universitas Indonesia. Untuk tolak ukur biayanya sendiri sudah pasti tidaklah murah. 

  • S1 Profesi

Untuk jenjang yang satu ini sendiri biasanya diperuntukan untuk beberapa profesi. Contohnya seseorang yang ingin bekerja sebagai perawat di rumah sakit, maka harus berkuliah di S1 Keperawatan dan mengambil program profesi. 

  • S2 atau Magister 

Sedangkan program S2 atau Magister diperuntukan bagi lulusan S1 yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Di mana tentu saja biaya S2 UI berbeda dengan saat Anda berkuliah mengambil jenjang S1. 

Perkiraan Biaya Kuliah S1 dan S2 di UI 

biaya kuliah di Universitas Indonesia

Setelah mengenal beberapa jenjang pendidikan yang disediakan oleh UI, maka selanjutnya adalah melihat berapa biaya untuk S1 dan biaya S2 UI yang perlu Anda siapkan untuk bisa berkuliah di kampus terbaik di Indonesia ini. Berikut ini adalah perkiraannya: 

  • S1 Reguler 

Untuk bisa berkuliah di jenjang S1 Reguler, biaya yang perlu disiapkan sendiri berbeda-beda pada setiap fakultasnya. Adapun 2 jenis biaya yang diberikan yaitu BOP-B atau Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan dan BOP-P atau Biaya Operasional Pendidikan Pilihan. Perbedaan dari keduanya adalah jika BOP-B adalah lulusan SMA atau Sederajat yang berhasil lolos melalui jalur SNMPTN dan SIMAK UI. 

Di mana nantinya pihak UI akan melakukan survey untuk melihat seberapa mampunya orang tua siswa melakukan pembayaran. Sedangkan BOP-P adalah untuk siswa yang diterima di Universitas Indonesia melalui test SNMPTN dan memilih sendiri berapa biaya yang calon siswa sanggup bayarkan. Untuk BOP-B biasanya berkisar dari Rp. 500.000,- hingga Rp. 7.500.000,-. Sedangkan untuk BOP-P berkisar 7,5 juta rupiah hingga 20 juta rupiah. 

  • S1 Paralel 

Untuk jenjang yang satu ini tidak semua fakultas atau prodi yang menyediakannya. Namun ada kisaran berapa biaya yang perlu Anda keluarkan untuk bisa berkuliah di UI dengan jenjang ini yaitu kisaran 10 juta rupiah hingga 20 juta rupiah. Biaya tersebut biasanya belum termasuk dengan uang pakal. 

  • S1 Ekstensi 

Untuk biaya S1 ekstensi sendiri hanya ada di tiga fakultas saja. Fakultas yang menyediakan program ini adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Keperawatan. Di mana biaya kuliah per semesternya berkisar 10 juta rupiah hingga 13 juta rupiah dan belum termasuk uang pangkal yang berkisar di 7 juta hingga 15 juta rupiah. 

  • S2 atau Magister 

Untuk bisa berkuliah S2 di UI, Anda harus bisa lolos tes SIMAK UI dan harus membayar uang pendaftaran sebesar 1 juta rupiah. Sedangkan untuk biaya S2 UI bergantung pada fakultas yang dipilih di mana berkisar di angka 11 juta rupiah hingga 30 juta rupiah. 

Itulah sedikit penjelasan tentang perkiraan biaya kuliah di UI untuk jenjang S1 dan S2. Kalau dilihat jumlahnya memang tidak murah, namun bagi Anda yang berniat untuk menggapai pendidikan tinggi sudah pasti akan berusaha keras agar mendapatkan titel dari universitas bergengsi ini.

Related Posts