Home Bisnis dan Usaha Pentingnya Fungsi Manajemen Keuangan Bagi Bisnis

Pentingnya Fungsi Manajemen Keuangan Bagi Bisnis

by Lara Nifa
Pentingnya managemen dalam bisnis

Manajemen keuangan merupakan salah satu cabang dari ilmu manajemen dan akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pemeriksaan, perencanaan, pengendalian, penyimpanan dan pengelolaan dana yang dilaksanakan oleh organisasi, individu atau perusahaan.

Lalu bila ditanya apa fungsi dari manajemen keuangan, yaitu untuk menangani dan mengawasi laporan keuangan milik perusahaan agar dana tersebut tetap stabil.

Definisi dari manajemen keuangan

Ada beberapa definisi berbeda dari manajemen keuangan yang disampaikan oleh para ahli, seperti berikut ini :

  • Apabila menurut James Horne juga John Wachowicz, manajemen keuangan memiliki kaitan dengan pendanaan, perolehan serta manajemen aset dan didasari oleh tujuan umum.
  • Menurut Bambang Riyanto, manajemen keuangan merupakan keseluruhan kegiatan yang memiliki kaitan dengan usaha dalam memperoleh modal dan mengalokasikan modal tersebut.
  • Menurut Suad Husnan, manajemen keuangan merupakan pengaturan aktivitas keuangan.
  • Menurut J.F Bradley, manajemen keuangan merupakan bidang dari manajemen bisnis dan mempunyai tujuan yang digunakan dengan bijaksana juga seleksi secara teliti yang bersumber dari modal dan memungkinkan adanya unsur pengeluaran agar bisa bergerak dan mendapatkan tujuan.

Dari semua definisi tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bila manajemen keuangan merupakan aktivitas perusahaan atau organisasi yang memiliki kaitan dengan bagaimana caranya agar mendapatkan pendanaan untuk modal kerja dan memanfaatkan dana tersebut secara efektif serta bisa mengelola aset yang ada guna mencapai target perusahaan.

Fungsi dari manajemen keuangan

Di dalam organisasi atau perusahaan, manajemen keuangan mempunyai banyak fungsi. Berikut di bawah ini adalah fungsi-fungsinya :

  1. Manajemen keuangan bisa digunakan mengatur rencana pengeluaran dan pemasukan serta kegiatan lain yang berhubungan di dalam periode tertentu.
  2. Manajemen keuangan juga dapat dimanfaatkan untuk penganggaran secara mendetail, baik untuk bagian pengeluaran atau pemasukan.
  3. Manajemen keuangan berfungsi juga sebagai alat untuk mengelola keuangan dan dengan begitu dalam penggunaan dana dapat berjalan semaksimal mungkin dengan banyak cara.
  4. Manajemen keuangan juga bisa difungsikan sebagai penyimpanan uang, artinya mereka mengumpulkan dana dari perusahaan, kemudian menyimpannya dengan aman.
  5. Karena manajemen keuangan, organisasi atau perusahaan bisa mencari juga mengeksploitasi sumber dana untuk kegiatan yang berhubungan dengan operasional.
  6. Manajemen keuangan memiliki fungsi sebagai penyedia informasi tentang kondisi keuangan sebuah perusahaan dan bisa dijadikan untuk bahan perbaikan serta evaluasi.
  7. Manajemen keuangan juga berfungsi sebagai bahan pemeriksaan keuangan dan melakukan audit internal tentang keuangan perusahaan. Sehingga tidak akan ada penyimpangan serta penyalahgunaan dana.
  8. Manajemen keuangan juga bisa dijadikan sebagai pengendali, dengan cara selalu melakukan evaluasi serta perbaikan atas keadaan keuangan sebuah perusahaan dan metode keuangan didalam organisasi atau perusahaan tersebut.

Tujuan dari manajemen keuangan

Dengan adanya manajemen keuangan maka dapat memaksimalkan nilai dari sebuah perusahaan, dimana ketika nantinya perusahaan tersebut dijual, maka nilainya bisa tetap dalam harga yang tinggi. Sudah menjadi tugas seorang manajer untuk dapat menekan arus perputaran uang yang ada di perusahaan supaya dapat menghindari resiko yang dapat merugikan.

Ruang lingkup dari manajemen keuangan, yaitu :

  • Memberikan keputusan mengenai pendanaan yang mencakup kebijakan dari manajemen ketika mencari modal untuk perusahaan.
  • Memberikan keputusan akan investasi yang merupakan kebijakan dari penanaman modal milik perusahaan pada aktiva tetap. Seperti, alat-alat, gedung, tanah dan masih ada lainnya lagi. Atau aktiva finansial berupa surat-surat yang berharga misalnya obligasi dan saham.
  • Memberikan keputusan dari pengelolaan aset yang dimiliki pihak perusahaan seefisien mungkin hingga mencapai tujuan atau target utama.

Peran dari seorang manajer keuangan

Setelah Anda mengetahui tentang fungsi dan tujuan dari manajemen keuangan. Hal lain yang harus Anda ketahui adalah tentang seorang manajer keuangan. Dimana manajer inilah yang nantinya akan menjalankan fungsi dari manajemen keuangan.

Seorang manajer memiliki tanggung jawab besar dalam pengelolaan keuangan dan perannya sangatlah penting bagi sebuah perusahaan. Berikut dibawah ini adalah tugas yang harus dilakukan :

  • Membuat perencanaan anggaran keuangan bagi perusahaan setiap tahun.
  • Manajer keuangan harus bekerja sama dengan manajer lainnya agar dapat merencanakan, mengawasi serta memprediksi dari segala aspek yang mungkin akan terjadi di perusahaan.
  • Memantau serta memutuskan rencana investasi yang akan dilakukan oleh perusahaan.
  • Memastikan bila perusahaan sudah menjalankan segalanya secara efektif dan efisien.
  • Membuat sebuah keputusan yang berkaitan dengan pembiayaan.
  • Menghubungkan perusahaan dan pasar saham serta memastikan bila perusahaan akan bisa memperdagangkan sahamnya seperti yang seharusnya.
  • Memajukan dan menjaga keuangan perusahaan agar bisa lebih berkembang.

Itulah peranan serta tugas dari seorang manajer keuangan serta pentingnya fungsi manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan. Karenanya, sangatlah dibutuhkan oleh semua lembaga atau instansi apapun sektornya. Dengan diadakannya manajemen, pastinya perusahaan atau organisasi akan mampu memaksimalkan bisnis mereka hingga mendapatkan keuntungan maksimal pula.

 

Related Posts