Home Bisnis dan Usaha Pengertian Wiraswasta, Ciri dan Contohnya

Pengertian Wiraswasta, Ciri dan Contohnya

by Lara Nifa

Kenapa wiraswasta termasuk ke dalam golongan pekerjaan? Ya, saat disuruh menulis sebuah keterangan pekerjaan, pastinya ada saja yang menulis bekerja sebagai wiraswasta. Tetapi, apa arti dari wiraswasta sebenarnya? Apakah sebutan untuk orang yang berbisnis? Yuk temukan jawabannya berikut ini.

Apa itu wiraswasta? 

Definisi dari wiraswasta merupakan seseorang yang mempunyai keahlian untuk menilai dan melihat sebuah peluang bisnis, serta keahliannya untuk mengumpulkan semua sumber daya supaya bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan waktu yang lama dari peluang bisnis yang telah dilakukannya. 

Selain itu, ada pula yang mengartikan jika wiraswasta yaitu seseorang yang mempunyai kepribadian kreatif, produktif, kuat dan bisa berusaha secara individu dengan sangat maksimal. Untuk hal ini, pastinya seorang wiraswasta wajib memiliki ide yang banyak dan bisa direalisasikan supaya mampu mengembangkan semua ide-idenya dengan perencanaan yang bagus serta memanfaatkan sumber daya manusia. 

Istilah dari wiraswasta ini berasal dari 2 kata yaitu wira yang berarti “berani” dan juga swasta yang memiliki arti “berdiri sendiri”. Sehingga, definisi dari wiraswasta yaitu orang yang berani untuk membangun bisnis secara mandiri atau biasa dikenal dengan pengusaha atau entrepreneur. 

Ciri-ciri wiraswasta 

Tentunya masing-masing wiraswasta mempunyai karakteristiknya sendiri sesuai dengan keahliannya. Sehingga seperti pada definisi wiraswasta, maka umumnya seorang yang bisa disebut menjadi wiraswasta jika mempunyai ciri-ciri seperti berikut ini. 

  • Memiliki rencana 

Seseorang yang disebut menjadi wiraswasta, wajib mempunyai kepribadian yang tepat dan cepat. Hal tersebut pastinya wajib berdasarkan dengan perencanaan yang sangat matang, efektif serta tepat supaya bisa mencapai kesuksesan. Untuk hal ini, pastinya perencanaan dibuat bukan hanya untuk waktu yang pendek, tetapi untuk jangka panjang juga. 

  • Memiliki passion 

Apakah Anda tahu istilah passion? Ya, passion merupakan keterampilan, kemampuan maupun keahlian yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha. Passion ini menjadi dasar untuk merencanakan usaha yang ingin dijalankan. Apabila bisnis dijalankan sesuai dengan keterampilan atau passion, pastinya hasil bisa menjadi sangat memuaskan dan menjalankannya juga dengan senang hati.

  • Mempunyai sikap percaya diri 

Sikap percaya diri dan selalu positif harus terdapat di dalam kepribadian dari wiraswasta. Karena sikap inilah yang dipakai untuk mengandalkan pekerja atau partner lain supaya mau untuk bekerja dengannya. Coba Anda bayangkan saja bila Anda tidak mempunyai sikap percaya diri? Pastinya Anda tidak akan dapat menjalankan usaha dengan lancar sebab tidak mempunyai partner bisnis. 

  • Disiplin dan berdedikasi tinggi 

Ada satu hal yang wajib Anda ketahui jika sebuah bisnis tidak bisa sukses dengan kedisiplinan dan dedikasi yang rendah. Coba Anda lihat para pengusaha yang sudah sukses, ternyata mereka mempunyai kedisiplinan dan dedikasi yang sangat tinggi. Untuk hal ini tipsnya yaitu harus konsisten dan ulet. 

  • Berani mengambil resiko dan bertanggung jawab 

Tentunya untuk memulai usaha wajib didasari dengan keberanian mengambil resiko dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Karena dalam bisnis, pastinya Anda tidak akan tahu apa bisnis Anda bisa sukses atau tidak. Sehingga, menjadi seorang wiraswasta tentu mempunyai tanggung jawab yang sangat tinggi dan berani mengambil resiko. 

  • Fleksibel dan mudah beradaptasi 

Sebagai wiraswasta pun wajib bisa menjadi orang yang fleksibel dan mudah beradaptasi. Yang artinya, mereka wajib mempunyai solusi untuk menyelesaikan permasalahan, dan beradaptasi dengan semua kondisi yang bisa saja terjadi ketika sedang berbisnis. Selain itu, sifat fleksibel pun wajib dimiliki supaya mereka dapat mengkondisikan dirinya sesuai dengan situasi yang terjadi. 

Contoh bisnis wiraswasta 

Sesuai dengan pengertian dan ciri-ciri dari wiraswasta, maka berikut ini adalah beberapa contoh bisnisnya. 

  • Menjual produk 

Menjadi wiraswasta tidak lepas dengan menjual produk tertentu untuk para pelanggan. Ada pula contoh wiraswasta ini yaitu: 

  • Menjual mebel. 
  • Menjual berbagai produk untuk kebutuhan sehari-hari. 
  • Menjual makanan. 
  • Menjual suplemen. 
  • Menjual alat kesehatan. 
  • Menjual pakaian. 
  • Menjual jasa

Bisnis tidak hanya berbentuk barang atau produk saja, tetapi ada pula bisnis dalam bidang jasa. Jasa ini pun dapat Anda jual secara online maupun offline. Contoh dari peluang bisnis di bidang jasa yaitu: 

  • Jasa edit dan membuat video. 
  • Jasa mengedit gambar. 
  • Jasa penulis website. 
  • Jasa laundry. 
  • Jasa mencuci motor atau mobil. 

Nah, dari semua penjelasan definisi wiraswasta sampai contohnya tersebut, pasti sudah jelas terlihat jika seorang wiraswasta adalah sebuah pekerjaan yang berat dan beresiko. Untuk hal ini mereka dapat disebut sebagai “bos”, sebab mendirikan bisnisnya secara individu dan biasanya mempunyai anak buah atau pekerja. 

Jadi, apakah sekarang Anda berminat untuk menjadi seorang wiraswasta atau pengusaha? Jangan lupa untuk mempunyai ciri-ciri yang sudah dibahas sebelumnya, ya! Untuk Anda yang semakin berminat terjun ke dalam bidang yang satu ini, semoga sukses!

Related Posts