Home Bisnis dan Usaha Perjalanan Kopi Kenangan dari Berdiri Hingga Sekarang

Perjalanan Kopi Kenangan dari Berdiri Hingga Sekarang

by Lara Nifa

Indonesia patut berbangga, pasalnya salah satu brand lokal asal Indonesia, kopi kenangan, berhasil meraih status sebagai perusahaan unicorn. Bahkan kopi kenangan menjadi yang pertama kalinya dalam sejarah industri F&B di Asia tenggara yang sukses mendapatkan pendanaan Senilai 1,3 Triliun. 

Sekedar untuk pengetahuan, unicorn adalah julukan dunia venture capital untuk perusahaan startup yang berhasil meraih valuasi dengan total diatas 1 miliar dollar. Itulah sebabnya mengapa kita harus berbangga karena kopi kenangan sebagai brand lokal berhasil masuk ke dalam kategori tersebut. 

Bagaimana awal mulanya kopi kenangan merintis jalan sebagai brand kopi lokal sehingga sukses berkembang hingga saat ini? Kerja keras para foundernya, ketekunan dan strategi bisnis kopi kenangan yang kuat, yang menjadikan kopi kenangan brand besar yang begitu sukses.

Mengenal Kopi Kenangan

Kopi kenangan adalah brand kopi lokal yang bergerak dalam bidang F&B yang produk utamanya adalah kopi. Diusung dengan konsep yang unik yaitu grab & go dan mencoba membuat ciri khas nya dengan menggunakan biji kopi lokal dari seluruh penjuru nusantara, kopi kenangan mampu bertumbuh dengan cepat dan mendapat tempat di konsumen kopi Indonesia karena kualitas produk yang mereka tawarkan.

Ciri khas kopi kenangan ditonjolkan lewat produk biji kopi lokal yang ditanam oleh petani kopi lokal dalam negeri. Salah satu biji kopi yang menjadi andalan kopi kenangan adalah biji kopi yang didapatkan dari daerah Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sejarah Kopi Kenangan

Kopi kenangan pertama kali dirintis oleh tiga orang sahabat penyuka kopi asal Indonesia, Edward Tirtanata, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa. Pertama kali berdiri pada tahun 2017, Edward Tirtanata  saat ini menjabat sebagai CEO dari kopi kesenangan sementara kedua rekannya sebagai Co-founder.

Sebelum memulai bisnis usaha kopi kenangan, Edward sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan konsultan di Jakarta. Idenya untuk merintis usaha kopi kenangan di dapatkan setelah melihat panjangnya antrian orang-orang yang ingin membeli kopi di sebuah kedai kopi. Dari situlah kemudian Edward melihat peluang yang dapat dimanfaatkan.

Bersama Kedua temannya, Cynthia dan James, mereka membuka gerai pertama kopi kenangan yang berlokasi di menara Standard Chartered. Saat itu mereka berhasil mengumpulkan modal sebesar 150 juta untuk memulai merintis kopi kenangan.

Sebuah langkah berani yang berbuah manis, karena lokasi kopi kenangan yang strategis dan pangsa pasar yang tepat, dalam kurun waktu 3 bulan saja, Edward berhasil membalikkan modal awal kopi kenangan. Semua itu berkat kejelian Edward melihat pasar dan strategi pemasaran yang dibuat.

Hasil dari balik modal kopi kenangan, digunakan kembali oleh Edward untuk membuka kedai kopi kenangan yang kedua. Walaupun berjalan tidak secepat kedai kopi kenangan yang pertama, kedai kopi ini berhasil membalikkan modal dalam kurun waktu 4 bulan saja. Hal ini membuat Edward bersama kedua temannya yakin bahwa pangsa pasar kopi ini begitu menjanjikan.

Dalam waktu setahun saja, tepatnya pada tahun 2018, kopi kenangan berhasil mendapat suntikan dana untuk permodalan dalam jumlah yang cukup besar sebesar 1 juta dollar.

Dan berselang satu tahun kemudian, kopi kenangan kembali mendapat suntikan dana dari para perusahaan pemodal ternama dengan jumlah yang tidak kalah besarnya. Termasuk kedalam yang ikut memberikan dana permodalan adalah perusahaan permodalan milik selebritas ternama Jay-Z dan atlit tennis internasional Serena Williams.

Setelah 3 tahun berjalan, kopi kenangan dihadapkan kepada tantangan terbesar akibat pandemi virus Covid-19. Sempat merasa pesimis bisnisnya tidak akan mampu bertahan, kopi kenangan nyata mampu bangkit dari keterpurukan dan  bahkan semakin berkembang dengan menambah gerainya. 

Strategi Bisnis Kopi Kenangan

Salah satu strategi bisnis yang dijalankan oleh kopi kenangan untuk menghadapi masa pandemi, adalah dengan menargetkan para karyawan yang harus bekerja dari rumah atau WFH.

Kopi kenangan membuka beberapa gerai bukan di area perkantoran, tetapi juga di area pemukiman dan tempat tinggal padat penduduk. Strategi ini juga dimaksimalkan dengan menghadirkan dukungan online dimana kopi kenangan dapat dibeli dan dipesan secara online walaupun karyawan hanya bekerja di rumah. 

Perkembangan Kopi Kenangan Kini

Sukses bertahan di kala pandemi virus Covid-19, kopi kenangan saat ini semakin mantap melebarkan sayap bisnisnya. Hingga tahun lalu saja total tercatat 500 gerai kopi kenangan yang sudah tersebar di 45 kota di Indonesia dengan kurang lebih 3 ribu karyawan. 

Tidak hanya kopi, kopi kenangan juga mulai menambah lini bisnisnya dengan membuat produk baru bernama cerita roti. Ini merupakan salah satu strategi kopi kenangan dalam memperluas bisnisnya dan semakin menjangkau lebih banyak konsumen dengan menyajikan berbagai macam varian produk. 

Demikianlah cerita perjalanan kopi kenangan sebagai salah satu brand lokal kebanggaan Indonesia. Semoga bisa menjadi inspirasi juga untuk kamu yang ingin memulai bisnis kamu sendiri.

Related Posts