Home Perencanaan Perhatikan Ini Jika Ingin Beli Rumah Untuk Investasi

Perhatikan Ini Jika Ingin Beli Rumah Untuk Investasi

by Lara Nifa

Investasi rumah adalah salah satu jenis investasi properti yang tergolong paling tinggi peminat. Selain dapat dijadikan sebagai tempat berteduh. Rumah juga mudah untuk disewakan sebab semua orang membutuhkan yang namanya rumah tapi tidak semua orang memiliki rumah sendiri. Apalagi bila lokasi rumah tersebut strategis, pastinya nilai dari hunian ini pun akan meningkat.

Bila kamu ingin berinvestasi jangka panjang yang paling menjanjikan, hunian juga dapat menjadi pilihan paling pas. Seperti yang kamu ketahui bahwa nilai jual rumah selalu mengalami peningkatan setiap tahun, sehingga pilihan investasi rumah begitu cocok bila dijadikan sebagai tabungan masa depan.

Selain itu rumah juga diklaim sebagai aset properti yang dapat melindungi investasi dari ancaman inflasi. Saat inflasi selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya, namun harga rumah juga turut mengalami kenaikan. Hal tersebut pastinya akan menguntungkan bagi kamu yang ingin mempunyai aset jangka panjang.

Terdapat beberapa poin yang wajib diperhatikan sebelum kamu memutuskan berinvestasi rumah dimana harga rumah saat ini cukup mahal. Jangan sampai kamu berinvestasi tanpa ada perencanaan yang matang.  Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat berinvestasi rumah, antara lain:

1.       Perhatikan Kondisi Keuangan

Langkah awal yang perlu kamu lakukan yakni memperhatikan kondisi keuangan. Apakah kamu sudah mempunyai dana cukup untuk membeli hunian, atau kamu akan mengambil kredit. Ingatlah bahwa berinvestasi rumah bukan investasi yang bisa memberikan keuntungan secara langsung, maka dari itu kamu perlu mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan.

Perlu kamu ingat, dimana biaya membeli hunian bukan sebatas membayarnya saja. Terdapat biaya lain sampai perawatan yang harus kamu siapkan. Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan berinvestasi rumah, pastikan dulu kondisi finansial kamu sudah siap, dan buat perencanaan finansial yang matang, kemudian baru mengeksekusinya.

2.       Memilih Tipe Rumah Yang ingin Dibeli

Jika kamu sudah merasa yakin berinvestasi rumah, maka langkah selanjutnya yaitu menentukan atau memilih tipe rumah yang ingin dibeli. Kamu dapat memilih tipe rumah satu tingkat atau rumah dua tingkat yang tersedia lebih banyak ruangan.

Saat memilih tipe rumah, carilah rumah yang sesuai oleh budget kamu tanpa mengesampingkan kualitas hunian tersebut. Selain itu, pilih rumah yang memiliki konsep bangunan yang memaksimalkan fungsi setiap ruangan supaya nyaman ketika ditempati.

3.       Menentukan Metode Pembayaran

Ketika berinvestasi rumah, kamu juga harus memperhatikan bagian metode pembayaran untuk pembelian rumah. Kamu dapat memilih metode pembayaran dengan cara tunai, cash bertahap atau sistem kredit alias KPR. Selain itu perhatikan pula besaran DP yang harus disiapkan saat membeli rumah.

Saat kamu memutuskan untuk menggunakan sistem angsuran, pastinya kamu akan membayar untuk jangka waktu panjang. Pastikan kamu sanggup membayar angsuran setiap bulan dengan cara mengatur finansial kamu.

4.       Mengecek Lokasi Sekitaran Rumah

Mengecek lokasi sekitaran rumah adalah hal yang tidak kalah penting untuk kamu lakukan. Periksalah kondisi di lingkungan sekitar hunian yang akan kamu beli, khususnya kondisi lahannya. Hindari membeli rumah yang mana kawasan tersebut tergolong rawan longsor.

Selain itu, Kamu juga harus memeriksa akses menuju ke rumah tersebut. Carilah hunian yang mudah diakses menggunakan berbagai jenis transportasi agar memudahkan kamu kedepannya. Lalu perhatikan ula kondisi keamanan sekitar supaya rumah bisa ditempati dengan aman.

5.       Memeriksa Fasilitas Sekitaran Rumah

Fasilitas di sekitar rumah pun termasuk bagian penting yang wajib kamu perhatikan. Kamu harus memastikan lokasi rumah yang akan dibeli nanti tidak jauh dari berbagai macam fasilitas umum, seperti sekolah, rumah sakit, perkantoran, pasar, tempat Ibadah dan masih banyak lagi. Makin banyaknya fasilitas di sekitaran rumah tentu potensi pertumbuhan nilai investasi turut meningkat.

6.       Mencari Tahu Prospek Kawasan Jangka Panjang

Jenis investasi yang bagus adalah investasi yang mempunyai prospek baik di kemudian hari. Begitu pula dengan berinvestasi rumah. Saat kamu memutuskan membeli sebuah hunian, perhatikan juga prospek dan potensi kawasan dari rumah yang akan kamu beli.

Apabila kawan tersebut disekitarnya akan atau sedang dibangun berbagai fasilitas, seperti mall, jalan tol hingga stasiun, tentu harganya pun akan semakin tinggi untuk beberapa tahun kedepan.

7.       Membeli Rumah Kualitas Terbaik

Bagian terpenting yang wajib kamu lakukan saat berinvestasi rumah yakni memperhatikan kualitas hunian. Perhatikan kualitas dari bangunannya, seperti material yang dipakai, denah rumah, tampilan rumah dan interior ruangan. Hal tersebut bertujuan supaya kamu tidak perlu lagi melakukan berbagai macam renovasi yang bisa menghabiskan lebih banyak uang.

Agar bisa mendapatkan rumah dengan kualitas terbaik, kamu harus berhati-hati saat memilih pengembang. Kamu harus memilih pengembang yang telah berpengalaman dalam membangun perumahan yang berkualitas supaya kamu dapat memperoleh rumah yang diinginkan.

 

Related Posts