Home Bisnis dan Usaha Pengertian Manajemen Adalah dan Fungsinya

Pengertian Manajemen Adalah dan Fungsinya

by Lara Nifa
manajemen adalah

Pengertian atau definisi manajemen adalah proses perencanaan, pengawasan dan pengorganisasian dari sumber daya yang sudah ada agar dapat mencapai target dengan cara yang lebih efisien juga efektif. Sebenarnya pengertian dari manajemen memiliki banyak versi, namun apa yang disampaikan pada dasarnya memiliki inti yang sama antara satu sama lain.

Tidak hanya harus mengerti tentang arti manajemen, tetapi Anda juga wajib mengetahui bagaimana fungsi dan juga unsur yang terdapat didalamnya. Silahkan Anda simak informasi mengenai fungsi dan juga unsur-unsur yang ada didalam manajemen :

Fungsi dari Manajemen

Agar dapat mencapai tujuan dari bisnis atau pun organisasi secara maksimal, selain harus memahami pengertian serta arti manajemen. Anda juga harus bisa menguasai fungsi manajemen. Berikut dibawah ini adalah fungsi manajemen yang wajib diketahui :

  • Perencanaan

Fungsi pertama adalah perencanaan dan memiliki peran utama juga penting dalam sebuah perusahaan atau pun organisasi. Tanpa adanya rencana, maka yang lainnya tidak akan dapat berjalan dengan lancar.

Fungsi dari manajemen perencanaan tentunya adalah membuat sebuah strategi awal untuk mencapai target yang telah ditentukan. Anda harus mengevaluasi kembali rencana tersebut sebelum memutuskan dan memilih cara manakah yang bisa digunakan.

Sebagai sistem manajemen, pasti melalui banyak rangkaian yang memberikan pengaruh positif atau baik untuk sebuah perusahaan atau organisasi. Karenanya apabila strategi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, tentu hal tersebut akan memperoleh hasil Efisien dan efektif.

  • Pengorganisasian

Kedua adalah pengorganisasian, peran dari fungsi ini untuk membagi tugas besar menjadi lebih kecil. Melalui penggolongan-penggolongan tersebut Anda bisa mengontrol dan mengawasi para pekerja supaya dapat menjalankan tugas mereka dengan tepat dan cepat.

Pengorganisasian bisa dikerjakan dengan menentukan tugas apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus mengerjakannya, lalu bagaimana tugas itu dibagi, serta siapa penanggung jawabnya.

  • Pengarahan

Ketiga directing atau pengarahan merupakan usaha supaya tiap anggota dapat bekerja agar bisa mencapai sasaran seperti yang telah direncanakan oleh perusahaan. Fungsi dari pengarahan juga untuk menciptakan sebuah lingkungan kerja yang sehat dan dinamis.

Meningkatan efektivitas dan efisiensi saat bekerja. Satu contoh dari pengarahan adalah memberikan semangat atau motivasi kepada seluruh anggota dan juga untuk memberikan penjelasan serta tugas dengan rutin.

  • Penempatan

Berikutnya adalah penempatan, tantangan bagi Anda berada disini, yaitu harus dapat mengetahui bagaimana minat juga kemampuan dari seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Supaya bisa bekerja dengan maksimal, Anda wajib menempatkan seseorang sesuai dengan kinerjanya.

  • Pengawasan

Terakhir yaitu controlling atau pengawasan, hal ini wajib dilakukan supaya pekerjaan bisa berjalan dengan baik sesuai visi, misi serta peraturan perusahaan. Fungsi ini juga digunakan agar dapat menilai bagaimana kinerja para pekerja sesuai standar yang telah dibuat.

Fungsi dari manajemen pengawasan adalah melakukan pemeriksaan atau evaluasi berkala terhadap pencapaian target sesuai standar. Anda juga wajib melakukan koreksi serta klarifikasi bila ditemukannya penyimpangan.

Unsur Manajemen di dalam Fungsi Manajemen

Bunga tabungan rencana mandiri

Untuk melaksanakan fungsi dari manajemen, suatu perusahaan atau organisasi memerlukan sumber daya sebagai unsur dari manajemen. Masing-masing akan saling berkaitan dan tidak bisa dipisah, jadi bila kurang satu, maka dapat berdampak ke pencapaian target. Unsur-unsur yang dimaksudkan adalah sebagai berikut :

  • Manusia

SDM (Sumber Daya Manusia) atau tenaga kerja merupakan unsur utama dalam menjalankan manajemen, karena semua kegiatan memang dilakukan oleh manusia. Tidak hanya melakukan perencanaan, namun juga pelaksanaannya.

Jadi, bila unsur ini tidak bisa dipenuhi. Maka tidak akan ada aktivitas di dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Oleh sebab itu, untuk dapat memahami pengertian dari manajemen jangan melewatkan tentang betapa pentingnya sumber daya manusia.

  • Uang

Uang adalah alat tukar yang memiliki fungsi sebagai nilai ukur besar atau kecilnya kegiatan pada sebuah organisasi atau perusahaan. Semakin besar uang yang dikeluarkan, membuktikan jika kegiatan di organisasi tersebut sangatlah aktif, dengan adanya uang dalam jumlah banyak tentu kegiatan manajemen akan lebih leluasa dan dapat mencapai target lebih cepat.

  • Material

Material memiliki arti yang sama besar dengan unsur manusia, karena tanpa ada material ata bahan baku. Tentunya tidak akan ada kegiatan yang berlangsung di dalam organisasi atau perusahaan tersebut. Material dapat berwujud apapun, baik barang yang setengah jadi ataupun sudah jadi.

  • Mesin

Mesin digunakan untuk proses pembuatan material menjadi suatu barang yang nantinya akan menjadikan perusahaan atau organisasi tersebut dapat mencapai target sesuai dengan rencana bisnis yang telah dibuat.

  • Pasar

Pasar merupakan unsur dalam menentukan apakah jasa atau produk yang akan dikeluarkan oleh perusahaan dapat diminati oleh konsumen. Dalam strategi menguasai pasar, organisasi atau perusahaan harus memiliki produk yang berkualitas dan sesuai dengan daya beli pasar.

Semua hal yang telah dijabarkan diatas tentunya telah memberikan informasi kepada Anda, bahwa manajemen adalah hal yang sangat penting untuk perusahaan, seperti mencapai target, memaksimalkan sumber daya, menunjang perusahaan, membuat keseimbangan dan dapat mengurangi biaya.

Related Posts