Home Bisnis dan Usaha Pengertian UMKM dan Perannya Dalam Perekonomian Indonesia

Pengertian UMKM dan Perannya Dalam Perekonomian Indonesia

by Lara Nifa
UMKM adalah

Tidak dapat dipungkiri bahwa UMKM memiliki peran sangat penting dalam perekonomian. Pelaku usaha UMKM pun juga sangat membantu lingkungan sekitar dengan membuka peluang pekerjaan. Secara garis besar UMKM adalah penopang utama yang mampu membangkitkan perekonomian Indonesia saat krisis moneter pada tahun 1997 lalu. Sebenarnya apa pengertian dari UMKM ini dan bagaimana peranannya dalam ekonomi Indonesia? Simak terus ulasannya berikut ini.

Pengertian UMKM adalah

Dari singkatannya, UMKM memilik kepanjangan Usaha Mikro Kecil Menengah. Sedangkan secara garis besar, pengertian dari UMKM ialah usaha yang dilakukan atau dijalankan secara perseorangan, berskala rumah tangga ataupun sebuah usaha kecil.

Adapun beberapa ahli yang menyatakan pengertian dari UMKM ini, salah satunya adalah M. Kwartono Adi yang menyatakan bahwa UMKM merupakan sebuah usaha yang mempunyai keuntungan atau profit kurang dari 200 juta rupiah dalam laba setahun.

Sebuah badan bisnis atau usaha bisa masuk dalam kategori UMKM, jika mempunyai kriteria dari usaha mikro. UMKM sendiri terbagi menjadi tiga jenis dan tertuang dalam Undang Undang No. 20 Tahun 2008, berikut ini jenisnya:

  • Usaha Mikro

Jenis yang pertama adalah usaha mikro yang biasanya dimiliki serta dikelola oleh satu orang atau satu keluarga. Usaha yang masuk dalam jenis ini adalah bila dalam setahun laba yang dihasilkan tidak melebihi angka Rp. 50 juta. Tidak hanya itu saja, pengelolaan dar usaha mikro ini pun masih digabung dengan pendapatan pribadi.

  • Usaha Kecil

Sedangkan jenis usaha kecil adalah usaha yang mendapatkan laba bersih sekiranya 50 juta hingga 300 juta rupiah dalam setahun. Kategori usaha yang masuk jenis usaha kecil ini adalah seperti fashion rumahan, industry skala kecil, toko ataupun restoran,

  • Usaha Menengah

Untuk jenis usaha menengah ini adalah jenis usaha yang sudah terstruktur. Di mana di dalamnya pencatatan keuangan sudah baik dan dipisah antara uang pribadi dan juga uang perusahaan. Tidak hanya itu saja, usaha yang masuk jenis menengah biasanya mempunyai keuntungan bersih setidaknya di atas 300 juta rupiah tiap tahunnya. Bahkan usaha menengah juga sudah memiliki berizin atau legal serta mempunyai NPWP.

Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

bisnis sampingan

Setelah memahami pengertian dan jenis dari UMKM, maka Anda juga harus mengenal peran UMKM dalam perekenomian Indonesia. Berikut ini adalah peranan UMKM dalam ekonomi di Indonesia:

  • Memperluas lapangan pekerjaan

Seperti yang sudah kita sadari bahwa lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia tidaklah banyak. Hal ini menyebabkan terhambatnya proses kesejahteraan dan cukup mengkhawatirkan. Disinilah peran UMKM yang cukup besar. Di mana akan tercipta lapangan kerja baru yang akan memberikan kesempatan masyarakat untuk memperbaiki kualitas hidup mereka.

Tidak hanya itu saja, lapangan pekerjaan yang diberikan dari UMKM tidak terbatas pada pendidikan. Sehingga perbaikan kualitas hidup dari segala lapisan masyarakat terus meningkat tanpa terkecuali. Hal ini tentu akan membantu proses kesejahteraan sosal secara merata.

  • Pertumbuhan ekonomi berkembang secara merata

Peranan lain dari adanya UMKM adalah mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di seluruh daerah secara merata. Tidak hanya pada kota-kota besar saja yang ekonominya mengalami pertumbuhan, bagi pedesaan ataupun kota kecil akan juga pun pertumbuhan ekonominya pun juga akan terbantu. Tidak hanya itu saja, orang yang ada berada di desa atau jauh dari pusat kota pun juga bisa memperoleh barang serta jasa yang mereka perlukan dengan adanya UMKM ini.

  • Devisa negara semakin meningkat

UMKM juga sangat berperan penting dalam meningkatan devisa untuk negara. Devisa negara adalah hal paling penting dalam perekonomian. Apabila sebuah negara mempunyai devisa dengan nilai yang tinggi, maka bisa dikatakan negara tersebut semakin maju serta dianggap kaya. UMKM secara tidak langsung akan ikut membantu meningkatkan devisa pada negara.

Contoh yang paling mudah adalah ketika UMKM berhasil memproduksi barang yang mampu menarik minat dari pembeli luar negeri. Di mana aktivitas ekspor inilah yang akan membantu memberikan pemasukan kepada negara. Apalagi saat ini sangatlah mudah untuk mempromosikan barang hingga luar negeri karena dapat dibeli secara online.

  • Membantu bangkit dari krisis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa UMKM telah sangat membantu negara ketika terjadi krisis moneter pada tahun 1997. Di mana kebutuhan masyarakat tetap dapat terpenuhi dari hadirnya UMKM. Sama seperti saat ini, di mana seluruh dunia termasuk Indonesia sedang dilanda pandemic Covid-19. Adanya UMKM pun dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat diperoleh dengan mudah karena bisa dibeli dengan cara online.

Dari ulasan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan UMKM adalah roda penting dalam memajukan perekonomian negara secara menyeluruh. Untuk membangun UMKM pun tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Apalagi UMKM termasuk usaha yang sangat fleksibel, sehingga masyarakat pun dapat berinovasi secara terus menerus.

Related Posts