Home Perencanaan Pensiun tetap Bisa Sukses Bangun Bisnis, Begini Tipsnya

Pensiun tetap Bisa Sukses Bangun Bisnis, Begini Tipsnya

by Lara Nifa

Setiap pekerja pasti akan menjalani masa pensiun, di mana kamu tidak lagi bekerja ketika sudah mencapai usia tertentu biasanya sekitar 56-65 tahun.Bagi sebagian orang, pensiun adalah masa yang ditunggu-tunggu karena bisa fokus menghabiskan waktu dengan keluarga di rumah. Namun banyak juga yang takut menghadapi masa pensiun.

Di masa ini kamu tak lagi bisa mendapatkan penghasilan tetap seperti sebelumnya, kecuali jika perusahaan tempatmu bekerja punya kebijakan tunjangan pensiun. Namun nominalnya pun sangat kecil sehingga sulit jika hanya bergantung pada uang pensiunan.  

Sebenarnya kamu masih tetap bisa produktif ketika menjalani masa pensiun nanti. Bukan tidak mungkin untuk bisa menghasilkan uang dan meraih kesuksesan, meski usia tak lagi muda. Salah satu caranya yaitu dengan berbisnis. 

Lantas, bagaimana caranya membangun bisnis setelah pensiun ? 

Langkah Sukses Berbisnis di Masa Pensiun

Jangan pernah berpikir bahwa memulai bisnis di masa pensiun adalah sesuatu yang mustahil terwujud. Karena kesuksesan tak pernah memandang usia, hanya niat dan kerja keraslah yang bisa membantumu untuk mencapainya. 

Nah, di bawah ini ada beberapa tips untuk tetap bisa sukses menjalankan bisnis ketika sudah pensiun. Yuk, simak baik-baik tipsnya !

Tentukan Bisnis yang Ingin Dijalankan 

Langkah pertama yaitu tentukan dulu jenis usaha yang akan kamu jalankan setelah pensiun. Agar selanjutnya, kamu bisa menentukan langkah dan strategi yang tepat untuk bisnismu. Pilih bisnis yang sesuai dengan minat dan keahlianmu karena tentu kamu lebih paham dan akan lebih menyenangkan.

Namun pastikan juga kamu menyesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Tak masalah jika kamu hanya memiliki modal sedikit karena saat ini pun banyak bisnis yang tak membutuhkan modal besar bahkan tanpa modal sama sekali. Kamu bisa memulainya dari bisnis kecil-kecilan atau rumahan, jika ditekuni pasti juga akan bertumbuh besar. 

Identifikasi Peluang Usaha 

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melihat peluang usaha yang ada. Bagaimana prospeknya untuk beberapa tahun ke depan ? Apakah bisnis yang kamu pilih itu akan bertahan lama ?

Ada sejumlah cara untuk menentukan bisnis apa yang memiliki prospek bagus di masa yang akan datang. Kamu harus peka terhadap setiap hal yang terjadi di sekitarmu. Perhatikan apa saja yang menjadi keresahan dan permasalahan orang-orang karena dari situlah kamu akan memperoleh ide-ide bisnis. 

Amati juga bagaimana kondisi pasar saat ini, kemudian tentukan target pasarmu. Dengan begitu, kamu bisa mengidentifikasi peluang usaha yang ada.

Fokus Pada Tujuan

Permasalahan akan selalu ada dalam bisnis apa pun, namun hal yang terpenting adalah bagaimana persiapanmu untuk menghadapinya. Untuk membuat bisnis menjadi berkembang tentu diperlukan proses panjang yang terkadang tidak mudah.

Disaat kamu dihadapkan pada masa sulit, jangan putus asa dan tetaplah fokus pada tujuan awal merintis bisnis. Karena setiap permasalahan pasti akan ada jalan keluar. Dan sebagai seorang pebisnis, kamu harus bisa mengatasi kesulitan saat menjalankan bisnis melalui berbagai strategi dan perencanaan yang matang.

Jangan Tunda untuk Memulai

Kamu tak perlu menunggu masa pensiun tiba untuk memulai bisnis. Lebih baik lakukan sebelumnya jika memang sudah cukup modal. Pada saat ada peluang, jangan sia-siakan karena kesempatan tidak datang dua kali. Belum tentu peluang itu masih bisa kamu manfaatkan pada beberapa tahun ke depan disaat kamu sudah pensiun.

Mungkin saja orang lain sudah lebih dulu memanfaatkan adanya peluang tersebut untuk membuka bisnis. Dan keuntungan lainnya menjalankan bisnis sebelum pensiun yaitu kamu sudah memiliki penghasilan tambahan yang bisa dijadikan dana darurat. 

Apalagi jika kamu masih di usia produktif, untuk menjalankan bisnis pun jauh lebih mudah. Maka dari itu, saat kamu lebih cepat memulainya tentu akan lebih baik. 

Ide Bisnis Menguntungkan yang Cocok untuk Pensiunan

Ada banyak peluang usaha yang menjanjikan untuk kamu coba setelah pensiun. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Kontrakan dan Kos-kosan

Jika saat ini kamu sudah memiliki modal yang cukup besar, ada baiknya untuk mencoba bisnis ini. Kamu bisa mulai membangun beberapa rumah untuk disewakan sebagai kontrakan atau kos-kosan. Bisnis ini sangat menjanjikan, terutama jika kamu memilih lokasi yang strategis. Misalnya dekat dengan kampus atau komplek industri.

2. Ternak Hewan

Untuk kamu yang tinggal di pedesaan, ternak hewan bisa menjadi peluang usaha yang cocok dicoba. Pasalnya, untuk menjalankan bisnis ini kamu perlu lahan yang cukup luas.  Ada beberapa jenis hewan ternak yang berpotensi menguntungkan, seperti ayam petelur, ayam pedaging, kambing, dan sapi. 

Download: Investasi Bunga Cair Tiap Hari Senyumku

3. Rental Kendaraan

Peluang bisnis berikutnya yaitu membuka rental motor dan mobil. Apalagi jika tempat tinggalmu tak jauh dari pusat kota dan tempat wisata, pasti akan sangat menguntungkan. Namun modal yang dibutuhkan pun juga tidak sedikit karena kamu harus menyiapkan banyak kendaraan yang layak untuk disewakan. 

Related Posts