Home Perencanaan Perbedaan kartu kredit dan debit, mana yang lebih baik?

Perbedaan kartu kredit dan debit, mana yang lebih baik?

by Lara Nifa

Setiap bank di Indonesia pasti ingin memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah dan calon nasabahnya. bank juga membaca kebutuhan masyarakat dan mengeluarkan beberapa program yang dapat membantu memudahkan nasabah untuk bertransaksi di era serba digitalisasi, salah satunya dengan mengeluarkan produk kartu debit dan kartu kredit.

 

Semua orang pasti tidak asing dengan penyebutan Kartu debit dan Kartu kredit, kedua kartu ini secara kasat mata adalah sama bentuk fisiknya namun untuk fungsinya sangat berbeda jauh. Kebanyakan orang mungkin masih bingung, apa perbedaan antara kartu kredit dan kartu debit, dibawah ini akan dijelaskan perbedaan kartu debit dan kartu kredit beserta keuntungan dan kekurangannya

Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Debit

Kartu Debit

Kartu debit adalah sebuah kartu yang dikeluarkan oleh suatu bank dan diberikan kepada nasabah yang sudah mendaftarkan diri sebelumnya, lalu kartu debit juga dapat dijadikan alat tarik tunai melalui ATM (anjungan tunai mandiri), selain bisa digunakan untuk tarik tunai, kartu debit juga berfungsi sebagai digital payment yang tidak memiliki batasan berapa banyak uang yang nasabah keluarkan untuk membeli suatu barang atau transaksi barang, akan tetapi nasabah juga harus mengisi secara berkala supaya saldo di dalam kartu debit tidak habis setelah digunakan untuk transaksi.

 

  1. Kelebihan Kartu Debit

  • Kartu debit memberikan kemudahan kepada nasabah untuk pembayaran transaksinya sehingga nasabah tidak harus membawa uang dalam tas dengan nominal transaksi yang besar, hanya dengan kartu yang dimasukkan kedalam mesin EDC akan langsung menyelesaikan transaksi tersebut.

 

  • Menggunakan kartu debit sangat dianjurkan, karena transaksi yang dilakukan nasabah sesuai dengan isi saldo yang ada di kartu debit dan tidak harus berhutang ketika uang tunai yang nasabah bawa itu kurang untuk membayar suatu transaksi. biasanya nasabah sudah mengetahui berapa uang tunai yang dibawa dan juga saldo dalam kartu debit ketika pergi untuk bertransaksi.

  • Kartu debit bisa digunakan untuk tarik tunai melalui mesin ATM yang biasanya berada di pusat perbelanjaan atau di lokasi yang ramai mobilitas masyarakat, hal ini memudahkan nasabah ketika ingin bertransaksi ketika tempat tujuan tersebut tidak memiliki akses untuk digital payment.

 

  1. Kekurangan Kartu Debit

  • Pengguna kartu debit sangat jarang sekali mendapatkan promo, tidak seperti kartu kredit yang hampir setiap bulan ada promo menarik.

  • Pengguna kartu debit bisa menjadi rentan disalahgunakan oleh oknum kejahatan cyber, contohnya yang marak sekarang ini adalah dengan double swipe yaitu menggesekkan dua transaksi akan tetapi yang dilaporkan ke nasabah hanya satu kali transaksi.

  • Tidak semua lokasi atau tempat berbelanja memiliki mesin EDC yang sesuai dengan bank yang dimiliki nasabah, jadi nasabah masih sering mendapatkan charge sebesar 2% karena tidak lengkapnya mesin EDC di lokasi tujuan nasabah.

  • Kartu Kredit

Kartu Kredit merupakan metode pembayaran suatu transaksi yang tidak membutuhkan uang tunai menggunakan kartu yang diberikan oleh bank tertentu dan dapat digunakan nasabah untuk membeli suatu barang atau jasa yang dibutuhkan, kartu kredit memiliki sistem pembayaran yang fleksibel dan sudah ditentukan oleh bank tanpa harus mengisi saldo terlebih dahulu, kartu kredit biasa digunakan nasabah untuk membeli barang secara kredit dan dibayarkan dengan tagihan bulanan. lalu apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan kartu kredit? 

  1. Kelebihan Kartu Kredit

  • Banyak promo yang diberikan oleh pihak bank ketika nasabah menggunakan kartu kredit, seperti cashback, potongan hingga 50%.

 

  • Pengguna kartu kredit dapat melakukan transaksi diluar dan didalam negeri, biasanya bank yang memiliki kartu kredit sudah bekerja sama dengan beberapa bank di luar negeri untuk memfasilitasi nasabahnya. misalnya BCA, HSBC dan Maybank.

  • Lebih aman dari penyalahgunaan kejahatan cyber daripada kartu debit, karena kartu kredit tidak bisa double swip maupun jarang sekali tarik tunai melalui mesin Atm

  • kartu kredit secara otomatis akan memberikan laporan bulanan berupa dokumen yang dikirimkan ke alamat nasabah.

  1. Kekurangan Kartu Kredit

  • kartu kredit memiliki bunga yang dibebankan ke nasabah sangat besar setiap kali transaksi, semakin banyak transaksi yang dilakukan maka semakin besar bunga yang dibebankan.

  • Nasabah diwajibkan membayar transaksi yang sudah dilakukan sesuai jatuh tempo yang ditentukan pihak bank, jika telat sehari saja akan membuat bunga semakin bertambah

  • Jika nasabah menarik uang tunai menggunakan kartu kredit, maka akan diberikan bunga yang sangat tinggi daripada kartu debit,dan dibebankan pada tagihan bulanan

 

Jadi kesimpulannya kartu debit dan kartu kredit mana yang lebih baik? jawabannya adalah tergantung kebutuhan dari masing-masing nasabah, karena jika nasabah ingin bertransaksi tanpa batasan bisa memilih kartu kredit dan jika nasabah yang hanya ingin bertransaksi sesuai kebutuhannya bisa menggunakan kartu debit saja.

Related Posts