Home Tips Pengertian paypal fungsi hingga cara membuatnya

Pengertian paypal fungsi hingga cara membuatnya

by Lara Nifa
pengertian paypal adalah

Dengan berkembangnya teknologi membuat banyak cara untuk melakukan suatu pembayaran secara digital pada saat ini, contohnya Paypal. Paypal adalah alternatif pembayaran digital yang digunakan dalam suatu transaksi online. Kebanyakan orang-orang pada saat ini telah banyak yang memakai PayPal agar mendapatkan kemudahan dalam pembayaran online.

Keuntungan PayPal salah satunya yaitu dapat melakukan transaksi online sampai ke luar negeri. Akan tetapi masih saja ada beberapa orang yang tidak mengetahui PayPal itu sendiri. Apa itu PayPal? Bagaimana menggunakannya? Daripada bingung berikut ini penjelasan tentang PayPal.

Pengertian PayPal

PayPal merupakan sebuah layanan keuangan online dimana dapat memungkinkan melakukan transaksi seperti jual beli online yang menggunakan sebuah akun. Kemudian pada akun tersebut dapat ditambahkan rekening bank, kartu kredit hingga kartu debit yang digunakan untuk pembayaran dengan PayPal kapan saja.

Selain digunakan dalam pembayaran online, PayPal dapat digunakan dalam menerima uang via online. Apabila ada seorang teman yang memiliki akun PayPal, maka Anda dapat menerima uang yang dikirimkan dari teman Anda melalui PayPal atau kartu kredit. Dan juga PayPal dapat menjangkau pasar luar negeri.

Ketika Anda melihat suatu produk dan menyukai nya akan tetapi penyedia dari produk tersebut berada di luar negeri, maka Anda dapat menggunakan PayPal dalam membayar atau membeli produk tersebut. Pada saat ini juga, PayPal digunakan sebanyak 179 juta pengguna yang aktif dan memiliki jangkauan 200 pasar hingga memiliki sebanyak 100 jenis mata uang yang ada di seluruh penjuru dunia.

Manfaat menggunakan PayPal

pengertian paypal

PayPal merupakan salah satu cara dalam bertransaksi yang cepat serta mudah untuk membeli suatu produk secara online. Metode yang digunakan untuk pembayaran online tersebut memang sangat digemari oleh banyak situs belanja online contohnya seperti Amazon dan eBay. Dengan menggunakan PayPal untuk transaksi, maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaat berikut:

  • Fleksibilitas untuk para penjual produk

PayPal sangat bermanfaat untuk para penjual yang menawarkan beberapa produk mereka melalui suatu situs . Hal tersebut dikarenakan penjual akan menerima transaksi secara mudah dan cepat dari seorang pembeli ketika telah memutuskan akan membeli suatu produk secara online. Kemudian pembeli tersebut tinggal menggunakan kartu debit atau kartu kreditnya, dan uangnya akan masuk dengan mudah dan cepat kepada akun penjual produk.

Fleksibilitas tersebut sangat memudahkan para penjual agar tetap dapat menawarkan produk mereka melalui situs belanja online.

  • Proses yang cepat

Seperti yang dibahasa sebelumnya, menggunakan PayPal untuk transaksi akan berjalan dengan cepat antara pembeli dan penjual produk. Karena transfer untuk sesama akun PayPal atau juga dari PayPal ke suatu rekening bank hanya membutuhkan waktu selama 24 jam.

  • Harga yang terjangkau

Walaupun membayar produk menggunakan PayPal dikenakan biaya untuk administrasi, akan tetapi biaya administrasi tersebut cukup terjangkau dan murah. Biaya administrasi menggunakan PayPal yaitu sebesar 30 sen USD untuk setiap transaksi dan ditambah dengan 3% pada total jumlah transaksi produk.

  • Membeli secara aman

Menggunakan akun PayPal untuk membeli suatu produk telah dipastikan aman dan terhindar dari penipuan sama sekali, hal tersebut dikarenakan PayPal dapat memberikan jaminan untuk pembeli atau penjual sekali pun.

Untuk pembeli, maka dapat menghubungi PayPal jika terjadi suatu masalah pada pesanan mereka, contohnya pesanan yang tidak sesuai dan barang yang tidak sampai dari estimasi waktu. Sedangkan untuk penjual, PayPal sangat aman sebab mereka tidak perlu untuk takut terhadap penipuan yang dilakukan pembeli.

Kemudian manfaat lain dari PayPal yaitu privasi akun aman, dapat dengan mudah mengecek histori transaksi dan bersifat global.

Cara menggunakan PayPal

Sebelum berbelanja dengan PayPal, maka diwajibkan untuk memiliki komputer atau smartphone yang memiliki koneksi internet dan rekening bank atau kartu kredit dan kartu debit. Jika ada langkah selanjutnya yaitu:

  • Menuju website PayPal kemudian sign up untuk mendaftar
  • Ketika sedang mendaftar akan diberi dua pilihan yaitu akun pribadi atau akun bisnis. Setelah itu pilih lanjutkan.
  • Kemudian Anda akan diminta mengisi data diri mulai dari nama, alamat email hingga password. Jika telah terisi tinggal pilih Next
  • Kemudian Anda perlu mengisi alamat dengan lengkap
  • Kemudian tambahkan terlebih dahulu kartu debit atau kredit milik Anda.
  • Kemudian Anda sudah dapat berbelanja.
  • Ketika akan berbelanja menggunakan PayPal, Anda klik logo PayPal dan melakukan log in akun PayPal.
  • Paypal akan dengan otomatis memberikan jaminan untuk barang yang akan dibeli jika suatu saat terjadi kerusakan ataupun produk yang dibeli tidak sesuai.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai pengertian PayPal, manfaat PayPal serta cara menggunakan PayPal itu sendiri untuk berbelanja. Jadi kesimpulannya PayPal adalah salah satu alternatif layanan keuangan secara online dalam bertransaksi, mulai dari berbelanja hingga berjualan online.

Related Posts