Home Administrasi Pengertian Pajak, Fungsi beserta Manfaatnya Untuk Negara dan Masyarakat

Pengertian Pajak, Fungsi beserta Manfaatnya Untuk Negara dan Masyarakat

by Greg Pascal
pengertian pajak

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang dialokasikan untuk kepentingan masyarakat, berdasarkan pengertian pajak disebutkan bersifat memaksa yang diatur oleh Undang-Undang, maka membayar pajak menjadi kewajiban warga negara yang baik.

Pengertian Pajak 

Pajak adalah iuran wajib yang harus dibayarkan oleh rakyat untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat, atau kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan, yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang.

Sementara yang dimaksud orang pribadi atau badan adalah pemotong pajak, membayar pajak dan pemungut pajak. Dimana Memiliki hak dan kewajiban perpajakan sesuai peraturan perundang-undangan yang kemudian disebut Wajib Pajak.

Membayar pajak merupakan wujud dari kewajiban kenegaraan dan  Wajib Pajak untuk  bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional. 

Membayar pajak bukan hanya kewajiban, namun hak dari setiap warga negara untuk ikut berpartisipasi terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Ayo, bayar pajak anda tepat waktu!

Fungsi Pajak

Dengan membayar pajak bisa membantu negara dalam menghimpun dana untuk kepentingan masyarakat, dana dari pengumpulan pajak biasanya digunakan untuk pembangunan dan pengeluaran lainnya. Lantas, apa fungsi dari pajak itu sendiri?

1. Fungsi Anggaran

Pajak memiliki fungsi sebagai sumber pendapatan negara yang dialokasikan untuk pembangunan nasional dan pengeluaran negara lainnya. Maka fungsi ini penting untuk membangun negara dari sektor pajak yang dananya berasal dari wajib pajak.

2. Fungsi Mengatur dan Regulasi

Fungsi pajak untuk mengatur pertumbuhan ekonomi bangsa, dana pajak digunakan untuk membantu perekonomian. Misalnya meningkatkan harga bea masuk produk dari luar negeri, sehingga produk dalam negeri tidak kalah bersaing.

3. Fungsi Pemerataan dan Distribusi

Pajak digunakan untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan dana, seperti jaminan kesehatan dan fasilitas umum, termasuk menciptakan lapangan kerja baru sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

pengertian pajak

Baca Artikel selanjutnya :

4. Fungsi Stabilisasi

Fungsi pajak sebagai stabilisasi perekonomian negara yang terkait dengan masalah inflasi dan deflasi. Dengan pajak yang tinggi maka jumlah uang yang beredar bisa berkurang sehingga tidak terjadi inflasi, begitu sebaliknya. Sehingga menjamin stabilitas ekonomi.

Apabila dilihat dari fungsi-fungsi pajak diatas, pajak merupakan iuran yang harus dibayarkan oleh Wajib Pajak yang memberikan manfaat bagi pembiayaan negara dan pembangunan nasional, semua manfaatnya akan dirasakan kembali oleh masyarakat.

Manfaat Pajak

Setelah mengetahui fungsi pajak, masyarakat juga perlu ketahui manfaat pajak yang sangat penting untuk pembangunan negara. Adapun manfaat pajak lainnya sebagai berikut.

1. Manfaat Pajak Untuk Negara

Apa manfaat pajak untuk negara? Ada beberapa manfaat untuk kepentingan negara yang berasal dari pajak, diantaranya adalah:

  • Pajak bisa digunakan untuk pengeluaran negara yang bersifat self-liquiditing, seperti pengeluaran proyek produktif.
  • Pajak bisa digunakan untuk pengeluaran reproduktif, misalnya yang memberikan keuntungan di sektor ekonomi masyarakat seperti pertanian dan lain sebagainya.
  • Pajak bisa digunakan untuk pengeluaran yang bersifat self-liquiditing dan tidak produktif, seperti pembangunan untuk sebuah monumen bersejarah dan lain sebagainya.
  • Pajak bisa digunakan untuk pengeluaran yang bersifat tidak produktif seperti digunakan untuk pembangunan anak yatim dan pertahanan negara.

2. Manfaat Pajak Untuk Masyarakat

Lantas, manfaat apa yang bisa dirasakan masyarakat dari pajak? Adapun manfaat pajak bagi masyarakat sebagai berikut:

  • Pajak bisa digunakan untuk membangun infrastruktur seperti rumah sakit, jalanan, sekolah, dan fasilitas umum lainnya.
  • Pajak bisa digunakan untuk subsidi bahan bakar minyak dan juga subsidi pangan, sehingga harganya lebih terjangkau.
  • Pajak bisa digunakan untuk menyediakan pelayanan transportasi umum yang memadai dan layak.
  • Pajak bisa digunakan untuk pelaksanaan hal-hal demokrasi, seperti mengadakan pemilu dan lain sebagainya.

Itulah manfaat dari pajak untuk kepentingan negara dan kepentingan masyarakat, maka sudah sewajibnya membayar pajak tepat waktu, agar bisa merasakan manfaatnya. Apalagi saat ini sudah tersedia layanan online untuk pelaporan pajak yang terutang.

Syarat Pemungutan Pajak

Terdapat syarat pemungutan pajak berlandaskan prinsip yang harus ada di setiap pemungutan pajak, yaitu diantaranya sebagai berikut:

  1. Syarat Keadilan, artinya pemungutan pajak harus berlandaskan keadilan yang disesuaikan dengan kemampuan masyarakat membayar pajak.
  2. Syarat Yuridis, merupakan syarat pemungutan pajak berdasarkan payung hukum yang berlaku, bertujuan untuk menjamin hukum proses pemungutan pajak diatur dalam UU No. 28 Tahun 2007.
  3. Syarat Ekonomis, pemungutan pajak tidak boleh mengganggu aktivitas ekonomi yang sedang berlangsung, untuk menciptakan ekonomi masyarakat yang sejahtera.
  4. Syarat Finansial, pemungutan pajak harus dilakukan secara efektif dan efisien, artinya harus sesuai dengan perhitungan yang berlaku sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.
  5. Syarat Sederhana, pemungutan pajak mudah dimengerti oleh masyarakat, sehingga tidak membebankan masyarakat dengan proses pembayaran yang membingungkan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian pajak beserta fungsi dan manfaatnya bagi negara dan masyarakat, dengan membayar pajak berarti sudah membantu negara secara bersama-sama membangun negara dan untuk kesejahteraan masyarakat.

Related Posts