Home Tabungan Pengertian Rekening Bersama dan Cara Kerjanya

Pengertian Rekening Bersama dan Cara Kerjanya

by Lara Nifa
ide jualan online

Berbicara tentang pembayaran yang aman jika melakukan transaksi jual beli online, salah satu jawabanya pasti Rekening Bersama atau Rekber. Tapi, Anda tahu nggak sih apa Rekber ini? Dan kenapa pembayaran melalui rekening bersama itu menjadi salah satu pilihan yang tepat saat mengadakan transaksi jual beli online dari dulu sampai sekarang? Simak penjelasannya dibawah ini ya.

Pengertian Rekening Bersama (RekBer)

Rekber adalah suatu jenis pembayaran yang melibatkan pihak ketiga. Dimana pihak ketiga sebagai perantara pembayaran dengan sistem perjanjian yang telah disetujui oleh pihak pertama dan pihak kedua. Dana yang disimpan oleh pihak ketiga dapat dicairkan atas instruksi penyetor atau sesuai kondisi yang telah disyaratkan sebelumnya.

Istilah dari Rekber ini dipopulerkan dalam forum jual beli di Kaskus (karena pada saat dulu, transaksi jual beli online tidak sebanyak sekarang dan sedang maraknya kasus penipuan online), di mana antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Rekening Bersama juga menjadi jembatan antara pembeli dan penjual sehingga segala tindak penipuan yang akan dilakukan oleh penjual atau pembeli dapat dihindari. 

Dengan menggunakan Rekber maka keuntungan juga akan dirasakan dari sisi pembeli di mana penjual harus mengirimkan barang terlebih dahulu. Sedangkan di sisi penjual, penjual akan mengirimkan barang yang dipesan setelah penjual sudah memastikan bahwa pembeli sudah mentransfer uang pembayarannya terlebih dahulu.

jualan online

Selain menjadi perantara jual beli online, Rekber juga dapat dibuat secara mandiri oleh kedua belah pihak di bank. Cara mencairkannya adalah dengan membumbuhkan tanda tangan keduanya secara bersamaan.

Tapi, perlu diperhataikan bahwa Rekber ini juga memiliki kerugian, di mana dana dalam rekening bersama dapat mengendap di pihak ketiga jika dalam pencairannya tidak ada persetujuan dari penjual dan pembeli.

Jasa Rekber biasanya dijalankan oleh perseorangan dikarenakan dalam menjalankan jasa rekening yang satu ini, tidak membutuhkan banyak orang. Jika Anda ingin menjadi pengusaha untuk Rekber , Anda cukup memiliki nomor rekening di beberapa bank yang dipercaya dan terkenal sebagai penampung transaksi. Dengan semakin banyaknya rekening yang Anda buka dan miliki, semakin besar juga kesempatan untuk dipercaya sebagai jasa rekening bersama.

Cara Kerja Rekening Bersama

Setelah penjelasan diatas mengenai Rekber, agar Anda dapat lebih paham mengenai rekening ini, maka ada baiknya mengetahui cara kerjanya. Berikut cara kerja Rekber:

  1. Penjual dan pembeli sama-sama sepakat menggunakan sistem pembayaran menggunakan atau melalui Rekber,
  2. Pembeli akan melakukan pembayaran barang sejumlah yang sudah disepakati serta ditambah biaya Rekber (jika ada) dengan transfer ke rekening yang telah disepakati,
  3. Setelah pembeli mentransfer uang ke Rekber yang dituju, pembeli akan menginformasikan ke pihak ketiga sebagai pengelola rekening sesuai format yang telah berlaku dan disepakati,
  4. Pihak ketiga akan melakukan konfirmasi ke rekening yang digunakan bersama sesuai dengan info dan format dari pembeli,
  5. Jika uang pembayaran dari pihak pembeli telah diterima oleh rekening yang digunakan bersama yang dikelola pihak ketiga, pihak ketiga sebagai perantara dan pengelola rekening bersama akan mengkonfirmasi ke pembeli bahwa uang pembayaran telah diterima dengan nominal yang sudah sesuai,
  6. Pihak ketiga sebagai perantara dan pengelola dari Rekber akan menginformasikan kepada penjual, bahwa pembeli sudah melakukan pembayaran dengan jumlah nominal yang sudah disepakati,
  7. Dengan informasi yang diberikan oleh pihak ketiga, penjual akan segera mengemas pesanan pembeli dan segera mengirimkan ke pembeli.
  8. Penjual mengkonfirmasi ke pihak ketiga sebagai perantara dan pengelola dari Rekber bahwa pesanan pembeli telah dikirimkan dan penjual memberikan informasi data bank penjual ke pihak ketiga agar nantinya proses pencairan mudah dilakukan.
  9. Pihak ketiga sebagai perantara dan pengelola dari Rekber, menginformasikan kepada pembeli bahwa barang sudah dikirimkan oleh penjual.
  10. Jika pembeli telah menerima barang yang dipesan dan sudah mengecek keseluruhan barang serta puas dengan pesanannya, pembeli akan menginformasikan kepada pihak ketiga sebagai perantara bahwa barang telah diterima dengan kondisi baik. Pembeli menginstruksikan pencairan pembayaran untuk penjual kepada pihak ketiga sebagai perantara dan pengelola rekening bersama.
  11. Pihak ketiga sebagai perantara dan pengelola Rekber, akan segara melakukan pencairan dana untuk penjual dan menginformasikan ke penjual bahwa dana pembayaran sudah dicairkan ke rekening penjual.
  12. Penjual melakukan konfirmasi ke rekening pribadi penjual. Jika sudah terima , penjual akan melakukan konfirmasi ke pihak ketiga sebagai perantara dan pengelola rekening bersama bahwa uang pembayaran telah diterima.
  13. Transaksi jual-beli selesai.

Berikut pengertian dan cara kerja Rekening Bersama. Semoga dengan artikel ini, akan menambah pengetahuan Anda mengenai sistem pembayaran transaksi jual-beli online. Jika berkenan, Andapun dapat mencoba melakukan transaksi pembayaran jual beli online melalui rekening bersama. Selamat mencoba.

Related Posts