Home Tabungan Pengertian Tabungan Anak, Fungsi dan Keuntungannya

Pengertian Tabungan Anak, Fungsi dan Keuntungannya

by Lara Nifa
tabungan anak

Menabung adalah salah satu kegiatan positif yang harus ditanamkan dari semasa anak-anak. Di mana sebagai orang tua tentu saja ingin anak selalu bijak dalam urusan finansial. Untuk mendukung menabung sejak dini, bank-bank yang ada di Indonesia telah menyediakan program tabungan anak yang memiliki fungsi serta keuntungan tersendiri. 

Pengertian Tabungan Anak 

Secara garis besar tabungan yang satu ini dibuat untuk anak dan memiliki sistem yang sama dengan tabungan pada umumnya. Tentu saja ada perbedaan yang mendasari kenapa disebut tabungan untuk anak, di mana beberapa bank sendiri memiliki kebijakan tidak adanya sistem banking serta limit penggunaan ATM dalam sebulan. 

Selain itu, kebanyakan tabungan jenis ini memang diperuntukan agar anak tertarik dalam menabung. Di mana uang yang ditabungkan pun nominalnya minim, di mulai dari 20 ribu rupiah per bulannya. Tentu saja, agar anak semakin tertarik banyak sekali fasilitas atau keuntungan yang bisa diberikan. Selain mengajarkan anak untuk menabung, jenis tabungan yang satu ini sendiri juga dapat dijadikan tabungan pendidikan. 

Fungsi Tabungan Anak 

Menggunakan tabungan yang satu ini sendiri tentu saja ada fungsi tersendiri untuk buah hati. Di mana berikut ini adalah fungsi dari tabungan khusus anak: 

  • Mengajari anak menabung 

Fungsi pertama dari tabungan khusus anak adalah mengajari buah hati agar dapat menabung dalam usia dini. Produk tabungan yang satu ini sendiri, nantinya akan menggunakan anak dan orang tua akan menjadi pengawas. Di mana pada setiap bulannya, anak harus bisa menabungkan uang saku mereka. 

Dengan mengajarkan hal ini terhadap anak, maka saat sudah beranjak dewasa, menabung akan menjadi kebiasaan yang tidak akan terlewatkan. Hal ini tentu saja akan membuat anak lebih mengerti cara mengatur uang nantinya. 

  • Mengenalkan uang dan fungsinya 

Fungsi selanjutnya dari produk tabungan ini adalah dapat mengenalkan anak akan uang serta kegunaannya. Hal ini sangatlah penting agar anak mengetahui bahwa uang harus digunakan dalam kegiatan dasar seperti jual dan beli. Dengan tabungan ini anak juga jadi mengerti bahwa uang juga memiliki kegunaan sebagai aset nantinya di masa depan. 

  • Membantu anak membedakan keinginan dan kebutuhan 

Fungsi dari tabungan ini sendiri juga akan membantu anak untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Saat anak sudah mulai mengerti, maka sudah pasti mereka akan menginginkan banyak hal dimulai dari mainan ataupun barang lain yang disukai. Tapi, karena Anda mengajarkan untuk menabung dan memberi pengertian bahwa membeli barang yang tidak perlu adalah hal yang harus ditahan, maka anak akan mengetahui mana beda dari keinginan dan juga kebutuhan. 

  • Menjadi tabungan pendidikan 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa tabungan ini sendiri bisa dijadikan tabungan pendidikan anak di masa depan. Sebagai orang tua tentu paham betul bahwa pendidikan anak akan memakan biaya yang besar. Di mana dengan mempersiapkan lebih dini, maka Anda bisa memberikan fasilitas pendidikan terbaik untuk anak nantinya.

Dari fungsi di atas, tentu saja sudah bisa dilihat bahwa produk tabungan untuk anak ini sangatlah berguna di masa depan. 

Keuntungan Tabungan Anak 

anak menabung tersenyum

Setelah melihat pengertian serta fungsi dari tabungan untuk anak, maka selanjutnya sebagai orang tua harus mengetahui keuntungan apa saja yang bisa diperoleh dari tabungan ini. Berikut ini adalah keuntungan dari tabungan khusus anak ini: 

  • Tidak ada biaya administrasi 

Keuntungan pertama dari tabungan jenis ini adalah tidak ada biaya administrasi yang dibebankan setiap bulannya. Karena tabungan ini bertujuan untuk membantu anak agar memiliki tabungan di masa depan, maka sebagian besar produk tabungan tersebut memang tidak menerapkan aturan administrasi perbulannya. 

  • Point reward 

Apabila Anda dapat memilih tabungan untuk anak yang tepat, maka Anda akan menemukan beberapa bank yang memberikan fitur point reward setiap tahunnya. Point reward ini sendiri biasa tidak berbentuk uang. Di mana bisa digunakan untuk membeli kebutuhan si kecil, dalam hal ini seperti kebutuhan pendidikan. Tentu saja point reward ini memiliki persyaratan dan ketentuan berlaku. 

  • Asuransi kecelakaan 

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dari produk tabungan ini adalah ada asuransi kecelakaan yang bisa mencapai 150 juta rupiah. Walaupun tentu saja tidak ingin anak mendapatkan musibah, tapi memiliki tabungan ini untuk selalu berjaga-jaga tidaklah salah. Ada beberapa bank yang memberikan asuransi kecelakaan bagi anak yang membuka tabungan jenis ini. 

  • Setoran awal murah 

Ketika Anda tabungan untuk buah hati, tidak perlu khawatir karena biasanya setoran awal untuk membuka tabungan sangatlah murah. Biasanya bank menerapkan setoran awal hanya 100 ribu rupiah saja, dengan setoran selanjutnya minimal 10 ribu hingga 20 ribu rupiah. Dengan nominal tersebut, tentu tidak ada alasan lagi untuk tidak membuka tabungan khusus anak ini. 

Itulah pengertian, fungsi serta keuntungan dari tabungan anak. Dapat dilihat bahwa menyiapkan tabungan untuk anak sangatlah penting, di mana selain dapat membiasakan anak untuk selalu menabung juga ada keamanan finansial di masa depan.

Related Posts