Home Perencanaan Pentingnya Dana Darurat Bagi Masa Depan

Pentingnya Dana Darurat Bagi Masa Depan

by Lara Nifa
Pentingnya Dana Darurat Bagi Masa Depan

Pengelolaan finansial yang stabil sangat penting agar dapat bertahan di masa yang sulit, apalagi di tengah ekonomi naik turun seperti sekarang ini yang diakibatkan oleh pandemi virus corona. Pengalokasian dana darurat mesti diperhitungkan secara matang supaya Anda siap menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi pada masa akan datang. Mari simak pembahasan terkait pentingnya simpanan dana darurat bagi masa depan.

Mengenal Apa itu Simpanan Dana Darurat

Dana darurat merupakan sejumlah uang sengaja dipersiapkan dalam tabungan keuangan khusus sebagai upaya antisipasi terjadinya pengeluaran tidak terduga. Hal tersebut bisa menjadi solusi apabila Anda mempunyai kebutuhan atau keperluan mendadak atau membutuhkan tindakan saat itu juga.

Tujuan serta Fungsi Dana Darurat

1.    Tidak Perlu Lagi Berhutang

Dalam menjalani kehidupan, terdapat begitu banyak pengeluaran yang tidak terduga dan kapanpun dapat terjadi. Misalnya adanya perlengkapan atau barang rumah tangga yang mengalami kerusakan,biaya pendidikan anak, atau salah satu anggota keluarga yang tiba-tiba sakit.

Akan tetapi, sebagian orang juga dapat terlilit hutang dikarenakan ketidakmampuannya dalam mengelola finansial. Nah, dengan menyiapkan simpanan dana darurat bisa membuat Anda terhindar dari kebiasaan meminjam uang ke orang lain, entah itu teman, kerabat atau lembaga peminjaman uang.

2.    Siap Menghadapi Krisis

Salah satu fungsi dari memiliki dana darurat yaitu proteksi terhadap kondisi krisis yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Entah itu krisis ekonomi, peristiwa kecelakaan, ancaman PHK sampai biaya berobat di rumah sakit yang naik signifikan. Dengan begitu, mempersiapkan tabungan dana darurat sangat penting dilakukan supaya Anda selalu siap membayar berbagai keperluan mendesak di masa akan datang.

Apalagi ketika sedang terjadi krisis ekonomi bahkan krisis dunia yang berdampak buruk terhadap sumber pendapatan Anda. Simpanan dana darurat dapat dipakai untuk menunjang kehidupan Anda serta keluarga untuk beberapa bulan atau hitungan tahun sampai akhirnya diri Anda dapat kembali bekerja dengan pendapatan yang normal.  Intinya dengan memiliki darurat bisa lebih menjamin hidup yang lebih aman, nyaman meski sedang berada di kondisi terparah sekalipun.

3.    Finansial Aman Terjaga

Setelah membahas dua poin barusan, berikutnya dengan memiliki dana darurat kondisi keuangan Anda serta keluarga juga bisa terjamin stabil Jangan sampai salah arti, dana darurat ini berbeda dengan tabungan biasa. Menyiapkan simpanan uang dalam tabungan berguna ketika Anda ingin mendapatkan sesuatu dengan membelinya, seperti mobil, rumah, berlibur dalam negeri atau keluar negeri.

Selain itu dana darurat juga bisa memastikan tabungan telah Anda siapkan sejauh ini tetap aman. Yang dimaksud adalah, bila mengalami hal-hal atau kejadian yang tidak diinginkan, uang yang ada di tabungan Anda sudah tidak perlu lagi diganggu, Anda bisa menggunakan uang darurat yang telah disimpan. Jika begitu, pengeluaran tatap dapat ditanggung serta impian Anda juga dapat dicapai.

4.    Investasi Lancar

Investasi saat ini semakin populer sebab sifatnya dapat dijadikan sebagai pendapatan passive income. Dengan menyisihkan sedikit uang dari gaji untuk dana darurat juga sangat bermanfaat untuk Anda yang mau bergabung dalam dunia investasi. Karena, akan selalu ada yang namanya resiko kerugian di semua jenis investasi apapun, mengingat prinsip risk serta return.

Simpanan dana darurat juga bermanfaat ketika Anda menyisihkan dana untuk investasi. Meskipun ada pengeluaran mendadak dan harus segera dilunasi. Anda tetap dapat melakukan kegiatan investasi tanpa mengusik dana untuk keperluan sehari-hari atau bahkan dana tabungan Anda.

5.    Kerja Lebih Produktif

Tidak bisa dipungkiri hampir setiap orang merasakan tertekan ketika bekerja sebab hanya berfokus dengan tanggungan dan pengeluarannya setiap bulan. Ditambah lagi keperluan hidup yang makin hari makin mahal dan nilainya bisa lebih besar dari jumlah pendapatan yang diperoleh setiap bulan.

Oleh karena itu, mempunyai simpanan dana darurat akan berdampak baik kepada efektivitas dan produktivitas seseorang dalam pekerjaan. Tidak perlu khawatir akan kemungkinan pengeluaran tidak terduga, uang dari dana darurat yang telah dikumpulkan dapat dipakai untuk membayar segala keperluan yang ada. Alhasil Anda dapat bekerja dengan nyaman dan tenang tanpa ada pikiran yang terbebani.

Cara Mengumpulkan Dana Darurat

Sesudah mengetahui banyaknya keuntungan jika mempunyai dana darurat, Itu berarti Anda sudah saatnya menerapkan cara pintar supaya dapat menyiapkan dana darurat. Poin pertama yang perlu dilakukan yaitu mengatur finansial Anda. Cobalah dengan menekan pengeluaran per hari serta menyisihkan uang setidaknya 10% dari jumlah gaji agar dimasukkan ke dalam dana darurat.

Kemudian, bukalah rekening tabungan khusus untuk digunakan sebagai wadah penyimpanan dana darurat. Banyak pilihan lembaga keuangan yang bisa Anda jadikan tempat menaruh dana darurat. Seperti bank-bank pada umumnya. Apalagi setiap bank saat ini sudah menawarkan berbagai fitur dan fasilitas menarik untuk para nasabahnya. 

Related Posts