Home Investasi Pentingnya asuransi pendidikan

Pentingnya asuransi pendidikan

by Lara Nifa

Mempunyai buah hati pasti menjadi sebuah kebahagiaan di setiap keluarga. melihat tumbuh kembang si buah hati mulai dari kecil hingga dewasa mandiri dan juga sukses dalam kehidupannya adalah hal yang sangat membanggakan bagi setiap orang tua. Setiap orang tua yang baik pasti mengupayakan agar si buah hati bisa hidup layak dan juga sukses di masa depannya. Oleh karena itu setiap orang tua harus memikirkan dan merencanakan semuanya termasuk pendidikan untuk si buah hati kelak.

Banyak yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak di masa depan. Mulai dari menabung, berinvestasi dan juga mengikuti asuransi pendidikan untuk mempersiapkan dana yang diperuntukkan sebagai biaya pendidikan bagi si buah hati kelak. 

Banyak produk asuransi pendidikan yang bisa kita manfaatkan untuk mempersiapkan dana pendidikan. Dengan memanfaatkan asuransi pendidikan, kita bisa mendapat manfaat lain yang juga menyertai asuransi pendidikan tersebut yang juga sangat berguna. Premi yang harus kita bayarkan pun bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kita dan juga tanggal jatuh temponya bisa disepakati dan disesuaikan dengan umur si anak agar perencanaan dana pendidikannya bisa dicairkan tepat waktu sesuai dengan kebutuhan si buah hati. 

Walaupun dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, masih banyak orang tua yang tidak tahu betapa pentingnya asuransi pendidikan bagi buah hatinya. Bukan sekedar sebagai sarana pembiayaan pendidikan, asuransi pendidikan punya manfaat lain yang juga tak kalah penting bagi nasabahnya. Apa sih pentingnya asuransi pendidikan? Mari kita simak pentingnya asuransi pendidikan bagi orang tua dan buah hatinya. 

Pentingnya asuransi pendidikan

  • Jaminan biaya pendidikan untuk anak

Sudah pasti tujuan utama dari asuransi pendidikan adalah untuk menjamin pendidikan bagi anak kelak. Asuransi pendidikan sangat berguna untuk perencanaan pendidikan bagi si anak. Kita bisa merencanakan kapan asuransi tersebut jatuh tempo agar ketika si anak sudah masuk ke jenjang pendidikan yang membutuhkan biaya yang besar, asuransi pendidikan tersebut sudah dapat dicairkan dan bisa menjadi sumber biaya bagi pendidikan si anak tersebut. Yang menarik pada asuransi pendidikan tersebut adalah proteksi jaminan akan tetap diberikan walaupun pihak tertanggung meninggal dunia dan tidak dapat melanjutkan pembayaran preminya. Hal ini pasti membuat kita menjadi lebih lega karena jaminan proteksi biaya pendidikan tidak akan hangus. 

  • Belajar berhemat

Dengan mengikuti asuransi pendidikan, orang tua akan bisa belajar berhemat dan juga focus dalam mempersiapkan kehidupan anak di masa depan. Dengan adanya kewajiban untuk membayar premi asuransi, orang tua akan lebih berusaha mengatur keuangan setiap bulannya dan mengendalikan gaya hidupnya agar bisa lebih berhemat dan mencukupkan penghasilannya. Besaran premi asuransi yang haruis dibayarkan disesuaikan dengan kemampuan dari orang tua dan harus disiplin dibayarkan setiap bulannya hingga asuransi tersebut jatuh tempo. Dengan perencanaan keuangan bulanan yang matang serta hidup hemat, kebutuhan pendidikan si anak di masa mendatang akan bisa dipersiapkan dengan lebih baik.

  • Investasi

Selain sebagai jaminan pendidikan untuk anak atau si calon anak kelak di masa depan, asuransi pendidikan juga digunakan sebagai salah satu investasi. Layaknya sebuah tabungan deposito, kita membayar premi yang sudah disepakati setiap bulannya dan kita bisa mendapat keuntungan imbal baliknya ketika jatuh tempo tiba dengan besaran jumlah uang yang cair ketika jatuh tempo. Walaupun tujuan utama dari asuransi pendidikan adalah untuk menjamin pendidikan anak, uang hasil pencairan dana ketika jatuh tempo bisa kita peruntukan di tujuan lain selama dana pendidikan anak sudah benar-benar terjamin. Besarnya dana yang dicairkan ketika jatuh tempo bisa kita anggap sebagai hasil investasi yang bisa kita pergunakan untuk kebutuhan ataupun kita putar lagi dananya ke investasi yang lainnya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

  • Manfaat tambahan bagi anak

Biasanya pada asuransi pendidikan menawarkan manfaat lain yang juga menjadi layanan dalam asuransi pendidikan tersebut.  Manfaat tambahan yang paling sering ada pada produk asuransi kesehatan adalah asuransi jiwa dan kesehatan bagi si anak. Hal tersebut bisa sangat bermanfaat karena selain menjamin dana pendidikan di masa depan, kita bisa memanfaatkan jaminan asuransi kesehatan si anak ketika anak kita sakit dan juga ketika si anak mengalami musibah dan meninggal dunia, asuransi jiwa yang juga menjadi layanan tambahan dari asuransi pendidikan akan mencairkan santunan dengan jumlah yang cukup besar sesuai dengan kebijakan dan kesepakatan dari nasabah dan perusahaan asuransinya. Dengan adanya manfaat tambahan yang hadir bersama asuransi pendidikan tersebut, membuat orang tua bisa lebih tenang dalam mendampingi tumbuh kembang si anak menuju masa depannya. 

Asuransi pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting yang harus dipertimbangkan oleh orang tua agar bisa merencanakan masa depan si buah hati menjadi lebih baik. Dengan mengikuti asuransi kesehatan, pendidikan untuk si anak akan jauh lebih terjamin karena kita sudah mempersiapkan itu sejak dini. Dengan adanya asuransi pendidikan kita tidak perlu khawatir akan biaya pendidikan untuk si anak kelak walaupun kita berada di masa sulit.   

Related Posts