Home Perencanaan Perkiraan Biaya Jasa Renovasi Rumah Bogor (Borongan dan Harian)

Perkiraan Biaya Jasa Renovasi Rumah Bogor (Borongan dan Harian)

by Lara Nifa
Perkiraan Biaya Jasa Renovasi Rumah Bogor

Memiliki sebuah rumah hunian yang nyaman pasti merupakan dambaan setiap orang. Setelah sekian lama dihuni, pasti rumah hunian anda juga memerlukan renovasi. Artikel ini akan memberikan informasi Perkiraan Biaya Jasa Renovasi Rumah Bogor. Simak sampai selesai, ya.

Merenovasi rumah juga memerlukan perencanaan yang matang dan harus menyiapkan dana anggaran renovasi rumah. Ada dua jenis jasa yang bisa anda pilih dalam melaksanakan proyek renovasi rumah anda. Biayanya pun berbeda – beda. Jasa harian pastinya sedikit lebih mahal daripada dengan jasa borongan.

Perkiraan Biaya Jasa Renovasi (Borongan dan Harian)

Ada dua cara untuk menghitung biaya renovasi rumah , yaitu dengan membuat perkiraan biaya kasar dan perkiraan biaya rinci. Perkiraan biaya kasar merupakan estimasi total biaya renovasi rumah per meter persegi. Sedangkan perkiraan biaya rinci adalah perkiraan detail dana renovasi rumah yang dibutuhkan dengan menggunakan analisa harga satuan pekerjaan.

Untuk dapat menghitung perkiraan biaya rinci, anda dapat mengkonsultasikan kepada jasa profesional seperti estimator, arsitek, desainer interior, ataupun kontraktor. Dengan menggunakan jasa profesional tersebut, proyek renovasi rumah anda akan menjadi lebih terukur dan terkendali.

Biaya jasa renovasi rumah yang perlu Anda tahu :

  • Biaya jasa harian umumnya berkisar antara Rp 150.000,- hingga Rp 200.000,- untuk 1 harinya,
  • Biaya borongan untuk jasa saja umumnya berkisar antara Rp 650.000,- hingga Rp 850.000,- per m2, sedangkan
  • Biaya borongan penuh termasuk jasa serta material umumnya berkisar antara Rp 2.500.000,- hingga Rp 4.000.000,-
  • Tips Melakukan Renovasi Rumah 

Setelah mengetahui perkiraan biaya renovasi yang telah dijelaskan diatas, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan renovasi rumah, seperti :

  1. Desain rumah

anda harus menentukan desain rumah untuk memulai tahapan awal dan untuk mengetahui besaran biaya yang harus anda siapkan karena semakin banyaknya rumah yang akan anda renovasi, semakin banyak pula biaya yang harus anda siapkan.

Dalam mendesain rumah, anda dapat berkonsultasi menggunakan jasa arsitek agar pengeluaran anda lebih terukur dengan jelas dan tentunya desain yang Anda inginkan akan menjadi lebih menarik. Jasa pekerja profesional seperti arsitek memang sedikit mahal, namun mereka dapat menjamin bisa memberikan saran yang relevan dengan masalah rumah yang ada dan anda tidak perlu mengeluarkan biaya berkali – kali untuk kedepannya.

  1. Anggaran

Setelah anda sudah menentukan desain renovasi rumah anda, anda dapat mulai menyiapkan anggaran biaya . Masukkan semua detail dari biaya tukang, jasa konsultasi (jika anda menggunakan jasa konsultasi), material bahan bangunan, hingga biaya – biaya yang tidak terduga.

  1. Material

Pilihlah bahan material bangunan yang terbaik. Sebelumnya, anda perlu melakukan survey ke beberapa toko bahan material dan anda dapat memilih dimana anda bisa mendapatkan bahan material dengan kualitas yang bagus dan harga yang sedikit lebih murah.

  1. Ikuti Aturan

Sebelum mengerjakan proyek renovasi rumah, anda perlu memperhatikan aturan lingkungan sekitar anda. Umumnya anda harus izin kepada tetangga yang terkena dampak renovasi anda. Anda juga harus mengetahui luas dan tinggi, lebar, dan lain- lainnya yang perlu dipertimbangkan. Anda dapat berbicara dengan aparat berwenang setempat dan pastinya anda harus mengikuti aturan yang telah diterapkan dilingkungan anda.

renovasi rumah di bogor

  1. Daftar

Agar renovasi rumah anda berjalan lancar, anda juga dapat membuat daftar apa saja yang harus dilakukan. Seperti bahan apa yang harus anda beli, bagaimana perencanaan renovasi interior dalam rumah, bagaimana anda ingin merenovasi rumah, dan yang lainnya. Setelah anda selesai membuat daftar , anda dapat segera memulai proyek renovasi rumah anda.

  1. Proses renovasi

Agar proses renovasi dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginan anda, anda dapat memperhatikan dan mengawasi proses renovasi dengan terjun langsung ke lapangan.

  1. Struktur bangunan lama

Anda juga perlu memperhatikan struktur bangunan rumah anda yang lama. Dengan mempelajari dan memahami struktur rumah lama anda, anda dapat merancang ulang rumah anda dengan lebih aman, mudah, dan tentunya efektif. Agar hasil renovasi rumah anda menjadi berbeda, anda dapat menggabungkan pola, bentuk, hingga infrastruktur secara logis untuk perencanaan lama dan baru.

  1. Keamanan

Selagi anda melakukan renovasi, anda juga perlu memperhatikan keamanan lebih. Anda bisa menambahkan cctv untuk mempertambah perlindungan agar keluarga anda lebih aman dan nyaman.

  1. Panel listrik

Anda juga harus memperhatikan kelistrikan dalam proyek renovasi anda. Panel listrik tentunya harus diperbarui jika anda akan menambah ruangan atau lantai. Dalam memperbaiki panel listrik, panel tidak harus bersembunyi di dalam lemari namun bisa juga ditempatkan didalam ruangan khusus.

Demikian Perkiraan Biaya Jasa Renovasi Rumah Bogor hingga hal – hal apa saja yang perlu anda perhatikan dalam merenovasi rumah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. Semoga sukses.

Related Posts