Home Administrasi Perbedaan Visa dan Paspor yang mudah dipahami

Perbedaan Visa dan Paspor yang mudah dipahami

by Greg Pascal
perbedaan visa dan paspor

Visa dan paspor merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh seseorang ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Perlu anda ketahui bahwasanya terdapat perbedaan visa dan paspor yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan yang menyenangkan.

Dua dokumen ini merupakan dokumen yang dipandang oleh seseorang sebagai dokumen yang mirip karena kedua dokumen ini memiliki penampakan wujud yang hampir sama satu sama lainnya. Namun bagi orang awam maupun orang yang jarang memperhatikan hal ini harus memperhatikan hal berikut ini.

Perbedaan antara dua dokumen ini sangatlah mencolok dari berbagai segi dan fungsi. Maka dari itu anda sebagai pengguna atau sebelum membuat dokumen ini diharapkan memahami terlebih dahulu apa saja perbedaan antara kedua dokumen ini. Perhatikan penjelasan berikut ini.

Perbedaan Mendasar Visa dan Paspor

1. Dikeluarkan oleh Institusi yang Berbeda

Sebagaimana dokumen – dokumen penting lainnya. Sebuah dokumen yang bernama paspor dan visa ini juga harus dikeluarkan oleh lembaga atau institusi resmi negara. Hal ini dilakukan karena dokumen ini akan berkaitan dengan identitas kewarganegaraan masyarakat pada suatu negara yang ditempati.

Adapun perbedaan dari kedua dokumen ini dari segi institusi yang perlu diperhatikan oleh masyarakat umum sebelum melakukan pembuatan adalah paspor dibuat atau dikeluarkan oleh institusi resmi negara sedangkan visa sendiri dikeluarkan oleh kedutaan negara yang akan dituju seseorang.

Sesuai dengan fungsinya dokumen ini digunakan ketika seseorang melakukan perjalanan ke luar negeri jadi dokumen ini dibuat sebagai identitas seseorang sebagai warga negara saat berada di negara asing atau negara tujuan.

Perlu diketahui juga bahwasanya jika anda melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa memiliki atau membawa kedua dokumen ini anda bisa dikenakan sanksi atau bahkan hal yang lebih parah adalah anda dapat dideportasi oleh negara karena dianggap sebagai warga negara ilegal.

2. Fungsi Dokumen yang Berbeda

Dokumen keluar negeri ini memiliki pembuat atau dikeluarkan oleh institusi yang berbeda, maka secara tidak langsung kedua dokumen ini memiliki fungsi  kegunaan yang berbeda pula ketika digunakan ke luar negeri baik untuk berlibur atau menetap di luar negeri.

perbedaan visa dan paspor

Baca Artikel Selanjutnya :

Paspor sendiri memiliki kegunaan sebagai tanda yang sah bahwasanya seseorang memiliki kewarganegaraan atau kepemilikan kewarganegaraan. Sedangkan visa merupakan dokumen yang digunakan sebagai izin atas seseorang berkunjung ke suatu negara dan diterima dengan aman oleh negara tersebut.

Dokumen paspor ini dapat dimiliki oleh seluruh warga negara manapun asalkan membuat pada institusi terkait yang mengeluarkan dokumen ini. Sedangkan visa ini belum tentu seluruh masyarakat dapat memilikinya karena setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dan harus dipatuhi oleh setiap masyarakat.

3. Bentuk dan biaya Pembuatan yang Berbeda

Perbedaan paspor dan visa yang terakhir adalah terletak dari segi bentuk dan biaya pembuatan ketika membuat dokumen ini. Karena dari segi fungsinya dan pembuatnya sudah berbeda maka secara otomatis bentuk dan biaya yang diperlukan juga akan berbeda sesuai dengan keputusan institusi terkait.

Sesuai dengan fungsi paspor sebagai identitas pribadi seseorang ketika melakukan perjalanan ke luar negeri, maka isi dari dokumen ini berupa data diri pribadi, tanda tangan, serta halaman kosong yang digunakan untuk catatan perjalanan ke luar negeri.

Sedangkan visa sendiri yang berupa surat izin untuk melakukan perjalanan pada suatu negara ini berbentuk stempel atau stiker yang dicantumkan pada paspor yang telah dimiliki. Selain berbentuk stempel dan stiker, visa juga dapat berupa elektronik yang harus di print terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

Penunjukan visa ini harus diberikan kepada petugas imigrasi yang biasanya berada pada suatu negara atau bandara untuk di cek terlebih dahulu apakah dokumen yang dimiliki benar milik pribadi atau bukan. Untuk itu jika visa yang dimiliki berbentuk elektronik harus di print terlebih dahulu untuk ditunjukkan secara langsung.

Jenis Paspor dan Visa

Kedua dokumen penting yang harus dimiliki seseorang ketika melakukan perjalanan ke luar negeri ini juga memiliki beberapa jenis yang dapat dipilih masyarakat ketika akan membuat dokumen ini.

1. Paspor hijau

Paspor hijau ini merupakan paspor jenis biasa yang digunakan masyarakat umum untuk berkunjung ke suatu negara.

2. Paspor biru

Paspor jenis ini merupakan paspor dinas yang digunakan oleh pejabat yang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.

3. Paspor diplomatik

Jenis paspor terakhir ini digunakan untuk seseorang melakukan perjalanan diplomatic.

4. Short stay visa 

Visa jenis ini diperuntukkan untuk turis atau seseorang yang melakukan perjalanan kurang lebih 15-30 hari.

5. Student visa 

Visa ini digunakan untuk pelajar yang melakukan pertukaran atau belajar asing dan berlaku sampai masa studi berakhir.

6. Temporary worker visa

Jenis visa terakhir ini digunakan oleh pekerja asing yang nantinya akan kembali lagi ke nagara asalnya.

Itulah beberapa perbedaan visa dan paspor yang dapat anda pelajari dan jenis paspor serta visa untuk pembuatan dokumen persyaratan perjalanan keluar negeri.

Related Posts