Home Belanja Pengertian OVO dan Cara Menggunakannya

Pengertian OVO dan Cara Menggunakannya

by Lara Nifa
OVO adalah

OVO adalah layanan dalam bentuk dompet digital, uang elektronik atau e-money berupa aplikasi digital yang fungsinya sebagai alat transaksi atau pembayaran secara online. OVO sendiri merupakan layanan dompet digital yang dipegang oleh PT. Visionet Internasional dan merupakan perusahaan yang dinaungi Lippo Group.

Selain itu, OVO awalnya diaplikasikan hanya sebatas unit bisnis dari Lippo Group. Seperti layanan pembayaran untuk parkir di gedung atau mall yang memang dibawah naungan dari Lippo Group itu sendiri. Lalu OVO semakin dikembangkan di luar lingkup Lippo Group.

Namun, setelah itu kepopuleran dari OVO semakin melesat seiring investasi yang dilakukan Lippo ke layanan transportasi Grab. Pada aplikasi Grab sendiri, OVO menjadi bagian untuk urusan pembayaran digital. Tidak berhenti sampai disitu, selain di Grab, OVO juga mengisi posisi yang sama untuk layanan pembayaran pada marketplace besar di Indonesia yakni Tokopedia.

Itu berarti saldo yang ada di dalam OVO akan terintegrasi ke dua layanan tersebut, baik itu Grab atau Tokopedia. Saldo yang ada di OVO dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi di dalam Grab dan juga Tokopedia.

Saldo yang ada di dalam OVO biasa disebut dengan OVO cash.  Selain menjadi alat pembayaran di Grab dan Tokopedia, OVO cash juga bisa digunakan untuk keperluan pembayaran di berbagai kebutuhan, mulai dari pembayaran listrik, iuran BPJS, pulsa dan masih banyak lagi. OVO cash juga bisa dipakai untuk transaksi di beberapa merchant yang bermitra dengan OVO dan umumnya menawarkan cashback.

Seluruh transaksi menggunakan OVO cash, para pengguna bisa memperoleh poin dan biasa dikenal dengan OVO points. Ini merupakan sebuah reward yang bisa ditukarkan ke berbagai penawaran atau dapat dipakai sebagai potongan harga untuk melakukan transaksi pembayaran di marketplace seperti Tokopedia.

Agar bisa mendapatkan OVO points Anda bisa mendapatkannya dari melakukan transaksi. Konversi transaksinya yakni, setiap melakukan minimal transaksi 10 ribu Anda akan memperoleh 1 points dimana 1 points OVO mempunyai nilai 1 rupiah jadi apabila Anda mempunyai points 10 ribu itu berarti Anda mempunyai saldo sebesar 20 ribu yang didapat dari OVO points.

Kemudahaan penggunaan serta banyaknya macam layanan yang didukung OVO, hal inilah menjadi ciri khas OVO. Maka tidak heran apabila OVO sampai saat ini memiliki begitu banyak pengguna. Bila Anda belum menjadi pengguna dari OVO maka bisa mendaftarnya langsung secara gratis melalui ponsel pribadi.

Cara Menggunakan OVO

bayar bpjs kesehatan online

Sesudah Anda mengunduh OVO, berikut Anda harus mengetahui cara dalam menggunakan OVO. Lantas, bagaimana cara menggunakan layanan OVO. Silahkan simak caranya dibawah ini.

Menggunakan OVO Lewat Pemindai QR Code

OVO dapat dipakai untuk melakukan beberapa transaksi di beberapa merchant yang telah bermitra dengan OVO. Cara melakukannya juga sangat mudah, dimana Anda hanya perlu memilih “Scan” pada halaman utama tampilan. Scan ini diarahkan pada barcode yang tersedia di merchant OVO.

Pembayaran ke Berbagai Layanan

Aplikasi OVO dapat dipakai untuk melakukan aktivitas pembayaran di berbagai layanan. Seperti membayar paket data, pulsa, iuran listrik, BPJS Kesehatan, asuransi, dan tv kabel. Bahkan, OVO juga dapat digunakan untuk keperluan pembayaran iuran lingkungan untuk perumahan yang telah melakukan kerjasama oleh pihak OVO.

Untuk bisa melakukan transaksi tersebut, Anda hanya perlu memilih layanannya. Seperti pembayaran tagihan listrik, Anda tinggal memilih layanan PLN. Jika ingin membeli pulsa maka Anda pilih opsi pulsa, sangat mudah bukan.

Transfer ke Sesama Pengguna Aplikasi OVO

Aplikasi OVO memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer saldo antar OVO. Jadi, Anda dapat mentransfer saldo OVO ke pengguna lain, entah itu keluarga atau teman. Namun, untuk bisa melakukan transaksi tersebut, Anda harus meng-upgrade menjadi OVO premier dari yang sebelumnya adalah OVO Club.

OVO sendiri menerapkan 2 jenis keanggotaan, yaitu OVO Club serta OVO Premier. Saat Anda pertama kali mendaftar di layanan OVO, secara langsung Anda terdaftar menjadi OVO Club dimana OVO Club merupakan anggota biasa yang maksimal saldo yang bisa tersimpan hanya 1 juta.

Sementara bila mendaftar menjadi OVO Premier, Anda bisa menyimpan saldo hingga 10 juta. Selain itu, OVO premier dapat memungkinkan para pengguna bisa melakukan transfer uang ke sesama pengguna. Agar bisa mengupgrade ke OVO Premier, caranya begitu mudah Anda hanya perlu mengunggah KTP serta mengunjungi kios OVO yang ada di beberapa kota besar dan bertemu agen OVO secara langsung.

Deals dan OVO points

Di dalam aplikasinya, OVO turut menyediakan sebuah fitur deals, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna melihat beberapa tawaran serta promo menarik. Seperti OVO points, dimana OVO points tersebut bisa dikumpulkan dari beberapa toko yang mempunyai simbol OVO zone.

Points yang diperoleh dapat langsung Anda tukarkan dengan me-redeemnya atau melakukan pembayaran langsung memakai saldo dari OVO Points. Itulah alasan OVO banyak digunakan banyak orang karena fungsi nya yang sangat membantu di berbagai keperluan transaksi online. Saat ini OVO adalah salah satu layanan berupa dompet digital yang sangat populer khususnya di Indonesia.

Related Posts